Wacana Kritis-Prinsipil Mahasiswa UKSW & Salatiga

Stevanus Theodurus: Saya Yakin Gay Bukan Penyakit dan Bukan Dosa

Rubrik Sosok oleh

Stevanus Theodurus Gary Natanael, Petugas Lapangan Yayasan Gesang (yayasan yang bergerak di bidang sosial, advokasi, dan HAM untuk kaum gay — Red) untuk Kota Salatiga, merasa dirinya sudah ditakdirkan untuk menjadi seorang gay sejak lahir. Meski sejak SD sudah diikutkan pencak silat oleh keluarganya, namun hal itu tidak dapat memudarkan naluri kewanitaannya. Baginya, seorang gay tidak dapat disetir oleh siapapun, tapi berjalan apa adanya. Ia juga berpendapat bahwa hal ini bukan pilihan hidup, tapi jalan hidup yang sudah ditentukan.

“Mungkin saya gay memang sejak lahir,” ucap lelaki kelahiran Solo, 25 Desember 1987, yang memiliki tindik di hidung ini. “Saat lahir saya biasa-biasa saja dan benar-benar jadi seorang gay dari SD. SMP udah masuk ke dunia malam dan udah jadi ‘kucing’ (gigolo — Red). Selama dua tahun saya menjalani kehidupan yang demikian dan akhirnya saya mulai merasa resah dan berpikir, ‘Buat apa sih saya mencari uang dengan cara begitu?’ Meski waktu itu ‘harga’ saya lagi tinggi, tapi saya memutuskan untuk meninggalkan dunia tersebut. SMP kelas tiga saya sudah memutuskan untuk tidak menjadi ‘kucing’ lagi dan inilah untuk pertama kalinya saya jalan dengan cowok, meski pada waktu itu saya masih punya cewek.”

Menginjak bangku SMA, keberanian untuk masuk ke dalam komunitas gay secara besar-besaran baru muncul. Namun masyarakat dan orangtua belum tahu mengenai hal itu, karena Theo masih harus menjaga image-nya. Apalagi, saat itu ia terlibat aktif dalam sie kerohanian di SMA-nya. Akhir SMA kelas tiga ia baru mengatakan hal yang sebenarnya kepada keluarga.

“Dari dulu saya sudah nyaman dengan keadaan sebagai seorang gay, tapi belum berani bereksplorasi. Ketika masuk kuliah saya baru berani tampil dan menyatakan kepada masyarakat bahwa saya gay. Tapi bukan karena semata-mata Salatiga adalah daerah baru bagi saya, lalu saya berani. Di manapun saya berada saya harus berani. Yang mendorong saya untuk berani adalah banyak orang mengatakan, ‘This is your life. Ini kehidupanmu dan kamu harus bisa menjalani.'”

Bagi tokoh gay Salatiga ini, gay dan lesbian bukanlah penyakit. “Kalo gay adalah penyakit menular, saya cuma mau ngomong, ‘Tolong carikan obatnya dong.’ Kalau tidak ada obatnya, berarti ada dua penyakit yang belum bisa diobati di Indonesia, yaitu gay dan AIDS. Gay bukan penyakit, tapi itu hanyalah suatu perbedaan orientasi seksual,” jelas mahasiswa UKSW tersebut. ”Di Salatiga, yang saya ketahui, ada 200 gay dan 50 persen adalah anak UKSW. Namun mereka masih tertutup dan belum mau mengaku. Sebenarnya, orang-orang yang berjalan dengan maskulin tidak menjamin bahwa ia bukan gay.”

Saat ini Theo masih berjuang bagi kaumnya. Cita-citanya adalah ingin membuat seminar dan membuka cakrawala mahasiswa UKSW bahwa inilah kehidupan gay dan lesbian. Sampai saat ini dia tidak memperjuangkan haknya sebagai seorang gay, namun memperjuangkan hak sebagai warga negara Indonesia. Baginya, jangan sampai hak warga negara Indonesia dibagi lagi menjadi hak WNI yang gay dan WNI yang tidak gay.

Keberanian dalam pengungkapan jati dirinya ke masyarakat tentunya menimbulkan pro kontra. ”Saya menghargai mereka semua. Yang penting kita saling menghargai dan tidak mengejek. Penerimaan mungkin masih sulit, tapi itu bukan masalah. Di fakultas saya sendiri saya tidak mendapat tekanan atau penolakan dari pihak fakultas. Dan seandainya saya jalan sama cowok, itu bukan berarti cowok yang saya ajak jalan juga gay. Saya juga kasihan sama teman-teman cowok. Takutnya kalo jalan dengan temen cowok, nanti temen cowok itu juga dikira gay. Itulah sebabnya saya sudah mengantisipasi hal tersebut. Jadi, kalau jalan sama teman cowok, saya pasti nanya, ‘Kamu nyaman nggak jalan sama aku? Kalau nggak nyaman, ya sudah nggak usah.’ Mungkin itu sebabnya saya lebih cenderung banyak bergaul dengan teman wanita.”

”Saya tidak menyesal telah menjadi seorang gay. Saya yakin semua sudah digariskan sama Tuhan. Dan saya yakin gay bukan dosa dan bukan kesalahan, hanya dogma dan keduniawian orang-orang lah yang mengatakan gay sebagai dosa. Saya sudah yakin untuk menjadi seorang gay,” tegas Theo.

”Harapan yang saat ini masih ingin saya wujudkan untuk kaum gay dan waria, ayo kita berjuang bersama untuk punya satu suara! Jangan sampai satu organisasi punya seribu suara. Kita harus punya satu suara untuk memperjuangkan hak kita sebagai WNI. Buat kalian yang di luar komunitas gay, stop diskriminasi dan stop kemunafikan!” pungkasnya.

Tags:

277 Comments

  1. Aku 100% setuju dg tulisan itu.
    Soalnya terus terang aku sendiri lesbi sebenarnya….. hehehehe
    aku suka praktek BDSM ama mistress yg agak sadis.

  2. Aq juga seorang gay .Saya binggung kenapa saya tuh selalu dihina buat temen”yg masih normal tolong hargai gay. Saya yakin semua tuh mau jd normal tapi kenapa saya tuh susah banget. Tapi saya akan terus berdoa pd tuhan ku “JESUS kristus”GBu.

  3. Siapa bilang bukan dosa??? Tuhan menciptakan manusia berpasangan coy!!! Apakah pernah mendengar Tuhan menciptakan adam ke dua untuk adam pertama?? Sangat konyol kalau menyatakan bahwa Gay atau Lesbi adalah hal yang wajar.

    Buat para gay dan lesbi:
    Orang – orang tidak pernah memandang anda sebelah mata. Justru rasa jijik dan mual mereka terhadap anda itu adalah suatu bentuk empati. Mereka menanggapi anda dengan expressi seperti itu karena menginginkan anda hidup normal. Coba anda menjadi normal pasti respon dari orang lain akan berbeda mereka akan menganggap anda seperti orang normal.

    Saran buat gay dan lesbi:
    Itu cuma kesalahan pola pikir saja. Mungkin faktor lingkungan dan keadaan keluarga. Apa indahnya sih mengaggumi sesama jenis??? Coba sadari kesalahan dalam hidup anda diwaktu kecil!!!!! PErbaiki selagi bisa!!!!

    “Gay dan Lesby adalah orang yang butuh kepedulian yang lebih besar dari lawan jenis, kebanyakan dari mereka mendapatkan perhatian itu dari sesama jenis, sehingga tercipta hubungan yang tidak wajar”

  4. saya salut pada Anda! anda angat berani.. saya kagum! saya mempunyai masalah dengan kekasih saya..dia memutuskan untuk menjadi gigolo. awalnya saya kira dia bercanda..tetapi dia bilang tekadnya sudah bulat.. saya bingung..apa yang harus saya lakukan untuk mencegah dia..saya sangat mencintainya..saya tidak ingin kehilangan dia..apalagi dengan cara seperti ini.. mohon petunjuk…

  5. salut buat kak theo yang punya keberanian besar untuk mendeklarasikan dirinya sebagai kaum gay. tidak semua orang punya kekuatan untuk menghadapi kehidupan yang memang diskriminatif terhadap kaum yang dianggap abnormal.

    tapi sayangnya saya tetap berpegang teguh pada prinsip bahwa laki-laki tetap laki-laki yang hanya ditakdirkan untuk menyimpan ‘rasa’ pada perempuan. gay/lesbi memang bukan penyakit tapi suatu pola pikir yang bertolak belakang dengan kebiasaan masyarakat. memang sangat sulit untuk hidup di masyarakat dengan pola pikir bertentangan karena cenderung menghadapi tekanan-tekanan yang berat dari masyarakat itu sendiri.
    yang ingin saya tekankan, gay adalah sebuah pola pikir yang abnormal yang sebenarnya dapat diubah jika orang itu memang benar ingin merubahnya !
    i believe this statement : choose the life based on your mind !

  6. Saya paham akan pembelaan yang saudara sampaikan yakni gay, lesbi ataupun sejenisnya jangan didiskreditkan di lingkungan bermasyarakat. Yang menjadi permasalahannya adalah hubungan sejenis bukanlah jalan hidup yg benar. Itu jelas bertentangan dgn jalan Tuhan. Saudara sudah pasti tahu tapi saudara tdk bertindak untuk mau keluar dari dunia yg tak normal itu. Dengan niat dan keinginan yang teguh pasti sdr bebas. Minta petunjuk dari Tuhan, bangun kebiasaan hdp normal dgn lingkungan yang mendukung. Pandanglah hub. Gay/lesbi adalah sebagai hub. yang menjijikan dan keji di mata Tuhan serta janganlah terlena dgn ketidakwajaran.

  7. Menurut saya tidak puasa itu gak dosa, BOLEH SAYA PAKSA ORANG SETUJU SAMA SAYA?
    Menurut saya menolak Yesus Kristus adalah dosa (dosa terbesar), BOLEH SAYA PAKSA ORANG HARUS SETUJU SAMA SAYA?
    Menurut saya berbahasa roh di zaman sekarang itu salah, BOLEH SAYA PAKSA ORANG HARUS SETUJU SAMA SAYA?
    Menurut saya membunuh itu dosa, BOLEH SAYA PAKSAKAN KE ORANG LAIN? YA JANGAN BUNUH ORANG YANG PERCAYA KALAU MEMBUNUH ITU DOSA. Intinya klo membunuh dan korupsi, mencuri, itu jelas2 merugikan yg lain2, jelas2 di depan mata ada orang yg terganggu haknya. TAPI KALAU GAY, ya kalau gay yg memperkosa ya dia dosa karena memperkosa, bukan karena gay. Ingat saya tidak PAKSA Anda setuju sama saya.

    Ingat “jangan terlalu gampang menghakimi sesuatu yang bukan masalah kita”, kalau Anda yg hetero saya tau ENAK menghakimi, karena Anda gak merasakan, tapi belum tentu Tuhan suka sikap seperti itu. Terima kasih.

    Buat yg Kristen INGAT INTI KEKRISTENAN ADALAH KESELEMATAN HANYA MELALUI TUHAN YESUS KRISTUS, bukan soal orientasi sexual, gak ada tertulis GAMBLANG di Alkitab soal ini.

    Buat semuanya INGAT AGAMA LAIN YANG SESAT AJA HARUS KITA HARGAI, APALAGI CUMA BEDA PENDAPAT MASALAH HOMO DOSA ATAU GAK.

    Sekedar bercanda: Kalau ada menentang gay karena jumlah cewek lebih banyak (padahal ini belum tentu bener jg lho_, BERARTI LESBIAN GIMANA DONG, hiduuup LESBIAN.

  8. Sebelumnya Aku salut banget sama kak theo,terima kasih sudah memberi pengertian kepada saya dalam menjalani kehidupan sebagai seorang Gay..
    Dan disini aku juga mau bilang sama orang-orang yang normal,tolong seorang Gay jangan lecehkan,d’olok-olok,dan dihina.Karena kami juga tidak ingin dilahirkan seperti ini.Kami juga ingin bebas mengekspresikan kehidupan kami.Sekali lagi tolong jangan kucilkan Gay/Lesbi,karena rasanya sakit.Mungkin kalian tidak bisa merasakannya,namun kami hanya meminta kalian untuk tidak melecehkan kami.Terima kasih..Kak theo inspirasiku.

  9. NGAPAIAN DIPIKIRIN???

    KLO LO MERASA GAY?? MERASA LESBI?? JADI GAY DAN LESBI YANG BERTANGGUNG JAWAB!!! TW MAKSUDNYA???

    ANDA DEWASA DALAM KEHIDUPAN GAY DAN LESBI..PINTAR2 LAH ANDA MENEMPATKAN DIRI ANDA DALAM MENJALIN HUBUNGAN SOSIAL DENGAN ORANG..JANGAN ADA TEMAN ATO ORANG DIDEKAT ANDA MERASA DIRUGIKAN ATO MERASA TERSINGGUNG KARENA SIKAP DAN KELAKUAN ANDA. ITU PILIHAN ANDO MO JADI GAY ATO LESBI! TAPI INTINYA JADI GAY DAN LESBI YANG TANGGUNG JAWAB!

  10. Gay dan Lesby Dosa atau tidak hanya Tuhan Yang Maha Esa yang menentukan. Saya anak Fakultas Teologi UKSW berpendapat bahwa gay dan lesby bukanlah sesuatu yang menyimpang. adanya gay dan lesby Justru menunjukan kebesaran Tuhan yg luar biasa yang menciptakan manusia dengan keunikannya masing-masing. Pertanyaanya mengapa Agama Kristen melarang gay dan lesby? . orang Israel pada masa itu takut dengan kepunahannya. pada masa itu orang Israel jg banyak yg gay dan lesby. Menurut saya aturan seperti ini ada unsur politis juga d dalamnya. politis yang tidak mempertimbangkan HAM. masalah keturunanlah yg membuat agama melarang ini. Alkitab bukan Fax dari Tuhan. Alkitab manusialah yg membuat bukan Tuhan. oleh karena itu Alkitab jg bisa salah. begitu juga bangsa Israel bukanlah bangsa pilihan Allah.bangsa Israel sama dengan bangsa2 lainnya. bisa salah juga kan? kl saya jd Pendeta saya jg berani menikahkan pasangan gay/lesby. asalkan UU d Indonesia mengaturnya. maju terus gay dan lesby jngn pernah menyerah. buat orang2 yang masih memiliki iman Jajahan (orang yg menganggap gay dan lesby berdosa) mari kita hargai gay dan lesby. karena anda hanya merdeka secara rohani saja akan tetapi belum merdeka secara politis.

    PENDAPAT SAYA BISA SALAH… KARENA SAYA MANUSIA BIASA DAN BERDOSA. TAPI TOLONG PIKIR BAIK2 DENGAN MATA HATI DAN INTELEKTUALITAS KITA. MERDEKA…………..

  11. utk wew.. bukan kami yang menggoda atau membuat buat tersinggung tetapi anda dan teman anda yang “MERASA HETEROSEKSUAL” yang selalu mempergunjingkan kami. merasa tidak mau kenal dan ingin menjauh dari kami. sebenarnya apa salah kami. kami tidak berpenyakit menular. dan kami juga punya level dan tipe untuk pasangan kami tidak semua mau. kami punya kualitas yang lebih tinggi kok…
    terima kasih wew..

  12. biar saja semua pendapat dengan pemikirannya masing2…
    kalo uda wafat ketemu Tuhan kan baru pada ketahuan apakah gay itu dosa atau tidak…
    dari semua komentar memang terlihat sang pelaku cukup paham akan tindakannya dan terlihat keras kepala,ya sudahlah…
    kadang apa yang ada dalam pikiran kita tidak bisa kita paksakan dengan yang ada dipikiran orang lain…
    hanya Tuhan nanti yang tahu apakah itu dosa atau tidak…

  13. alkitab jelas menyatakan bahwa gay dan lesbian adalah dosa besar dan menjijikan dimata tuhan
    tapi saya salut dengan anda mau beterus terang ,tapi ingat tidak ada toleransi sedikitpun untuk opini anda
    dimata saya orang seperti anda dan teman teman anda adalah orang spesial ,anda telah diberi ujian sejak anda lahir,saya yakin ketika anda bisa melewati ujian hidup anda ,i belive,you will be the big people

  14. lebih baik kita tidak mengucilkan,mengolok-olok,merendahkan kaum homosex.mereka juga pasti sebenarnya tidak mau diciptakan sangat berbeda dengan orang lain.kalau kita mengucilkan mereka,kemungkinan besar mereka akan tambah minder dan tidak mau berusaha berubah.jangan melihat selumbar benang di mata orang lain fren,,padahal kita melihat sebuah balok di mata kita..
    lebih baik kita memperbaiki hidup kita yang penuh dosa di mata Tuhan daripada menghakimi orang lain.

    maaf ya,,saya bukan homosex. tapi saya sangat ingin kita mengoreksi hidup kita…

  15. maaf temen-temen semua.. q mo gabung boleh ya… sebelumnya maaf jika nanti sya memberikan pandangan yang berbeda karena saya seorang Muslim alias beragama Islam. buat saya tmen2 LGBT adalah saudara-saudara kita yang wajib kita hormati. mereka mempunyai hak pula untuk kita hormati. Tuhan menciptakan kita memang hanya laki-laki dan perempuan, namun sifatnya yang berbeda. namun, perbedaan itu hendaknya jangan malah menjadi perpecahan diantara kita yang hidup berdampingan. perbedaan itu seharusnya adalah bumbu-bumbu pelengkap diantara kita. Mereka LGBT adalah saudara-saudara kita yang membutuhkan perhatian kita lebih karena di dalam diri mereka ada hal yang memang tidak bisa dimengerti orang lain. mereka sebenarnya tidak ingin seperti itu, namun hasrat dan hati mereka tidak dapat dibohongi. betapa sebenrnya mereka telah berusaha untuk memberontak meninggalkan kebiasaan mereka itu namun saya yakin itu adalah hal yang sangat susah…. saya bisa berbicara seperti ini karena saya mempunyai teman seperti itu. namun percayalah teman-teman, Tuhan sangat sayang dengan kalin. Dia menciptakan kita semua dengan sempurna… Apakah kita tidak merasa menjadi umat yang tidak tahu berterima kasih kepada Tuhan dengan berperilaku seperti itu?????????? hidup masih panjang kawan…. kalian adalah makhuk ciptaan Tuhan yang paling sempurna… Ampunan dan Kasih Sayang-Nya akan selalu ada untuk kita semua…..

  16. this is your life..
    nikmatin aja, tutup telinga buat mereka yang ga suka. yang tau gimana “nyamannya hidup” cuma kita sendiri yang ngejalanin hidup.

  17. wah2..cukup2.gak perlu trlalu diperjelas bab brapa dan ayat brapa,qt jg udh tau bhw disemua kitab suci menuliskan gay itu dosa.
    kalian tdk merasakan apa yg theo dan saya rasakan.
    tp perlu di ingat dlm 10 perintah ALLAH ga ada dsebutin tuh jgn jadi gay.
    yg ada jgn membunuh,berzinah,dll..
    cukup sakit,bukan cukup lg.. tp sangat sakit mendengar kalian menjudge kami sbg org2 paling hina.
    knapa tdk kalian bantai saja kami skalian???

  18. buat kaum hetero.
    apa tdk prnh trpkrkan oleh klian bgmn perasaan kami..?
    kami tdk mendpt dukungan,tdk bs mengumbar status hubungan dgn org yg qt cinta,tdk bs mngadakan psta pernikahan yg membhagiakan,pcran hrus sembunyi2,tdk bs brbagi kbhagiaan.kami jg pny hati.kmi ingin sprti kalian tp tdk bs.kami ingin brbagi tntang kisah perjuangan cinta kami..tp tdk bs..
    kalau emg kmi itu dosa buat kalian,tlg ktakan pd Allah Bapa d surga.. ampunilah kami..

  19. yupz….
    buat yang coment panjang kebar
    buka buku karangan Dr. dede utomo judulnya memberi suara pada yang bisu
    sehingga tidak mudah menghakimi manusia yang punya HAM
    disini jangan berbicara surga neraka,,,, imam kalian juga banyak yang trans seksual
    n itu tidak masalah bagi mereka mlh mrka bisa jadi pengubah dunia
    leonardo davinci seorang gay… bahkan istri arjuna yang kalian sering puji itupun adalah laki2?/

  20. hmm panjang banget perdebatannya,
    kita ga bisa tutup mata, memang disekitar kita ada kau gay/lesbian/mereka dengan orientasi seksual yang berbeda atau tidak semestinya, dan hal itu sudah cukup membuat mereka merasa berbeda dan tertolak hidupnya, tidak perlu kita mengumpat atau menghakimi, tapi bukan berarti juga kita acuh tak acuh dan bersikap masa bodoh dan berpikir toh itu hidupnya sendiri, semua orang memang telah jatuh dalam dosa dan kehilangan kemuliaan Allah, tapi itu juga tidak bisa kita jadikan pembenaran untuk tetap hidup didalam dosa (karena Tuhan Yesus sangat mengasihi kita, kita telah ditebusNya dengan diriNya sendiri), jadi kita juga harus berjuang untuk menjauhkan diri dari hal yang kita tahu Tuhan tidak menyukainya. bersyukurlah Dia sangat mengasihi kita, untuk kita Dia mau datang dan mati di kayu salib, ya Dia datang untuk kita orang yang berdosa, selama kita hidup sangat mungkin berbuat dosa, oleh karena itu harus bertobat setiap hari, sungguh-sungguh karena itu bukan perkara yang mudah, saya yakin jauh didalam hati kak Theo merasakan pergolakan bahkan ketika sudah dengan yakin mau di interview dan dikenal sebagai gay, dan saya tau maksud teman2 dibalik komentar2 yang agak tidak enak sebenarnya prihatin, maaf kalau kata2 saya juga tidak mendukung, sudah cukup banyak yang menegur walaupun caranya kurang benar, saya hanya dapat berdoa untukmu, Tuhan punya waktu dan cara yang istimewa untuk membentuk kita, masing-masing dengan karakternya, tidak ada yang tidak dapat diubahkan olehNya, tolong percaya itu,
    Tuhan mengasihimu =)

  21. Saya akan menanggapi : Tuhan menciptakan manusia beragam keadaannya,sebagai gay memang serba salah dg jati dirinya memang di al-qur an telah di tetapkan ayat ” Allah menciptakan manusia dari batas kemampuannya” sedangkan sebagai gay dapatkah mampu menahan diri dari batas kemampuan tersebut,orang lain bicara memang mudah tapi kita yamg tercipta dg kepribadian ganda sangat sulit,dan bukan keinginan jg tercipta sebagai gay semua jg ingin normal.memang ini ujian buat yang tercipta gay karna ada hal/prilaku yang dilakukan menyimpang.tidak seperti cacat yang lain seperti orang buta,tuna rungu dll tidak di permasalahkan,yaitu karna ada perbedaan yamg dilakukan dan menyimpang sehingga jadi masalah.Tapi jg manusia tidak boleh menghinakan ketetapan tuhan.yang jadi pertanyaan saya tuhan membenci perbuatan ini waktu zaman nabi luth dan membumi hanguskan kota sodom seharusnya nabi luth memohon kepada Allah supaya tidak diciptakan manusia – manusia gay lagi.Tapi tuhan maha adil dan penyayang tetap menciptakan manusia kaum nabi luth selanjutnya,hanya pilihan ada di manusia itu sendiri mau pilih dua opsi yg baik/yang buruk.sedangkan yang tercipta hidup normal tidak boleh menghina/menghakimi para manusia gay,biarlah mereka dengan jalannya sendiri.
    Harapan saya ke depan pemerintah harusnya peka dengan keadaan kami dan mungkin dengan adanya pembinaan ada sedikit demi sedikit banyak yang berubah dengan perilakunya,jangan anggap enteng dan membiarkannya maka ada pepatah yang kecil dapat mengalahkan yang besar,karna gay itu bagaikan jamur yang akan menyebar ke penjuru manapun,Dan kita jangan munafik karna yang diberikan para gay sebuah kenikatan yang luar biasa dengan sensasi berbeda,sebagai mahluk biologis itu tidak bisa di pungkiri,karna kita lelaki jadi tahu titik -titik yang di ingimkan lelaki,mohon maaf kalau ada kata – kata yang menyinggung ke semua pihak,damailah selalu karna aku cinta damai

  22. Mas Teo saya jga gay tapi say berusaha untuk meninggalkan ke abnormalan saya , karena iblis itu licik , bahkan dia pandai mencari kelemahan kita, jika kita takut dan mengasihi Yesus pastinya kita harus hidup sama seperti Yesus ,bukan berarti tidak berdosa tetapi Yesus ingin kita hidup sesuai firman-nya : apa itu firman-nya….?? Segala yg baik yg mendatangkan kebaikan dengan jalan yg benar logika dan normal… Bukan abnormal ,karena abnormal dan kesalahan dan dosa datangnya dari si jahat”!…. Mari mas kita saling mendoakan , saya jga mau tobat mas”!….

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Geser ke Atas