Setetes Darah Sangat Berharga bagi Sesama

Setetes darah anda sangat berharga bagi sesama. Kalimat ini merupakan ajakan dari Panitia Paskah Bersama 2008 UKSW kepada seluruh sivitas akademika UKSW untuk mendonorkan darah bagi sesamanya di halaman parkir lama UKSW, Senin (6/3).

Iringan lagu “Semua karena Cinta” yang dipopulerkan Joy Tobing menghantar sivitas akademika mendonorkan darahnya mulai pukul 09.00 WIB. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Wakil Rektor III, Umbu Rauta. “Dengan donor darah kita dapat belajar melakukan pengorbanan sesuai dengan ajaran Kristiani,” tutur Umbu yang sekaligus sebagai pendonor darah pertama dalam kegiatan tersebut.

“Sebagaimana Kristus solider terhadap penderitaan umat manusia, demikian pula seluruh sivitas akademika pun diajak untuk solider terhadap sesama,” ungkap Pdt. I Wayan Damayana, mewakili Campus Ministry (CM), saat diwawancara Scientiarum (SA).

Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Paskah Bersama 2008. Seluruh sivitas akademika tidak hanya diajak untuk melakukan aksi peduli sesama, tetapi aksi peduli lingkungan pun akan diselenggarakan. Pada tanggal 14 Maret 2008 nanti lingkungan kampus UKSW akan dibebaskan dari asap. Asap dalam hal ini adalah asap rokok maupun asap kendaraan.

Dengan kegiatan ini, dapat kita perhatikan bahwa UKSW memang mencirikan cinta kasih. Cinta kasih adalah ketika kita peduli pada sesama kita dan ikut ambil bagian dari penderitaan mereka. Pendonoran darah ini menunjukkan bahwa UKSW ingin mengajak kita berbagi dalam cinta kasih.

Berbicara tentang cinta kasih, masih teringat akan sambutan Rektor UKSW, Prof. Kris H. Timotius, ketika mengawali kegiatan Paskah dengan pemasangan kain ungu dan makhota duri di halaman depan kampus UKSW. Saat itu Kris menekankan bahwa mengasihi merupakan ciri khas UKSW.

10 komentar pada Setetes Darah Sangat Berharga bagi Sesama

  1. STR 6 Maret 2008 pukul 22:01

    No komen ah. Formalisme kasih kan?

  2. meQ 7 Maret 2008 pukul 16:51

    Ya biasalah…berbagi kasih hanya saat moment-moment tertentu…misalnya deket-deket Paskah..supaya keliatan baik, hebat, rajin ber-amal, dapet pahala, supaya masuk surga. :(

  3. tirvayana 9 Maret 2008 pukul 18:57

    bagi saya melakukan jauh lebih baik dari pada hanya komentar, kendati pun hanya sekali. sorga bagi saya adalah ketika kita mampu melakukan sesuatu bagi sesama kendati pun hanya sekali dari pada hanya ngomong doang! ingatlah tidak akan pernah ada seribu langkah kalau tidak diawali satu langkah. okey gbu.

  4. hose 9 Maret 2008 pukul 19:04

    jadi bingung???
    1. apa seh hubungan antara KASIH dan Formalisme?
    2. apa seh hubungan antara “supaya kelihatan baik, etc” dan masuk sorga?
    tapi yang saya tahu pasti
    nada bukanlah nada sebelum dilantunkan
    kasih bukanlah kasih sebelum dilakukan

  5. nick 9 Maret 2008 pukul 19:08

    hayooo……
    yg ksh komen uda mlakukan kasih blm?
    klo cuma ngomong smua org juga bisa!
    yg namanya kasih itu hrs dilakukan! jgn cuma ngomong aj….

  6. Saam Fredy 10 Maret 2008 pukul 10:14

    Sempat juga dibahas di Ibadah Senin (10/02). Kalau saya sih, tidak salah memperlihatkan kasih kepada sesama, mirip orang pacaran, ungkapkanlah kasihmu dengan bunga, katanya. Asal dengan iklas melakukan semua, why not.

    Salam,

  7. STR 10 Maret 2008 pukul 12:22

    Huh. Kalo cuma donor darah, saya juga udah kemarin. Tapi apa cuma gitu aja bisa dibilang kasih?

  8. BINTANG 10 Maret 2008 pukul 16:56

    perwujudan KASIH dapat dilakukan dalam bentuk apapun. baik itu kepada sesama,ataupun kepada TUHAN. mewujudkan yang dinamakan Dengan KASIH adalah dengan wujud nyata. salah satu yang dilakukan oleh CM adalah salah satu bentuk KASIH. suatu yang NYATA. kalau masalh sudah melakukan, kembali2 harus refleksi diri. contoh melakuan donor darah kemarin NIAT atau sekedar IKUT2An biar kelihatan kalau peduli dan lain sebagainya. Ketika seseorang melakukan suatu hal dengan NIAT benar2 melayani maka itu adalah KASIH. tidak hanya sekedar melakukan tetapi makna dari sebuah perilaku atau apa yang dilakukan yang PENTING.
    tunjukkan KASIH anda kepada sesama, tidak hanya dalam suatu moment tapi setiap hari. Donor darah yang kemarin adalah salah satu bentuk kepedulian kita, yang coba dirancang oleh rekan2 Cm terkait dengan perayaan PASKAH. hiduplah dalam kasih.
    IMAN,KASIH, Dan PENGHARAPAn, ketiga hal tersebut yang paling besar adalah KASIH. HIDUP SATYA WACANA DAN HIDUP YANG SATYA WACANA.

  9. shepy 11 Maret 2008 pukul 12:06

    Lebih dari formalitas KASIH, donor itu bagus banget buat kesehatan si pendonor itu sendiri looo.. So, kalo cuma lihat dari sisi formalitas, ya mendingan gak usa diliput aja gimana???

  10. Dimas S. Aditya 7 April 2008 pukul 18:01

    Gue sich ikut, acara donor darah ini. Ya gimana lagi, cuman ini yang gue bisa sumbangin. Duit??? Pas2an euy…Mending gue sumbangin yang gue bisa aja, seperti ya ini tadi, donor darah.
    Nb : Ada yang tau gimana caranya jadi donor tubuh ga (donor ginjal, hati, mata, dll).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Masukkan alamat surel anda untuk berlangganan situs web ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 1 pelanggan lain

Pendaftaran Wartawan Baru


Scientiarum membuka pendaftaran wartawan tulis dan foto. Formulir dapat diambil di kantor SA pada jam berapa saja, atau unduh pada tautan berikut:
Formulir SA