Situs Web Resmi UKSW Bermasalah

Browse By

Sejak 7 Mei 2008 situs web resmi UKSW (www.uksw.edu) mengalami masalah. Arsip-arsip berita hilang sama sekali. Yang tertinggal hanyalah halaman-halaman statis, seperti halaman Program Pendidikan dan Profil Kemahasiswaan. Hingga seminggu berlalu, masalah tersebut belum terselesaikan. BTSI (Biro Teknologi dan Sistem Informasi — Red), biro yang bertanggungjawab menggawangi situs tersebut, belum mampu memastikan sumber masalah.

“Akses log ndak ada masalah,” kata Fredrik L. Ndjurumana, memperkirakan. Fredrik adalah staf BTSI yang membangun www.uksw.edu. Ia pernah belajar di Universitas Brawijaya, mengambil jurusan teknik elektro, tapi tak lulus. Sejak 2004 ia datang ke Salatiga, bekerja untuk UKSW.

Yang dimaksud Fredrik dengan “akses log” adalah akses ke halaman admin, dimana sebuah situs web dioperasikan. Dari halaman ini orang yang menjadi admin dapat menambah dan mengurangi konten situs, mengubah desain, dan lain-lain. Tak ada tanda-tanda yang menunjukkan halaman admin dimasuki secara paksa (cracking).

Dugaan sementara Fredrik adalah masuknya spyware ke dalam server (tempat menyimpan basis data situs).

Spyware adalah perangkat lunak mencurigakan (malicious software) yang menginstalasikan dirinya sendiri secara diam-diam ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data milik pengguna, untuk kemudian diberikan kepada si pembuat spyware. Data yang dicuri dapat berupa nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke dalam halaman admin. Dengan nama pengguna dan kata sandi inilah si pembuat spyware masuk ke dalam halaman admin dan menghapus basis data (seperti arsip berita) yang tersimpan dalam server.

“Sistem backup kita mati sejak September 2007,” aku Fredrik. Jadi, tak bakal ada kemungkinan untuk mendapatkan lagi arsip-arsip tahun 2008 yang telah hilang.

“Selama ini server kita memang berjalan tanpa proteksi (yang memadai).”

Baru sekitar dua bulan lalu UKSW membeli antivirus berlisensi keluaran Kaspersky, sebuah vendor perangkat lunak dari Rusia, untuk proteksi server-servernya. Sayangnya, hingga kini belum semua server di UKSW mendapatkan instalasi proteksi tersebut, salah satunya adalah server yang ditempati www.uksw.edu.

“Di UKSW server ada banyak.” Fredrik mencoba merasionalisasi kelambanan pemasangan proteksi pada server.

BTSI akan mengambil beberapa langkah untuk penanggulangan masalah ini. Proteksi Kaspersky akan dipasang pada server www.uksw.edu. Aplikasi penggerak situs juga disempurnakan dan desain web yang baru telah siap.

“Pokoknya ndak sampe akhir minggu ini (sudah jadi),” janji Fredrik.

14 thoughts on “Situs Web Resmi UKSW Bermasalah”

  1. erwin says:

    Ikut prihatin dengan masalah yang terjadi terhadap sistem database server UKSW, dari beberapa hari kemarin saya berusaha mengakses situs uksw.edu dan mendapati banyak masalah di link-link yang disediakan dan kesulitan mengakses data yang disediakan situs kampus tercinta ini, saya berpikir mungkin sedang dalam proses maintenance, dan ternyata saya telah menemukan jawaban dari artikel yang sdr.Satria turunkan disini. yang ingin saya tanyakan lebih lanjut adalah bagaimana mungkin sistem backup sebuah database yang menurut saya lumayan besar dan penting untuk diakses banyak orang, mati beberapa bulan dan dibiarkan sampai lama? apakah admin yang menangani terlalu sibuk hingga tidak memperhatikan masalah ini? atau memang sistem database nya belum tertata? menurut sepengetahuan saya, sebuah sistem database yang penting dan sering diakses banyak user, sebaiknya menggunakan sistem backup DRP ( Disaster Recovery Plann ), yaitu sistem backup otomatis jika salah satu server mengalami gangguan/ mati (seperti masalah ini -sistem backup mati-). jika server di UKSW memang banyak, gunakanlah resource server-server tersebut untuk membangun sistem DRP ini. Ini hanya saran dan jika memang sudah ada sistem tersebut, saya menunggu kabar baiknya, agar situs UKSW berjalan normal seperti sediakala, terimakasih

  2. Theofransus Litaay says:

    saya sangat malu dan terpukul dengan kasus ini. menunjukkan kita masih terbelakang dan tidak paham pentingnya mengelola informasi.
    sekarang saya juga tidak bisa mengakses data gaji saya, tidak bisa mengakses data mahasiswa dan nilai. menyedihkan.
    pimpinan uksw, koq bisa terjadi begitu lama tanpa ada penanganan? apa saja yang dikerjakan?

  3. Saam Fredy says:

    Kepada Yth. Para Pembaca,

    Ucapan terima kasih atas masukan dan komentar yang masuk sehubungan dengan terjadinya permasalahan terhadap http://www.uksw.edu. Perbaikan sedang dikerjakan dan akan selesai secepatnya. Atas ketidaknyamanan yang terjadi, mohon maklum adanya.

    Salam,
    Saam Fredy
    (Pengelola berita di http://www.uksw.edu)

  4. Neil Rupidara says:

    Hmmm… ini dia mengapa ketika mengakses web UKSW tampak sepi-sepi saja. Ikut prihatin dan berempati pada para penjaga gawang. Pembelajaran sangat serius!

  5. J@zzmine says:

    wedew… pantas berhari-hari saya tidak bisa mengakses berita tentang UKSW….. duh… semoga lekas sembuh situsnya…

  6. Dicky says:

    Ditunggu laporan berikutnya 😀

  7. Dicky says:

    @Fredrik L. Ndjurumana: oleh spyware? non sense? Bang kasi jawaban yg bener donk 😀

  8. Ferdi says:

    Lha kok bisa ya sistem backup datanya mati. Backup data secara otomatis atau manual ? Kalau otomatis mungkin masih masuk akal dikarenakan virus, spyware, malware dan sbg. Tapi jika secara manual, “human error” pastinya !!

    Semoga kasus ini dapat menjadi pembelajaran berharga bagi BTSI untuk lebih memikirkan “Keamanan Jaringannya”.

    JANGAN SAMPAI MASUK KE LUBANG YANG SAMA YA LAIN WAKTU !!!

    SEMOGA…!!!

  9. andi-dobleh says:

    “Di UKSW server ada banyak.” kata Fredrik
    “kalau server banyak ya pekerjakan jumlah orang yang cukup buat maintain server2 tersebut secara optimal, kalau mampu bayar lho…, ” kata saya

    O iya, server siasat ndak ikut dibobol yah? (ngarep mode ON: moga2 nilai-nilai E ku jadi AB… hahahahaha)

  10. ojohn says:

    @ ferdi : Lha kok bisa ya “sistem backup datanya mati”. he he he he jadi lucu kalo baca komentarmu …la sistem koq manual..buat apa dibuat sistem kalo nantinya dibackup secara manual.

  11. andi-dobleh says:

    @ojolun
    apa mungkin dah orientasi proyek.. kayak birokrat Indonesia aja donk..

  12. schape says:

    usaha donk…

    ato…
    buka aja situsku wae piye…

    hwehwe…
    ferdi-STR-febri: bilang salut dong ama sam ferdy…kayanya cuma dya doang yang usaha tuh…

  13. asdwian boby hernawan says:

    kalau masalah proteksi untuk mencegah virus pakai spy boot. gratis kok. Dan gabungi pakai pc media antivirus buat virus lokalnya. udah di jamin aman deh. tapi harus update jangan lupa ya.

    tapi kalau server pakai linux aja. untuk data yang hilang coba deh pakai get data back for FAT or NTFS. link aja di rapidshare. gratis kok.

    udah kalau cari antirus jangan yang pakai duit alias beli. cari aja yang free. Cari Uang susah jangan dibikin susah lagi. yang buat virus itu memang hebat, makanya cari antivirus yang gratis aja.

  14. anggie says:

    moga aja cepet bener yach…… miss u sl3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *