Happy Birthday, XT!

Browse By

Experimental Technique FM atau XT FM, radio yang dikelola oleh mahasiswa Fakultas Teknik Elektro dan Komputer UKSW, akan merayakan ulang tahunnya ke-8 pada 26 Juni 2008.

Untuk menyambut ulang tahunnya, XT mengadakan kegiatan XT FM on the Campus yang bertempat di halaman depan Posnet UKSW. Kegiatan ini digawangi oleh hampir seluruh kru baru XT, yang nanti akan bertanggungjawab di XT selama satu periode ke depan (2008-2009). Widji, mahasiswa FTEK angkatan 2005, ditunjuk sebagai koordinator lapangan.

XT didirikan pada 25-26 Juni 2000. Saat itu seluruh kru dan penyiarnya adalah mahasiswa FTEK, namun, dalam perjalanannya, XT mulai merekrut penyiar dari fakultas-fakultas lain.

Menurut Agustinus Angger, salah satu kru XT, yang menjadi masalah bagi XT saat ini adalah dana, karena XT ada di bawah pengelolaan Senat Mahasiswa FTEK dengan status sebagai kelompok bakat minat. Ini membuat XT terkadang harus melakukan penekanan dana.

“Setahu saya, sejauh ini belum ada dana yang diberikan oleh pihak kampus kepada XT,” lanjut Angger.

Padahal, menurut Surat Keputusan Rektor Nomor 343/Kep./Rek./12/2003, XT adalah radio kampus yang pengelolaannya berada di bawah FTEK.

Selain masalah dana, kendala lain yang dihadapi XT adalah masalah koordinasi.

“Gimana nanti supaya teman-teman betah untuk kerja di XT, karena di sini nggak dibayar. Kalo temen-temen seneng dan betah di XT, kan kerjanya juga enak. Kalau untuk hal lain, saya rasa bukan menjadi masalah yang berat. Kalau masalah dana, apalagi untuk maintenance, selalu kami anggarkan 50 persen dari dana yang ada,” kata Ferry, General Manager XT FM periode 2008-2009.

Beberapa calon kru baru XT untuk periode 2008-2009 mengatakan bahwa saat ini mereka merasa senang bergabung dengan XT. Banyak keuntungan yang mereka peroleh.

“Bisa lebih dekat dengan teman, dapat banyak pengalaman, menambah ilmu pengetahuan di bidang elektronika, dan, yang pasti, kami jadi punya tempat lain untuk nongkrong bareng,” tutur Panji, Rheno, Samuel, dan Ardhian, beberapa kru XT yang lain.

Saat ini, frekuensi 107.7 MHz XT FM sudah dijangkau sampai ke daerah Bandungan dengan antena dual boomer stage, yang dibuat oleh para teknisi XT seperti Daniel, Abe, Ferry, Widji, dan Novi.

“Karena letak Salatiga di lereng gunung, kalau di daerah pegunungan, suaranya jadi semakin jelas,” kata Ferry.

XT FM on the Campus kali ini bukanlah yang pertama. Kali ini kegiatan tersebut diadakan dalam empat sesi full request, dan melibatkan Ketua Umum Badan Perwakilan Mahasiswa Universitas, Ketua Umum Senat Mahasiswa Universitas, dan dua orang anggota Hari Anti Narkoba Indonesia sebagai bintang tamu.

Selamat ulang tahun XT!

10 thoughts on “Happy Birthday, XT!”

  1. Saam Fredy says:

    Selamat Ulang Tahun XT…!

    Salam,
    Saam Fredy

  2. Opha says:

    Saya juga mau mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk XT FM. Salut buat semua teman-teman yang kreatif !!!

    Sedikit pertanyaan, Masih tidak boleh bicara politik kah?

  3. Ricko says:

    Happy Birthday XT!!!

    Tunjukin klo XT FM adalah Radio Komunitas yang mandiri:)

    Untuk Crew XT generasi ke-8
    Selamat berjuang!!!

  4. ojhon says:

    Happy B’Day XT
    Only Fly For Freedom

  5. DN says:

    selamat ultah utk XT…
    buat bang koplak dimanapun kau berada, seharusnya pesawat dan antenna-ku yg dipakai xt siaran pertama disinggung donk sebagai sejarah FT
    sayang udah susah-susah naik genting gak diingat

    BTW always only fly for freedom

  6. Kristian says:

    Met Ultah Yo…
    Makin sukses we…
    Kasih saran boleh donk??? XT memang radio kampus sih, tapi kalo penyiarnya bisa punya kualitas layaknya penyiar radio profesional, bisa kan? Kadang saya ngerasa risih dengan spelling penyiar XT kalo lagi ngomong bahasa Inggris. Kadang salah ucap gt. Kan jadi aneh dengernya. Bukannya sok bule gt, cuma kan malu donk kalo didenger sama temen2 FBS or STIBA, he15x…
    Ini cuma masukkan aja… OK!
    Peace & GBU…

  7. Pingback: satria.anandita.net » Keluarga berkunjung
  8. Trackback: satria.anandita.net » Keluarga berkunjung
  9. mie2nk says:

    wah selamat ulang tahun buat XT ya……

  10. iwon says:

    py bday XT fm.,.,.,

    ganbate kudasai.,.,.,

    GBU

  11. Thoyu says:

    SELAMAT DEH…….

    Semoga makin exist, nggak tambah loyo seperti waktu didirikan dulu…

    Dulu…. mau buat antena saja susah, apalagi bayar penyiar, susaaahhh……

    ya, selamat ultah …..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *