Gladi Bersih PPMB 2008

Browse By

Geladi bersih PPMB 2008
SCIENTIARUM/YOGA PRASETYA
Para calon mahasiswa baru berbaris di lapangan sepakbola sore ini.

Sore, pukul 16.20, geladi bersih upacara Program Pengenalan Mahasiswa Baru 2008 dimulai. Tercatat 2.655 calon mahasiswa baru (camaru) memadati lapangan sepakbola. Para camaru berkumpul menurut kelompok mentor. Ada 150 kelompok dengan 15 hingga 25 camaru di setiap kelompok.

Para siswa SMA Laboratorium turut serta sebagai petugas pengibar bendera. Mereka berbaris rapi, lalu mengerek bendera hingga puncak tiang. Sementara itu, banyak camaru asyik mengobrol di bagian belakang barisan. Namun panitia tidak menegur mereka.

Seusai geladi bersih upacara, I Wayan Damayana dari Campus Ministry memimpin ibadah hingga pukul 18.00. Hari telah petang dan mereka pun bubar.

31 thoughts on “Gladi Bersih PPMB 2008”

  1. ers- says:

    duh…liat potonya jadi inget kampus tercinta..inget makrab..inget fakultas..inget dia..inget mabok sama temen2…hehe..miz u all…miz u uksw!

  2. ant says:

    Jadi ingat tahun ’99 nih…. eh btw dulu namanya apa ya ?? yang jelas bukan PPMB kan bukan pula PKM GEDIMARU ?? ada yang ingat ?

  3. Saam Fredy says:

    Info seputar PPMB 2008, dapat juga dilihat di http://www.uksw.edu. Tim liputan PPMB 2008, saam fredy, yoga, dan alka.

    Salam,
    Saam Fredy

  4. ers- says:

    @ant : wkwkwk..pak dosen kok lupa ya? huu…wagu ah..nanti tak bilangin sama mbak`e panitia loh kowe..:P, dulu waktu kita 99` namanya kalo gak salah tu PKS/PKM, dibagi 3 gelombang,makrabnya di kopeng yang dingin..malam2 berenang di kolamrenang air es..hiiiii, eh namanya masih SOGATH ya kayanya?..panitia nya galak2..ribut,.. cerewet.., tapi baik hati dan ketje2 hehe..peace ya panitia! eh btw kamu jadi dosen di FTI apa di PPTI ton? wah anakbuahnya banyak nih? salam buat pak sam sama pak hendro yuaa…ok sukses deh prend…

    salam dari kami IT`ers

  5. ojohn says:

    @ant : namanya kalo ga salah ORSMARU

  6. ocha says:

    MENTOR PPMB 2007……CIAYOU….^_^

    ternyata berat ya jd mentor…..TAPI…….tetep semangat……
    saluttttt bwt semua mentor dan panitia…..

  7. Ricko says:

    @penulis:”Sementara itu, banyak camaru asyik mengobrol di bagian belakang barisan. Namun panitia tidak menegur mereka.”

    Sekedar info, karena saya kebetulan juga mentor PPMB yang bertugas. Sebenarnya bukan panitia tidak menegur, hanya saja ada kesalahan koordinasi. Ada beberapa panitia yang tetap menjaga di poin mereka untuk mengawasi maba di tempat tersebut dalam kondisi disiplin. Sedang ada segelintir panitia (mentor) yang menegur maba yang anda katakan: asyik mengobrol di belakang.
    Saya sendiri waktu itu bahkan harus terpaksa mengawasi daerah gedung F dan depan GAP, karena banyak sekali maba beralasan ke belakang tapi gak kembali ke lapangan. Dan ternyata saat saya mengecek tempat tersebut memang benar ada beberapa maba yang beralasan hendak kabur. Dan mau gak mau ya saya harus menegur mereka.
    Bukan sebuah pembelaan hanya sekedar klarifikasi.
    Mungkin penulis bisa mengecek ke bagian mentor, dan usul saja kenapa penulis tidak menulis mengenai kepanitiaan, karena menurut pengamatan saya ada banyak sekali mis koordinasi antara sie kepanitaan. Siapa tahu bisa menjadi bahan evaluasi untuk PPMB tahun depan.

    Apapun itu untuk semua Mentor SEMANGAT!!!
    Untuk Maba: Proaktif, n yang disiplin ya!!!

    God Bless

  8. WEWE says:

    HALAH PANITIA NGELES!!!!….PANITIA TIDAK MAU MENDAPAT MASUKAN DARI PPMB YANG KEMAREN!!!!MASUKAN ITU PENTING!!!EVALUASI ITU PENTING!!!……BALIKIN AJA JADI ORSMARU JAMAN DULU BIAR PANITIA SEKARANG KAPOK!!!!JAMAN DULU LEBIH SOLID n BERBOBOT!!!!!

  9. erick says:

    @WEWE: jangan kasar gitu donk, mas/mbak… saya sih bukannya bela panitia, tapi susah lho, mengkoordinasi 2ribuan orang… bener kata anda kalo evaluasi dan masukan itu penting… saran saya sih, kasi saran ya? jangan cuma kasih judgement gitu… ok?

  10. biE says:

    wuaah…luar biasa…btw jumlah anak psikologinya berapa yak?

    hiks.kangen PPMB lagi…haha

    luph elweys UKSW

  11. r.novyanti says:

    ukh bete euy…
    baris en duduk di lapangan…

  12. J@zzmine says:

    PPMB… walah… sebenernya …( dari hati ke hati aja nie )… 8 diantara 10 mahasiswa baru (yang jujur lho)… pada males ikutan PPMB.

  13. IwanFIS06 says:

    Gladi Bersih PPMB 2008 adalah GR PPMB yang paling semrawut selama saya kuliah di UKSW. Sie acaranya punya gelar di bidang ilmu komunikasi tapi tidak komunikatif sama sekali. Selain itu sie acara tahun ini dapat dikatakan sok tahu dan keminter. jauh-jauh hari sebelumnya sudah diberi tahu mengenai kondisi di lapangan ketika PPMB tahun-tahun yang lalu berlangsung namun seakan-akan peringatan ini tidak digubris sama sekali. Orang baru kok nggak mau mendengarkan orang lama. Ditambah lagi orang yang menyeleksi mereka yang akan menjadi LO tidak pernah menjadi LO, jadi kualitas LO tahun ini bisa dikatakan meragukan.

    Pada hari H pukul 2 siang, pada hari itu saya bekerja untuk biro kemahasiswaan demi memenuhi imbalan kerja beasiswa saya. Saya melihat 2500 maru berdesak-desakan di depan GAP untuk melihat daftar kelas dan kelompok mentoring. Ketika sudah hampir jam 4, saya berinisiatif untuk meminta copy dari daftar kelompok mentoring. akan tetapi sangat tidak mungkin bagi saya untuk membantu sekitar 2500 mahasiswa untuk melihat daftar kelompok mentoring mereka. Sekitar pukul 5 sore salah seorang dari sie acara meminta copy yang saya pinjam untuk diperbanyak. Ketika saya menanyakan mengapa mereka tidak meminta bantuan dari pihak lain, mereka mencoba untuk mencari pembenaran. Saya rasa bagian seremonialnya tidak komunikatif serta merasa bisa melakukan semuanya sendiri. Apa daya, saya bukanlah bagian dari panitia sehingga yang bisa saya lakukan hanya menulis apa yang saya lihat.

    Saya hanya mau mengatakan jangan pernah mengabaikab pendapat dari orang yang sudah berpengalaman karena yang dirugikan bukan saya atau panitia, tetapi mereka yang berstatus sebagai mahasiswa baru.

    Kiranya orang-orang yang terkait bisa merenung dari peristiwa ini. terima kasih

  14. Rea says:

    saya juga mentor dari ppmb 2008,sebenernya saya keberatan dengan pendapat teman2 yang langsung menghakimi panitia ppmb…
    tugas kita ga hanya mengurusi maba saja…
    banyak hal yang lain juga yang harus kita urus..
    yang kita butuhkan dukungan dan support bukan tudingan yang macem2…
    karena kita bekerja dengan banyak pihak…
    memang ppmb tahun ini beda dibanding taon2 sebelumnya…
    namanya awal pasti banyak “miss”
    doakan buat ppmb selanjutnya bisa lebih sukses!!!!
    dan yang penting masing2 sie harus jelas koordinasinya biar ga ada “miss” kaya hari pertama ppmb…

    mentor ppmb…..Jia You!!!!!

  15. wewe says:

    hmm….bknnya kasar sich.hya!!!2rbuan haha,dulu aj lbh dri itu boss.yach tp mo gmana lg wong y dh terlanjur kan,paling ga bisa buat evaluasi n masukan buat PPMB taon depan aj dech….moga2 aj klo ad PPMB klo kagak dganti lg ke yg lama2 hihihi…..yg lbh menggelitik n buat penonton KECEWA,msok y inagurasinya MATTA band ya alloh,kyk kagak ad yg laen ap?????ya….ya…..ya…..oy jgn bilang ni PPMB yg pertama,mangnya UKSW bru buka kmren boss….belajar dri pengalaman aj dech.krik…..krik….krik……rektorat aj liat ni kecewa koq.sukses aj dech n thnks.fin

  16. white_holic says:

    saya kira PPMB tahun ini bisa seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi ternyata jauh lebih buruk dan berantakan. Maaf, saya tidak menyalahkan panitia yang sudah bekerja keras untuk acara ini. Namun , mungkin menurut saya adanya keleluasaan dalam peraturan yang diterapkan pada PPMB tahun ini. Sehingga para Maba bisa bebas…. Dan untuk inagurasi…kenapa harus MAtta? saya pikir UKSW cukup mampu untuk mengundang guest star yang lebih baik dibanding MAtta, seperti inagurasi tahun lalu yaitu SO7…

  17. ciey says:

    ppmb thn ini kaya nano2.he2
    rasanya campur2
    tp ttp msh ada yg seru@nyenengin kok
    cuma pengaturan wktny aj yg perlu sdkt d evalusi
    acarany yg d kls tlng d buat lbh fun biar g ngantuk.he2

  18. LAW says:

    Dears kak IWAN,tHANKS bt komentarnya,Cb kakak yg jd mentor.
    Tahun ini adalah tahun pertama bt sistem mentor di PPMB,So….kalau baaaaanyaaakkk kesalahan dimn2,
    sebagai ORANG LAMA DAN SUDAH BERKOMPETEN pd bidangnya,pst bisa ngerti,walau pun kaka jg sudah berusaha untuk mencoba mengurangi kelemahan???MENURUT U!!!
    LO TAHUN INI MERAGUKAN KAK??kLO ORANG BERPENGALAMAN DIA PASTI MENGHARGAI YG NAMANYA MUKA BARU DAN KEKURANGANNYA???ITULAH PADI YG BERISI DAN SEMAKIN MERUNDUK???
    Kita g dibayar,,kita bekerja dgn hati,tulus,itu jg g kakak perhatikan???
    Bukannya kakak wktu nempel pengumuman itu dibantu dgn 2 orang mentor yg bersedia tutup kuping dgn pa yg kalian bicarakan mengenai mentor,,
    KAK TOLONG BELAJARLAH UNTUK RENDAH HATI,MESKI ITU SAKIT,BUKANNYA KA2 UDAH DEWASA???GBU….dan cobalah jd panitia yang TULUUUUUSSSSSSS

    hrsnya kritikan jg dutujukan ke sie. konsumsi…….
    yang paling dibutuhkan adalah keramahan disamping konsumsi yg b’kualitas…..
    panitia hanya menanyakan kapan konsumsi utk peserta keluar…
    kenapa sie. konsumsi jd “NYOLOT”….
    bukannya kalian ORANG LAMA dan BERPENGALAMAN……

    MENTOR PPMB CIAYOUUUUUUU…..

    GEN 852 LUARRRRRRR BIASAAAA

  19. sam says:

    Ikutan..

    Soalnya hari kamis (apa jumat ya) kmaren menyaksikan pemandangan yang tidak enak enak dilihat, mungkin juga kurang mendidik buat mahasiswa baru kita yah..

    Tema dari pemandangannya nyontek tulisannya QQ aja: “Mahasiswa Baru Berserakan dimana-mana, So What?”

    Ceritanya dimulai waktu saya lewat depan penjara ada 2 mahasiswa baru (terlihat dari tas mereka yang keren) sedang menyeberang jalan, muncul pertanyaan di benak: heh bukannya mereka harusnya sedang ikut seminar di lapangan, kok bisa lepas gini..?”

    Pertanyaan saya terjawab begitu masuk kampus, banyak sekali MARU keliaran di cafe dan sekitarnya.. oooo ternyata baru istirahat.. begitu pikir saya..
    Setelah parkir motor, saya coba-coba lewat lapangan bola mau liat-liat pemandangan karena saya lihat dari jauh ada banyak MARU yang nongkrong disana.. Siapa tau ada yang bening.. bisa menyegarkan siang yang panas itu..

    Sampai di patung tak kenal lelah, ternyata jalannya diblok, banyak MARU yang duduk. Yang terdengar cuma suara riuh mahasiswa baru yang baru ngobrol atau bergosip mungkin juga baru pdkt sama yang disebelahnya, saya coba perhatikan ke tengah lapangan, sayup-sayup saya dengar ada suara pembicara yang baru ngomyang dengan asiknya diatas panggung. Woalah ternyata seminarnya masih berlangsung to..

    Dengan hati kesal saya mutar lagi lewat belakang lapangan basket, sampai di seputaran lapangan basket, gedung musik dan gedung F, pemandangannya lebih mirip barak pengunggsi. Mahasiswa baru ada yang tertidur pulas, ada yang tertawa keras-keras lebih mirip pasar.

    Itu pemandangan yang sungguh tidak mengenakan hati, apa lagi bagi saya pengajar yang akan berhadapan dengan mahasiswa baru dikelas. Karena kesan pertama yang didapatkan oleh seorang MARU pada saat PPMB itulah yang di”kira”nya kultur dari kampus. Kebebasan memang merupakan cirikhas dari UKSW, tetapi itu bukan berarti bisa berlaku seenaknya seperti pemandangan yang saya lihat.

    Sekedar memberikan pendapat saja, selebihnya saya rasa panitia pasti punya rapat evaluasi..

  20. ela fisipol'05 says:

    pertama, saya sebagai sie acara ppmb mengucapkan banyak terima kasih kepada Scientarium untuk media yang disediakan sebagai wahana menyampaikan aspirasi dan informasi. salud untuk Scientarium dan mas yoga untuk niat kerasnya meliput PPMB’08 meski harus berjuang di antara semrawutnya acara 😉 Saya menyadari tanpa media kampus ini, PPMB ngga akan seru dan meriah 🙂 jadi cayoo Scientarium!
    cuma satu aja kalo boleh kasih pendapat saya demi media kampus tercinta: mohon unsur beritanya diperhatikan, jadi pembaca dapat informasi lengkap 🙂 saya yakin Scientarium berisi wartawan2 mahasiswa yang cantik, cakep, rajin nabung, murah senyum, rajin ibadah, tidak mencuri, suka melakukan perubatan terpuji, menjauhi kejahatan dan melakukan kebaikan, rendah hati, mau belajar, berkualitas dan terpercaya 🙂 smangat!

    kedua, saya mengucapkan terima kasih kepada setiap mentor, pendamping kelas dan banter, yang sudah membantu baik usul, ide, gagasan, hati dan tenaga demi PPMB. semua pengorbanan teman-teman sungguh berharga, bukan demi muka sie acara tapi demi UKSW dan teman-teman mahasiswa baru. Karena bukankah demi kampus ini kita bekerja bersama, dan bukan demi masing-masing seksi. perlu diingat, kita ini satu tubuh. satu cacat, yang lain sakit. jadi terima kasih banyak, dan maaf bila usaha perubahan ini menimbulkan penyesuaian yang tidak pas di sana sini sehingga menimbulkan gesekan yang menyakitkan. keluar dari tempat nyaman selalu menimbulkan kecemasan. hanya perlu kegigihan untuk menaklukkan keadaan. seperti kata tols toy: satu yang membedakan orang biasa dengan pahlawan, yaitu bahwa seorang pahlawan mau bertahan lima menit saja lebih lama untuk menyelesaikan masalah dari pada orang biasa. jadi jangan nyerah, Cayoo History Makers!

    ketiga, untuk iwan dan semua pihak yang memberikan perhatian dan dukungan untuk PPMB, terima kasih banyak. kami merasa tersanjung untuk dukungan dan semangat yang diberikan 🙂 segala kelemahan dan kekurangan PPMB adalah kekurangan kami. karena, kami sadar sie acara maupun seksi lain selalu terhubung dengan jaringan tubuh lain dari UKSW, jadi apapun kekurangan PPMB maupun kampus ini, saya ataupun sie acara sadar adalah kekurangan kami juga. mohon maafkan bila apa yang kami kerjakan telah menyakiti banyak orang baik sengaja maupun tidak sengaja, namanya orang sedang belajar. pasti ada jatuh bangunnya 🙂 Semoga PPMB tahun depan, jauh lebih baik dari apa yang telah dilakukan tahun ini. tentu juga karena masukan dari rekan2 semua. terima kasih, ganbatte PPMB! (begini kata Jenova, peace emel)

    keempat, untuk seluruh mahasiswa baru 2008 yang sudah mengikuti PPMB. kami tahu teman-teman ngga tertarik dengan acara serupa. tapi kami berusaha membuat acara ini menarik sesuai dengan kesukaan teman-teman muda seperti komik, games online, drag race, surfing, sampai dengan dugem-ing. yah, inilah yang terbaik yang bisa kami kerjakan. intinya, supaya teman-teman mahasiswa baru tidak gagap saat masuk UKSW, tapi kenal dengan baik tempat dan dengan siapa teman-teman belajar. ngga mungkin dong, naik titanic ngga tahu nahkodanya siapa 🙂 kalian kan pasti ngga mau dijerumuskan karena ngga tahu tempat belajar kalian. itulah fungsi PPMB. acara kenalan, seperti orang pacaran, kalo mau tahu cocok apa engga untuk jalan dan hidup bareng, kalian harus tahu seperti apa si doi :p jadilah berteman dulu dan cari tahu doi orang seperti apa. nah, PPMB adalah ajang kenalan kalian dengan UKSW… UKSW itu doi yang seperti apa yah, supaya enak nanti pas belajar bareng 🙂 asyiknya lagi kalo kalian tahu doi punya banyak fasilitas, seperti mobil, kolam renang, free membernya astro kan bisa ikut menikmati secara maksimal 😉 , seperti itu juga dengan UKSW, lewat PPMB teman-teman diharapkan jadi tahu fasilitas yang disediakan kampus ini buat kalian, jadi bisa ngedukung proses belajar secara maksimal. misal: ada LTC yang bisa membekali bahasa asing buat temen-temen yang pengin dapet co/ce bule.. (lho?!)
    jadi kalo banyak liat kekurangan di PPMB kali ini, coba deh temen-temen kasih masukan, dan coba jadi panitia/mentor/pendamping PPMB tahun 2009 nanti, supaya bisa memperbaiki kekurangan tahun ini. ok? cayoo generasi 852! Kritis-Prinsipiil, Kreatif-Realistis buk…Luar Biasa!

    Terima Kasih Scientarium, scientia potentia est!

  21. wit says:

    saya ingin memberi masukan pada panitia PPMB, dimana pada hari sabtu saat siasat, mahasiswa baru tidak ada cirikhasnya dari fakultas apa, kesannya setelah inaugurasi sudah selesai urusan mahasiswa baru, padahal masih ada SIASAT, yang juga membutuhkan perhatian khusus,
    Besok lagi, sampai SIASAT, mohon panitia PPMB masih tetap mengurus mahasiswa baru dengan baik, dan karena SIASAT untuk mahasiswa baru diatur jadwalnya per fakultas, mbok ya… mahasiswa itu punya cirikhas fakultasnya, misalnya kalung co-card dengan warna tali yang menunjukkan identitas fakultas, atau apa gitu…
    waktu saya datang pada jam saat MB FE dijadwalkan, saya tidak tahu mana mahasiswa FE mana bukan…., ini bukan masalah ekslusivisme, namun untuk ketertiban saja….

  22. ????? says:

    bukan baru ada ppmb!!!!!!!!!!!!!!
    tapi dengan sistem yang seperti ini baru aja dijalankan!!!!!!!!!!!
    kalo ga tau plis dech ga usah comment yang macem2……………

    buat “law” aku setuju banget………
    kalo emang kalian yang merasa berkompeten dengan pelaksanaan ppmb, kenapa beraninya cuma kaya gini..
    buktiin donk kalo kalian mampu…
    jangan2 ni cuma sakit hati karena kalian ga lolos seleksi ya???????

    harusnya gimanapun keadaannya…
    kasih support donk..
    kita kan keluarga besar UKSW masa saling menjatuhkan…

    cape dech!!!!!!!!

    bukannya meremehkan kalian yang kasih comment, tapi coba dech kalian ada di posisi panitia
    baik teknis maupun mentor…
    kalian rasakan apa yang kita rasakan…
    kalaian akan tahu koq gimana sich susahnya ngurus MABA yang jumlahnya 2500an orang..
    dan yang penting lagi mereka sudah dewasa bukan anak kecil yang bisa disuruh-suruh seenaknya!!!!

    panitia ppmb 2008
    HISTORY MAKER!!!!!!!!!

    mentor ppmb JIA YOU……………………..

    generasi 852…
    LUARRRRRRRR BIASAAAAAAAAAA

  23. wewe says:

    buat ??????,udah bosen X jd panitia haha…………..buat mas wit,setuju boss!!!!

  24. ers- says:

    mmmmm….saya jadi pengamat aja deh..

  25. erasmus says:

    sebagai mentor, banyak hal yang saya pelajari….

    dan PPMB tahun ini merupakan awal dari perubahan kampus yang semakin hari semakin belum SADAR…

    yang lain yang lebih penting adalah bekerja dengan HATI merupakan kunci untuk merubah UKSW….

    terima kasih buat semua panitia….seksi acara, mentor, headmentor, konsumsi, pengabdian masyarakat, P3K,,,,,dll yang sudah mau berkorban tanpa dibayar..itz amazing….

    ‘dimana hatimu berada, disitu hartamu ada’

    ERASMUS06

  26. jok says:

    mesake yo
    angk 08 uksw mung sitik tok

  27. @mbek says:

    hey ,,bener nga sich, denger2 salah satu dari panitia PPMB ada yang korup zaw??
    teruz kpn mau di SIDANG???
    mbok hasil korupnya dilimpahkan ja bwt mentor2 PPMB,,, hehehe…
    khn lumayan bwt pesanggon lebaran,,, 🙂

  28. Yoyok 2003 says:

    bukannya korupsi sudah mendarah daging di UKSW? 😛 .. wong dari jaman mahasiswa udah latihan korup .. (yang kesindir pasti sewot haha..)

  29. dYaz says:

    Liat foToNya Q jaDi KeiNget ma Pacar yg cEkaRang ge menuntut iLmu di Teknik Kimia UNDIP

    SMANGAT ia ChayaNk

    JangAn teLat maEm n jaNgan pErnah niNggaLin ShoLat juga

    Dyaz bakaL setia nunGGuin ChayaNk ampe Chyank lu2s

    Miss U Ynk

  30. mey says:

    welcome 2009!!!!!!!!!!

  31. Ricko says:

    @ panitia:
    Hal yang sangat disayangkan adalah kurangnya koordinasi yang terjadi dalam kepanitiaan antara pihak Universitas dengan mahasiswa. Setiap kali ada kegiatan besar Universitas yang membutuhkan kepanitiaan besar dan ikut melibatkan mahasiswa selalu saja ada “cerita” – ribut dalam kepanitiaan – teknis yang bermasalah – dll. Entah apa yang menjadi akarnya, mungkin saja karena kepanitiaan yang besar melibatkan banyak mahasiswa dari banyak fakultas yang notabene saling tidak mengenal. Saya tentu akan lebih senang bekerja dengan orang2 yang sudah saya kenal daripada yang belum. Jadi sebuah hubungan (tapi bukan nepotisme lho) itu sangat penting dalam sebuah organisasi.
    Untuk hal teknis, teman2 yang lain sudah cukup banyak memberi masukan yang baik. Lebih transparan sajalah.
    NEXT PPMB LEBIH BAIK LAGI YA…

    Senang saja dapet temen2 baru, lucu2, imut2, amit2 (hehehehehe) tapi aku ada komplain juga nih,
    Kok aku gak dapat kbar kalo ternyata ada pesta pembubaran mentor PPMB pake makan2 segala??? Duh…duh…
    Memang panitia PPMB 2008 tuh kurang koordinasi ya,, hehehehe,,,,

    Apapun yang terjadi terus semangat aja,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *