Studi Banding Jornal Akademika Unpaz Timor Leste

Kru Japaz dan Scientiarum foto bersama usai studi banding. {Foto oleh James A. L. Filemon}

Kru Japaz dan Scientiarum foto bersama usai studi banding. {Foto oleh James A. L. Filemon}

Jurnal Akademika Universidade Da Paz Timor Leste datang ke kampus Satya Wacana guna studi banding dengan lembaga pers mahasisiwa Scientiarum Universitas Kristen Satya Wacana.

Team Jurnal Akademika tiba di Salatiga pada hari rabu (3/12/08) dengan beranggotakan WR IV Universidade Da Paz Adolmando Amaral, Direktur Utama Jurnal Akademika Quintiliano Soares, satu orang Editor dan satu orang Reporter Frederica Jacinta.

Sebelum mereka datang ke Satya Wacana beberapa hari sebelumnya Jurnal Akademika telah mengirimkan surat permohonan Studi Banding dengan media Scientiarum yang ditujukan kepada Rektor UKSW.

Kedatangannya di kampus Satya Wacana mendapatkan sambutan dari WR III Umbu Rauta di depan gedung F kampus satya wacana pada sabtu (6/12/08).

Dalam sambutan tersebut Umbu mengatakan alangkah baiknya namanya bukan studi banding tetapi studi bersama. Karena orang berfikir biasanya studi banding itu orang yang datang dianggap lebih bodoh sedangkan media yang di datangi lebih pintar begitu juga sebaliknya dan sebenarnya itu tidak benar, maka dari itu lebih baik namanya di ganti studi bersama saja. Tuturnya.

”saya sangat mengapresiasi atas kedatangan para jurnalis dari UNPAZ untuk studi bersama, mungkin UNPAZ dan Scientiarum bisa saling belajar barsama. Meskipun UNPAZ berada di negara yang masih baru belum tentu meraka lebih bodoh dan juga Scientiarum berada di Universitas yang sudah 53 tahun belum tentu lebih pintar maka dari itu mereka bisa saling belajar”. Tambah Umbu

Saya berharap setelah kegiatan studi bersama ini Scientiarum ataupun UNPAS bisa mendapat wawasan yang lebih luas dalam dunia pers. Tandasnya.

Quinti Direktur Utama Jurnal Akademika menuturkan beberapa alasannya memilih Scientiarum sebagai tempat studi banding diantanya adalah:
1. UKSW dan UNPAZ sudah ada hubungan kerja dalam bidang kemahasiswaan karena banyak mahasiswa Pasca Sarjana UKSW berasal dari UNPAZ.
2. Jurnal Akademika mendengar bahwa Scientiarum medianya cukup bagus dan juga berpengaruh di lingkungan kampus Satya Wacana.
3. Ingin belajar tentang media Scientiarum.

Semoga hasil dari studi banding ini dapat di terapkan di jurnal akademika UNPAZ Timor Leste selain itu juga semoga dengan kegiatan studi banding ini bisa menambah pengetahuan dan pengalaman di dunia jurnalis. Dan semoga dengan studi banding ini dapat menjalin hubungn baik antara media Scientiarum dengan Japaz sebab kerjasama bilateral UNPAZ dengan UKSW telah menjalin hubungan baik. Harap Quinti.
Sedangkan Pimpinan Redaksi Scientiarum Satria Anandita menuturkan bahwa studi banding ini sebuah kehormatan bagi Scientiarum karena teman-teman timor leste mau datang jauh-jauh ke salatiga untuk belajar bareng.

Sebetulnya Sientiarum juga belajar banyak tentang jurnalisme dan juga belajar menjadi tuan rumah khususnya. Tambahnya.

Kegiatan studi banding dimulai dari hari minggu (7/12/08) di Joglo Bu Rini dimulai dengan perkenalan masing-masing pers dan sedikit mengulas sejarah perkembangan pers masing-masing dan juga membahas sedikit tentang pentingnya sembilan elemen jurnalisme dalam dunia pers.

Selesai melakukan perkenalan agenda berikutnya adalah rapat simulasi persiapan liputan untuk kegiatan hari senin di kantor Scientirum.

Dalam simulasi tersebut diambil kesepakatan tema liputan yaitu ” Jurnalisme Untuk Mahasiswa” dan dilanjutkan dengan pembagian jatah liputan. Masing-masing wartawan dari Scientiarum maupun UNPAZ mendapat jatah liputan.

Rencananya setelah berita selesai akan dilakukan pengeditan bareng dan layout bareng di kantor Scientiarum dan hasilnya akan di terbitkan di media Scientiarum dan media jurnal akademika UNPAZ.

6 komentar pada Studi Banding Jornal Akademika Unpaz Timor Leste

  1. rhema 12 Januari 2009 pukul 13:02

    saya sangat setuju kalau kerjasama ini terus berlangsung. karena dari hubungan seperti inilah semakin banyak pengetahuan yang kita dapat.

  2. Theofransus Litaay 14 Januari 2009 pukul 15:06

    Artinya Scientiarum juga harus mempertahankan mutu dan kinerjanya, supaya bisa menjadi rujukan dan sumber pengalaman atau pengetahuan kepada pihak lain. Ayo, you can do it!!

  3. lius 16 Januari 2009 pukul 20:26

    Scientiarium harus maju terus!!!

    Kedepannya, scientiarium supaya lebih menyeimbangkan beritanya, khusunya dalam hal kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa perlu dipublikasikan baik di tingkat Fak maupun universitas atau prestasi-prestasi yang diraih oleh mahasiswa, disamping sebagai fungsi kontrol dalam kampus UKSW yang tercinta.

    Perlu juga memikirkan regenerasi supaya tetap eksis selama UKSW masih ada.

    Salam,
    Tuhan memberkati Pelayanan Kita.

  4. zoe 28 Januari 2009 pukul 16:22

    terimakasih buat pak Lius atas kritiknya. memang selama ini pihak Scientiarum masih kurang menyoroti setiap kegiatan mahasiswa yang dilakukan di dalam kampus maupun diluar kampus. sebenarnya memang ada banyak prestasi-prestasi mahasiswa UKSW yang tidak di beritakan oleh Scientiarum. namun, kami pihak Scientiarum kedepan akan mencoba untuk membritakan setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UKSW. asalkan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa memiliki relevansi untuk di beritakan.

    terimakasih.

  5. Hayuasti 13 Januari 2010 pukul 19:17

    Puji Tuhan studi bersama dgn UNPAZ telah terlaksana.kiranya menjadi berkat bagi keduanya.gantian dong scientiarum yg keUNPAZ

  6. Pedro Mesquita Babo(EASE 2013) 9 Oktober 2013 pukul 14:12

    I’m very thankful for the rector of UNPAZ, because can be gave the opportunities for Timorese Students To take their study in UKSW.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Masukkan alamat surel anda untuk berlangganan situs web ini. Cek kotak masuk atau spam surel anda untuk mengonfirmasi langganan.

Bergabung dengan 9 pelanggan lain

Rekrutmen Wartawan

cara membuat link pada gambar