Jaring Aspirasi Pemilihan Rektor UKSW

Rubrik Kampus oleh

Tidak terasa masa jabatan rektor UKSW periode 2005/2009 akan segera berakhir. Pada 2009 kali ini, UKSW akan melangsungkan pemilihan rektor berikutnya. Meskipun demikian, dari hasil survey masih banyak civitas UKSW yang tidak mengetahui akan adanya pemilihan rektor tersebut.

Rektor UKSW merupakan pimpinan tertinggi, yang akan berpengaruh besar terhadap UKSW. Oleh sebab itu dalam pemilihan rektor berikutnya diperlukan pertimbangan yang matang. Dan diharapkan rektor yang nanti terpilih dapat sesuai dengan aspirasi civitas mahasiswa, agar dapat menjawab setiap permasalahan, serta membawa UKSW menjadi lebih baik.

Berdasarkan hal tersebut, bidang IV Senat Mahsiswa Universitas (SMU) UKSW melalui departemen informasi dan komunikasi dalam propaganda, membentuk sebuah Tim Pencari Profil Rektor (TPPR) UKSW periode 2009/2013.

TPPR tersebut terdiri dari 15 utusan dari lembaga kemahasiswaan fakultas/PP , 3 utusan dari SMU serta 4 utusan dari Badan Perwakilan Mahasiswa Universitas (BPMU).

Tugas TPPR adalah menjaring aspirasi civitas UKSW mengenai profil rektor mendatang. Hasil penjaringan aspirasi tersebut rencananya akan diserahkan kepada pansus sebagai bahan masukan dalam penjaringan profil bakal calon rektor periode mendatang serta ketua SMU dan ketua BPMU selaku senator tingkat universitas agar dapat disampaikan dalam rapat Senator Universitas.

Dalam proses pencarian profil rektor tersebut, semua civitas mempunyai hak untuk bersuara melalui beberapa kegiatan yang akan dilakukan TPPR di antaranya:
Penjaringan aspirasi lewat kuisioner pada 19-22 Januari 2009, Focus Group Discussion (FGD) pada 27-30 Januari 2009, dan sarasehan I dan II pada 6 Maret 2009 dan 8 Mei 2009.

Sarasehan I dan II akan menghadirkan para bakal calon rektor. Pada sarasehan tersebut, bakal calon akan menyampaikan visi/misi, pada sesi tanya jawab, bakal calon akan diberikan sebuah masalah yang ada di UKSW yang belum selesai, dan setiap bakal calon diminta untuk memecahkannya. Sarasehan akan mengundang semua civitas UKSW.

Menurut keterangan koordinator TPPR, Reima Afluria Widhiyanti, tujuan diadakannya TPPR adalah untuk mencoba menciptakan budaya politis yang transparan di UKSW.

Reima juga menambahkan, TPPR sendiri sebenarnya tidak memiliki wewenang apapun dalam pemilihan rektor mendatang, dan disini TPPR hanya bersifat sebagai wadah penyalur aspirasi civitas dan TPPR sendiri bersifat netral.

”Disini TPPR berjalan sendiri tanpa terikat dengan pansus” tandasnya.

Alir pemilihan rektor
Disisi lain, Kornelius Upa’ Rodo selaku anggota pansus dan ketua SMU menuturkan bahwa 19 surat telah dikirim kepada orang yang memenuhi persyaratan minimal. Untuk pengembalian surat kesediaan menjadi bakal calon rektor diberikan batasan waktu sampai 15 Januari 2009.

Selanjutnya pada 16 Januari 2009 sampai 15 Februari 2009, para bakal calon diminta untuk mengumpulkan persyaratan administratif. Para bakal calon yang lolos administratif akan di jaring oleh pansus menjadi maksimal tiga orang.,

Ketiga bakal calon yang sudah melalui penjaringan akan diserahkan kepada yayasan, sebagai hasil kerja pansus, dan saat itu juga masa kerja pansus berakhir. Selanjutnya mereka akan berkonsultasi dengan pihak yayasan dan menetapkan bakal calon tersebut menjadi calon rektor untuk diusulkan kepada para senator dan mempresentasikan visi-misi masing-masing.
Pada saat itu para senator akan memberikan pertimbangan-pertimbangan yang hasilnya akan diserahkan kepada yayasan. Selanjutnya pembina yayasan akan memilih dan menetapkan rektor UKSW berikutnya.

Tanggapan pansus sendiri terhadap TPPR ” pansus mempersilahkan kepada siapapun (civitas UKSW) yang ingin membentuk tim apapun itu jenisnya dalam rangka pemilihan rektor UKSW mendatang, karena semua itu hak mereka untuk mengetahui calon pemimpinnya” ungkap Lius

”Terserah TPPR mau melakukan apa saja asalkan menurut mereka itu baik, pansus sendiri tidak akan menghalangi mereka. Karena mereka dapat menjadi sumber informasi dalam memberikan masukan kepada pansus jika pansus membutuhkan.Dan” tandasnya