Sharing Lembaga Kemahasiswaan

Browse By

Umbu Rauta (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan) salah satu pimpinan Universitas yang hadir dalam kegiatan “Sharing Lembaga Kemahasiswaan” sebagai narasumber seputar permasalahan akademik, ruang rapat LKU, Jumat (30/01). Kegiatan ini diadakan rutin tiap bulan oleh Senat Mahasiswa Universitas.

28 thoughts on “Sharing Lembaga Kemahasiswaan”

  1. STR says:

    Terus apa hasilnya? Ini cuma mau pajang foto Umbu?

  2. Winarto says:

    Hasil sharing itu apa aja? kok hanya keterangan foto saja yang ditampilkan?
    Di keterangan di bawah foto, kok yang disebut hanya WR III?
    Di keterangan di bawah foto lagi, “sebagai narasumber seputar permasalahan akademik, ruang rapat LKU, Jumat (30/1). Menurut saya, kalimat itu kurang tepat. Kok terasa janggal ketika membacanya? 🙂
    Cheers

  3. Kenakalan Remaja di Era Informatika says:

    sharing sih bagus2 aja. saya sebagai mantan anak LK, merasa ini sebagai sebuah kemajuan. hanya saja, kebanyakan itu hanya mentok di sharing saja. ga ada follow up nya. ya percuma kalo gitu. sharing ga akan cukup tanpa mengalami sendiri. LKU saat ini cuma adem ayem.

  4. Kenakalan Remaja di Era Informatika says:

    @ SA : bener tuh, saya setuju ma Satria. kalo cuman majang foto Umbu, saya juga bisa nyolong dari internet. sepele… sebenernya topiknya lumayan bagus. tapi tiba2 jadi jelek gara2 cuman foto. yang penting isi diskusinya, BUKAN FOTONYA UMBU

  5. Jems says:

    @ STR & Winarto: hahaha maaf , waktu itu saya ditemani reporter lain utk berita ini, tapi ternyata beritanya belum ada.

    @ Winarto : “Di keterangan di bawah foto, kok yang disebut hanya WR III?”
    1. maaf mas win, otoritas penulis,
    2. saya juga pertegas dengan kalimat “salah satu pimpinan universitas”.
    3. dalam foto itu dia yang paling menonjol ( dibandingkan yang lain, lihat?)

    (dari kiri-kanan: Harijono, SE., MAF., M.Com, (Hons.), Ph.D Jabatan : Wakil Rektor II, Prof. Daniel Daud Kameo, SE., MA., Ph.D Jabatan : Wakil Rektor I, dan Umbu Rauta, SH., M.Hum Jabatan : Wakil Rektor III)

    “Di keterangan di bawah foto lagi, “sebagai narasumber seputar permasalahan akademik, ruang rapat LKU, Jumat (30/1). Menurut saya, kalimat itu kurang tepat. Kok terasa janggal ketika membacanya?”

    janggalnya dimana mas? 🙂
    trima kasih masukannya…

    @ Kenakalan Remaja di Era Informatika :”kalo cuman majang foto Umbu, saya juga bisa nyolong dari internet.

    koleksi fotonya Umbu ya bos?? :-p

  6. Winarto says:

    @Jems: hehehe, iya memang sih itu wewenang penulis kok cuma menampilkan/menonjolkan salah satu narasumber, hehehe, sudah ditanyakan STR ma Kenakalan Remaja di Era Informatika 🙂

    Hahaha, sekarang diurutkan sesuai gambar foto dari kiri ke kanan (matur nuwun), tapi masih ada 1 yang kurang lho 🙂 🙂 🙂

    Kalau mengenai yang janggal2 itu (perasaanku saja mungkin, terus tak ketik dikomentar itu), kalau membaca seperti itu narasumber membahas mengenai (1) seputar permasalahan akademik, (2)ruang rapat LKU dan (3) Jumat (30/01).
    Atau yang ada disana itu bahasa Jurnalisme kali ya 🙂
    Piiiiisssss

  7. Winarto says:

    Oya, kalau itu rutin, kok sepertinya baru kali ini ditampilkan di SA, meski hanya foto saja. Apa sharing yang dulu-dulu tidak diliput, atau sharingnya untuk kalangan terbatas atau sharing kali ini sebagai sharing perdana dan akan dirutinkan setiap bulan?
    Cheers

  8. Kenakalan Remaja di Era Informatika says:

    @ Jems : ya, kayaknya mereka nggak perlu bahas ruang rapat LKU dan bahas hari Jumat deh… hehehehe… masa’ anak LK bahas hari Jumat? hehehehe… pissssssss….

  9. nic_gee says:

    MAAF TEMAN-TEMAN, saya pikir juga JAMES akan menuangkan hasil sharing kemarin.

    Informasi dan Hasil sharing LK Juamt, 30 Januari 2009:
    1. Pada 2009, lebih dari 4.000 mahasiswa UKSW mengalami anomali dalam pengambilan SKS yang melebihi dari standar maksimum yang di ijinkan oleh DIKTI (48 SKS/tahun atau 24 SKS/Smester).

    2. Universitas akan bekerjasama dengan KOPERWIL untuk menyelesaikan masalah mahasiswa yang anomali dengan tidak merugikan mahasiswa

    3. Setiap Progdi wajib mengirimkan laporan hasil persemester ke KOPERWIL sebanyak 2 kali/tahun (April dan oktober).

    4. Laporan semester II merupakan gabungan semester genap dan semester penghayaan

    5. Bagi progdi/PT yang tidak mengirimkan laporan atau melakukan pelanggaran terhadap aturan dari DIKTI maka akan berpengaruh pada akreditasi atau pencabutan ijin operasional.

    6. Pada semester pengayaan, akan dibuka mata kuliah universitas : agama, kewarganegaraan, ilmu alam dasar, etika sosial dasar, bahasa indonesia diselenggarakan pada aras universitas yang dikelola oleh unit yang dibawah WR I yang namanya pusat mata kuliah dasar universitas ( mulai berlaku untuk angkatan 2008)

    7. Pada semester penghayaan, fakultas akan diwajibkan membuat rencana kerja. Namun, masasiswa tidak diwajibkan ikut semester penghayaan tersebut (kecuali fakultas tertentu).

    8. Fakultas yang menerapkan standart TOELF sebagai syarat kelulusan akan “ditinjau kembali”

    9. Penyebab masalah siasat pada bulan januari 2009 ialah: pergantian hardware dan saftware, belum stabilnya database keuangan, yang menyebabkan akses siasat lambat pada jam kantor. Pehak rektorat menyampaikan PERMINTAAN MAAF KEPADA SELURUH MAHASISWA UKSW.

    10. Undang-undang BHP yang telah disahkan oleh DPR RI wajib dijalankan oleh seluruh perguruan tinggi. Namun, ada perbedaan Undang-undang BHP yang diterapkan di PTN dengan yang diterapkan di PTS

    TEAM SHARING LK

  10. rhema alias rhembolz says:

    sodara-sodara baguslah kalau menurut anda LK sekarang adem ayem berarti Tuhan memberikan kedamaian untuk LK. saya pikir lebih bagus kami seperti ini, daripada kami rusuh gak punya tujuan. tapi kami tetap bekerja walaupun dimata sodara2 kami kelihatan adem ayem. saya tetap bersyukur pada Tuhan atas keadaan seperti ini.,
    tak luput dengan adanya Sharing seperti ini sangat diterima oleh sodara2 di LK tingkat fakultas, mereka senang dan merasa puas. dan kalau sepertinya mentok hanya di sharing,menurut anda. ya itu hak anda, kami punya cara yang kami sepakati dalam bekerja.
    sekali lagi mohon dukungannya, saran-kritik dan terpenting doa sodara-sodara, karena doa orang benar kuat kuasanya. GB

  11. Jems says:

    @Winarto: sip mas..saya nangkep..benar..sedikit janggal. mudah2n berikutnya saya tidak lupa untuk masalah itu..thx.

    @Kenakalan Remaja di Era Informatika: hahahaha sip bos..berikutnya saya usahakan lebih mantep buat caption…salam..

  12. gembala sapi says:

    1. Lho lho …. koq ndak ada permintaan MAAF juga dari pimpinan UKSW atas “Anomali” tersebut? Bukankah ini akibat kebijakan Pimpinan UKSW sendiri yang membuka pintu pengambilan SKS sampai di atas normal hanya dalam rangka menembak Trimester tetapi mengorbankan sistem akademik yang benar. Melempem sak-rektoratne… sak-Lkne…. eaala….

    2. “Universitas akan bekerjasama dengan KOPERWIL untuk menyelesaikan masalah mahasiswa yang anomali dengan tidak merugikan mahasiswa”. Ini jelas-jelas pernyataan goblok yang dikemukakan untuk menenangkan mahasiswa. Dibodohi aja terussss….

    3. “Setiap Progdi wajib mengirimkan laporan hasil persemester ke KOPERWIL sebanyak 2 kali/tahun (April dan oktober).” Apa yang istimewa dengan pernyataan ini? tidak ada…selama ini kan memang sudah berjalan seperti ini… Lagi-lagi dibodohiiiii….

    4. “Laporan semester II merupakan gabungan semester genap dan semester penghayaan.” Ha ha ha ha…. goblok… goblok….

    5. “Bagi progdi/PT yang tidak mengirimkan laporan atau melakukan pelanggaran terhadap aturan dari DIKTI maka akan berpengaruh pada akreditasi atau pencabutan ijin operasional.” yo wis jelas to…. koq sing kayak ngene disampaikan…

    6. “Pada semester pengayaan, akan dibuka mata kuliah universitas : agama, kewarganegaraan, ilmu alam dasar, etika sosial dasar, bahasa indonesia diselenggarakan pada aras universitas yang dikelola oleh unit yang dibawah WR I yang namanya pusat mata kuliah dasar universitas ( mulai berlaku untuk angkatan 2008)”…. lembaga baru, bagi-bagi kekuasaan menjelang pilihan rektor….

    7. “Pada semester penghayaan, fakultas akan diwajibkan membuat rencana kerja. Namun, masasiswa tidak diwajibkan ikut semester penghayaan tersebut (kecuali fakultas tertentu)” ….. jangan mau dibodohi…. lalu kapan lulusnya mas/mbak??????? emang rektor yang bayarin uang kuliah biar lama2 di salatiga?…

    8. “Fakultas yang menerapkan standart TOELF sebagai syarat kelulusan akan “ditinjau kembali””…. ini kan goblok bangeeettttt….!!! kenapa ditinjau kembali??????? orang lain maju kita malah mundur…. hooooiiiii UKSW arop nangndi..????

    9. “Penyebab masalah siasat pada bulan januari 2009 ialah: pergantian hardware dan saftware, belum stabilnya database keuangan, yang menyebabkan akses siasat lambat pada jam kantor. Pehak rektorat menyampaikan PERMINTAAN MAAF KEPADA SELURUH MAHASISWA UKSW.” …. hik hik hik hik…. yang bener kalau ngomong ke mahasiswa… ojo ngapusi….

    10. “Undang-undang BHP yang telah disahkan oleh DPR RI wajib dijalankan oleh seluruh perguruan tinggi. Namun, ada perbedaan Undang-undang BHP yang diterapkan di PTN dengan yang diterapkan di PTS”…. Nggak penting….

  13. dian ade permana says:

    menurut saya..caption dari foto tersebut sangat tidak layak masuk dalam SA..
    dan ketika ada pertanyaan kenapa dijawab dengan “sekenanya”

    CONTOH : kok yang disebut hanya WR III:OTORITAS PENULIS…dan FOTO : paling menonjol dibanding yang lain…

    mengenai otoritas penulis :bagi saya, jawaban anda sangat arogan…penulis, khususnya dalam dunia jurnalistik memiliki kaidah dan norma..informasikan semua yang hadir disitu..terutama nara sumber dan materi yang dibawakan

    mengenai PALing menonjol dibanding yang lain : itu karena anda mengambil angle foto seperti itu,,coba tampilkan foto dari sudat lain, misal dari depan, pasti tidak ada yang menonjol, karena narasumber duduk berjejeran..buktinya anda bisa mengabsen dari kiri ke kanan…
    atau bobot Umbu lebih dibanding nara sumber yang lain atau karena WR III yang berhubungan langsung dengan mahasiswa hingga mendapat porsi lebih?

  14. yakub says:

    wah jangan2 ini bentuk kampanye terselubung….. foto memang bisa menjadi berita, tetapi apa artinya? kemudian hasil pertemuan dishare belakangan, itupun kalo tidak ada pertanyaan dari temen2 mungkin juga tidak akan di share. mohon SA bisa menjadi lebih profesional tanpa termuat kepentingan yang menggadaikan idealisme jurnalistik

  15. nico_gee says:

    persoalan kok seakan-akan di foto tersebut yang ditonjolin WRIII?????

    yah…. mungkin fotografer n yang masukin foto tersebut ke SA senang denga WRIII atau cuma itu atau cuma itu satu-satunya foto saat sharing LK.

    bwt saya, itu gak usah dipersoalkan. intinya, kedepan hal itu jangan terulang lagi dan semua yang sedah terlanjur, biarlah itu menjadi pembelajaran bwt kita semua.

    MOHON MASUKANYA BUAT SHARING LK DONG ….. …..

  16. nico_gee says:

    BWT MAS/MBAK/OPA/OMA “gembala sapi”……..

    kalo mengkritik jangan sampe rambutnya keriting dong………

    kalo anda tidak setuju or menurut anda salah, berikan dong alasanya……

    ungkapkan pendapat anda yang sebaiknya itu seperti apa…..

    mengkritisi meluluuuuuuu…….

    sumbangkan dong buah pikiran yang baik buat kemajuan UKSW tercinta kita…….

  17. Kenakalan Remaja di Era Informatika says:

    @nico_gee: masih baik anda dikritisi sama orang yang mau mengkritisi anda. bukanx saya membela, meskipun kelihatanx membela, tapi saya berusaha objektif saja. justru, LK membutuhkan orang2 seperti Gembala Sapi di atas. kalau tidak, anda nggak akan tahu letak kesalahan atau hal-hal yang kurang. ingat, tidak semua orang bisa memberi saran, dan tidak semua orang juga bisa mengkritik.

  18. rhema alias gembala domba says:

    @gembala sapi: maaf anda harus belajar menerima permintaan maaf seseorang ataupun lembaga yang telah menyampaikan permintaan maaf. saya rasa sangat benar bila mereka mengakui kesalahan mereka, daripada diem2 malah berabe kan?. seharusnya kita juga memberi semnagat ke Rektorat, LK n juga mahasiswa, jgn kritik2 tp gak ada sumbangsih pikirannya. mari sebagai manusia beradab kita saling mendukung. saya mohon pada anda untuk pula menjaga perkataan yg anda tulis di web ini, karena apa yg anda katakan dapat membuat konflik yg tidak penting. terima kasih n Tuhan Yesus mengasihi anda.

    @Nico Gee: sabar ya mas, kita harus ada penerimaan atas semua “aspirasi” yg disampaikan ke LK, jaga hati, pikiran n tindakan. Tuhan Yesus mengasihi anda

    untuk masalah foto ya sudah minta aja diganti ke yg menampilkannya, biar anda2 semua puas. Tuhan Yesus mengasihi anda semua

  19. amman says:

    sebaiknya setiap ada sharing LK, hasilnya di tampilkan di sini. hasil-hasil sharingnya lhom bukan cuman foto.

  20. sPy uKsW says:

    @nico-gee…..
    itu kan bentuk kritikan orang terhadap sharing LK yang dianggap LK telah dibodohi…..
    apakah salah?????
    tolong kalau memang kamu sebagai team sharing LK, kamu harus bisa melihat itu sebagai sebagai masukan dan biar hal tersebut ga terjadi lagi….
    Lagian ada bbrp point juga yang ga harus di bicarakan malah dibicarakan….
    buang2 waktu aj……
    tolong ditinjau lagi……
    pizzzzzzzzzzzzzzzzzz………………..
    HIDUP MAHASISWA………………

  21. VIVA UKSW says:

    “kalo mengkritik jangan sampe rambutnya keriting dong………”
    masalah kritik mengkitik di negara ini sudah lumrah ,apalagi sebagai bagian dari kebangkitan demokratisasi, jadi sy pikir kritik smpai keriting, rebonding, dll itu tdk mslh, yang penting msh dalam kerangka pembahasan masalah yang terjadi.

    “mengkritisi meluluuuuuuu…….
    sumbangkan dong buah pikiran yang baik buat kemajuan UKSW tercinta kita…….”
    menurut saya buah pikiran yang dpt kita berikan bs berupa kritik, saran, pendapat dll, jadi tidak salah kalau seseorang memberikan buah pikiran nya hanya sebatas kritik, karena potensi yg di miliki oleh seseorang beragam, ada yg cuma bs kritik, cm bs berpendapat, cm bs menuangkan ide.
    Seharus nya teman-teman semua bs menerima semua kritikan untuk kemudian direnungkan dan di tindaklanjuti. apalagi kritikan ini sebagai langkah penyempurnaan sebuah hal besar yang akan dilaksanakan yang semua nya akan bermuara pada kepuasan bersama atas hasil yang memuaskan.

    Gbu……………….

  22. Kenakalan Remaja di Era Informatika says:

    @nico_gee_TPPR: sadarkah anda? anda pun sedang mengkritisi orang yang mengkritisi anda, dan saya juga mengkritisi anda yang mengkritisi orang yang mengkritisi anda… jadi terbukalah dengan kritik…

  23. nico_gee says:

    Saya/kami bukan ANTI KRITIK,

    Saya sangat menghargai kritikan dari teman-teman. BUT alangkah tebih baik kalau kritikan itu membangun BUKAN melahirka permasalahan yang menyebar kemana-mana (dah mahasiswa, kok mengkritik seperti anak-anak).

    Saya mengerti kalau kemampuan setiap orang berbeda-beda (ada yg cuma bs kritik, cm bs berpendapat, cm bs menuangkan ide). Tapi alangkah lebih baik kalau kita belajar mengkritik yang baik (bukan membuat orang bingung atau sekedar menyudutkan lawan). Kritik baiknya disertai alasan dan saran yang membangun(bukan Cuma menggonggong…)

    Mas/mbak sPy uKsW; “itu kan bentuk kritikan orang terhadap sharing LK yang dianggap LK telah dibodohi…..”

    “LK telah dibodohi”, bisa gak diperjelas maksudnya?? dibodohi dalam hal apa dan atau seperti apa? Kira-kira apa yang bisa TEAM SHARING LK lakukan?

    MOHON MASUKANYA BUAT TS LK………

  24. Kenakalan Remaja di Era Informatika says:

    @nico_gee :”Saya mengerti kalau kemampuan setiap orang berbeda-beda (ada yg cuma bs kritik, cm bs berpendapat, cm bs menuangkan ide). Tapi alangkah lebih baik kalau kita belajar mengkritik yang baik (bukan membuat orang bingung atau sekedar menyudutkan lawan). Kritik baiknya disertai alasan dan saran yang membangun(bukan Cuma menggonggong…)”
    sadar nggak kalau anda menunjukkan diri anda sewot? kata2 “bukan cuma menggonggong” itu saya rasa tidak pantas anda sampaikan di sini…kami mengkritik dengan maksud baik…tetapi kenapa anda salah artikan???justru anda yang seperti anak2…sudahlah, saya malas menanggapi anda yang sewot melulu…

    @team sharing: saran saya, sajikan hasil2 sharing teman2…kami mahasiswa butuh tau hasil diskusi anda sebagai pembesar LK…kalau perlu, tempel itu hasilnya di tiap fakultas…rubrik kan bisa to… tolong berdiskusilah dengan dewasa, dan jangan mudah ngambek…

  25. Pdt Masada Sinukaban says:

    Syalom,
    Sharing?? Mantaplah itu, maju terus Bung!! Jangan lupa tindak lanjutnya YA!!
    Salam Perjuangan untuk Kebenaran GBU

  26. bintang says:

    wauuuu luar biasa dunia lingkup LK saat ini… dan luar biasanya lagi ketika sekarang banyak yang memperhatikan LK dan sekitarnya… akhirnyaaaaa………

    melihat tanggapan, kritik, saran dari teman2… saya malah lucuuuu… kalau mempertanyakan hadil sharing itu apa dan mungkn meminta kepada orang2 terkait dengan yang menampilkan berita ini,,, itu adalah pertanyaan yang luar basa bagus… y karena kta mengunjungi situs ini tidka sebatas melhat gambar tapi apa yang ditampilkan dengan topik tertentu itu jelas…. jadi tidak gantung (laguyna TTDJ)

    lucunya ….. kok yang diributkan gambarnya WR III??? penting g secxhhhhh???? udah gitu orang SA nya malah nanggapinnya semi AROGAn… mbokkk y jawabnya belum ada beritanya atau apa kek….. malah menunjukan otoriter….. kalau otoriternya ada hasilll in malah buat yang baca komentar jadi keritinggg… rada gimna yachhh ……. kembali berkaca dan melhat diri….

    untuk Fungsionaris LK…. smangt dan tetap optimis aja dengan Sharinggg ini… tapiii harus ada tindakan juga kalau harus bertindak… hehhehehheheh… smngattttttttttt…. Tuhan beserta kalia semua…

    ooo ia anak2 LK komenttt donkkkkkk.. atau sharing ttg hasilll sharing kalian dengan pimpinann universitas…. dari pada nunggu lama sama yang buat berita… entar malah BAZIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII……

  27. Slamet H says:

    Sudah terlalu banyak botol…….!!!
    Silahkan berbenah diri…….sebelum membenahi LK

  28. Yoyok 2003 says:

    Judulnya menipu . Saya sebenarnya berharap ada suatu artikel yang menarik mengenai sharing LK di sini Dan ternyata..olala.. saudara-saudara komentator kecewa ha ha ha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *