New Venture Indonesia, Hewlett Packard Dukung SWBTC FTI

Browse By

Rabu, 11 Februari 2009 lalu, SWBTC IT Learning Center atau yang lebih familiar disebut sebagai Bistek, melaksanakan kegiatan launching dan pelatihan NVI – SWBTC IT Learning Center. Acara tersebut diselenggarakan oleh SWBTC FTI UKSW Salatiga dengan didukung oleh New Ventura Indonesia (NVI) dan Hawlett Packard (HP).

Acara tersebut dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB bertempat di gedung E123, dibuka secara resmi oleh Rudy Latuperissa, S.E. (Direktur SWBTC FTI UKSW), Yani Rahardja, SE, MM. yang mewakili dekan FTI UKSW dan Imam Diyanto selaku direktur New Venture Indonesia (NVI), dan diikuti oleh 40 orang dari unsur pemerintah kota Salatiga, lembaga penelitian di UKSW, staf, dan pengajar FTI UKSW, serta UKM yang menjadi peserta pelatihan tanggal 11-13 Februari 2009. Pelatihan NVI – SWBTC IT Learning Center dilaksanakan setelah launching selesai. Kegiatan ini diikuti oleh 18 peserta dari 17 UKM yang ada di Salatiga, dan sekitarnya, serta dipandu oleh dua orang staf pengajar Fakultas Teknologi Informasi UKSW Salatiga, yaitu Anthony Y. Tumimomor S.Kom., dan Jasson Prestiliano S.T. Pelatihan dimulai pukul 11.30 WIB di tempat yang sama.

Acara kemudian dilanjutkan dengan serah terima secara simbolik 20 buah unit komputer HP dari pihak NVI oleh Imam Diyanto kepada pihak SWBTC FTI UKSW yang diwakili oleh Yani Rahardja S.E, M.M, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi NVI-SWBTC IT Learning Center oleh Imam Diyanto. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan meninjau lokasi NVI-SWBTC IT Learning Center yang bertempat di gedung E-250.

Sebagai wujud keseriusan SWBTC IT Learning Center terhadap peningkatan kualitas UKM, pada tanggal 04 – 06 Maret 2009 diadakan pula Pelatihan ”Periklanan (Multimedia) dan Perannya Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Sektor Industri/Usaha Kreatif” yang diselenggarakan oleh Dirjen IATT (Industri Alat Transportasi dan Telematika). Oleh karena itu peserta yang terlibat dalam pelatihan ini hampir sebagian besar berasal dari peserta yang mengikuti pelatihan NVI – SWBTC IT Learning Center sebelumnya.

Bertitik tolak dari permasalahan dan peluang yang dihadapi oleh para pelaku usaha terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam industri kreatif yang tingkat persaingannya sangat ketat, maka SWBTC IT Learning Center merasa perlu adanya kerjasama yang terarah, terstruktur dan berkelanjutan serta menguntungkan antara tiga pilar utama penyangga indusri kreatif, yaitu pelaku usaha, lembaga-lembaga pendamping UMKM (non pemerintah), dan pemerintah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengadakan pelatihan untuk memperkuat pelaku UMKM di Salatiga dalam hal pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi multimedia dalam bisnis yang dijalankan, sebagai bagian dari sub sektor periklanan (kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi dan produksi iklan, antara lain: riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak, dan elektronik) dalam sektor industri kreatif.

Sebagai lembaga fasilitator yang peduli terhadap kualitas UMKM, khususnya di daerah Salatiga, SWBTC IT Learning Center ingin lebih memaksimalkan usaha mereka dengan memiliki database seluruh UMKM yang lebih dilengkapi dengan core bisnis, dan info tentang tingkat penguasaan mereka terhadap teknologi informasi itu sendiri.

“Kami ingin agar upaya kami untuk membantu UKM bisa lebih maksimal dan tepat sasaran, jika kami memiliki informasi tentang seberapa besar penguasaan mereka terhadap IT, maka kami bisa lebih memaksimalkan fungsi pelatihan, sesuai dengan tingkat kemampuan pelaku UKM itu sendiri, sehingga tidak timbul kesenjangan diantara peserta” ungkap Johnson Umbu Radda selaku Operational Manager SWBTC – IT Learning Center

One thought on “New Venture Indonesia, Hewlett Packard Dukung SWBTC FTI”

  1. Yoyok 2003 says:

    Proficiat buat FTI USKW..

    salut dengan kinerja BisTek saat ini..semoga sukses selalu dalam pengabdian masyarakatnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *