Pembukaan dan Peresmian PIM 2009

Browse By

Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana telah resmi dibuka pada Senin (25/5) di gedung Balairung Utama UKSW. PIM di tahun 2009 kali ini di ikuti oleh 27 perguruan tinggi swasta dan negeri dari berbagai wilayah di Indonesia dan juga 4 Sekolah Menengah Atas di Jawa Tengah.

Yang hadir pada acara pembukaan sekaligus peresmian PIM 2009 adalah sekretaris dewan pendidikan tinggi Prof. Ir Nizam, Msc.,Ph.d yang mewakili menteri pendidikan nasional, koordinator Kopertis wilayah IV Prof. Drs. Mustafidz, rektor UKSW Prof. Dr. Kris Herawan Timotius, rektor Universitas Pelita Harapan Jonathan L. Parapak yang sekaligus juga pembicara seminar nasional, pemimpin PT. Galangpress Julius Felicianus serta para petinggi perwakilan dari perguruan tinggi yang ikut menjadi peserta PIM beserta ratusan mahasiswa yang menjadi peserta seminar.

PIM yang rencananya berlangsung selama enam hari tersebut resmi dibuka dengan ditandai pemukulan gong sebanyak lima kali oleh koordinator Kopertis wilayah IV Prof.Drs. Mustafidz yang didampingi rektor UKSW Prof.Dr. Kris Herawan Timotius. Setelah acara pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan seminar dengan tema “Peranan pendidikan tinggi dalam meningkatkan daya saing bangsa“.

Dalam sambutannya ketua PIM 2009 Efone Meity menuturkan “Melalui kegiatan ini kami mengajak mahasiswa membentuk jejaring dan berkumpul dalam forum ilmiah yang tujuannya turut berperan serta dalam menciptakan masyarakat yang lebih baik dengan menampilkan karya yang inovatif dan menjawab kebutuhan masyarakat, dalam PIM kali ini panitia yang terlibat sebanyak kurang lebih tiga ratus panitia yang terdiri dari panitia tingkat universitas dan panitia tingkat fakultas” tambah Efone.

Dalam seminar tersebut Prof. Dr. Jonathan L. Parapak menyampaikan materi tentang pentingnya pendidikan holistik untuk meningkatkan daya saing bangsa. Dalam makalahnya Parapak mengatakan pendidikan holistik adalah pendidikan yang mencakup aspek spiritual, intelektual, emosional, sosial, artistik, kreativitas, phisik dalam keutuhan manusia. Pendidikan holistik bertujuan enlightened, harmony antara inner life and outer life agar seluruh potensi dikembangkan secara maksimal (holistically educated).

“Untuk mencari kebenaran setiap perguruan tinggi harus mengoreksi kurikulum untuk menjadi pendidikan holistik yang mampu bersaing di dunia kerja” ujar Parapak.

Sedangkan pembicara kedua Julius Felicianus membawakan materi tentang “Mandiri dan berdaya guna“. Dalam paparannya Julius membahas sebuah falsafah yaitu Urip Agawe Urup yang artinya hidup itu seyogyanya Iku Sejatine dan seharusnya membawa hidup dan kehidupan orang lain. menurutnya kalau kita sudah bisa menghidupi, memberi makna hidup dan memberi manfaat bagi orang lain itu berarti kita sudah lepas dari masalah kita sendiri dan sudah dapat hidup mandiri.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 11.00 WIB tersebut berjalan lancar hingga acara usai.

2 thoughts on “Pembukaan dan Peresmian PIM 2009”

  1. Soesilo W. says:

    Ada alumnus UKSW yg bertanya di milis Ikasatya, “ini PIM ke berapa?”
    Maksudnya, supaya kita semua tahu sejarah PIM UKSW yg sudah dimulai sejak lama 🙂

  2. lius says:

    Terima ksh Kepda semua Panitia dan jg kpd semua pihak yang mendukung terselenggaranya PIM 2009
    Kita sudah berusaha melakukan yang terbaik, biarlah Tuhan menambahkan segala kekurangannya dan sekaligus dijadikan batu loncatan untuk mencapai yang lebih baik lagi…
    @ Panitia
    Tetap smgt membuat LPJ dan Prosiding yang belum selesai Ya..

    UKSW tetaPLah berKarya…dan terus BerKarYa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *