Andre dan Mey, Sejarah Baru SMU

Browse By

Keluarga besar Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) baru saja melakukan momen penting dalam sejarah, khususnya pada Senat Mahasiswa Universitas (SMU)—lembaga penyalur aspirasi mahasiswa UKSW—pada, Jumat (14/8). Dimana pada momen tersebut, Andre Sutantyo—mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika—terpilih sebagai Ketua Umum Senat Mahasiswa Universitas periode 2009/2010.

Dalam pemilihan Ketua SMU kali ini, hanya dua mahasiswa yang maju mencalonkan diri. Merly Aclin Nuasizta Klaas (Mey)—mahasiswi Fakultas Psiklogi—merupakan satu-satunya pesaing Andre dalam pemilihan ini.

Mey maju membawa visi dan misi, dengan mengangkat apa peran Lembaga Kemahasiswaan (LK) dalam Universitas, bagaimana membentuk Mahasiswa pemimpin yang berkarakter Kristus, dan bagaimana mengintegrasikan Iman dan Ilmu dalam berorganisasi. Sedangkan Andre maju dengan mengusung satu tema besar, “Moving Together”. Disini dia mengajak semua elemen yang ada dalam dan di luar kampus untuk bersama-sama demi kemajuan Kota Salatiga.

Diakui mereka, bahwa visi dan misi yang mereka usung terdapat banyak kesamaan. Bedanya adalah, Mey membawanya dengan terperinci, sedangkan Andre hanya secara garis besarnya saja. Ketika di temui Scientiarum secara terpisah, mereka mengatakan, tidak pernah berdiskusi tentang itu semua dan merekapun kaget ketika visi dan misi mereka banyak kesamaannya.

Proses pemilihan

Sidang Paripurna yang di pimpin oleh Parman Pasanje—Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Universitas (BPMU) terpilih—dan Yosua Yoga Wicaksono—Sekretaris Umum BPMU terpilih—ini, dimulai pada pukul 14.15 dan berakhir pada pukul 21.05 WIB. Sidang dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum SMU itu, diawali dengan sidang terbuka yaitu, pemaparan Visi dan Misi dari kedua calon. Kemudian dilanjutkan dengan sidang tertutup–dalam rangka pemilihan Ketua Umum SMU—yang dimulai pada pukul 19.00 WIB.

Sidang tertutup ini memakan waktu cukup lama. Hingga empat tahapan dilalui, barulah akhirnya memperoleh hasil yang diharapkan (ketua SMU terpilih—red). Tahapan pertama dilakukan musyawarah yang menyita waktu 55 menit, namun tidak menemukan hasil untuk di sepakati.

Kemudian sidang dilanjutkan dengan proses lobi selama 10 menit. Pada tahapan lobi pun tidak menemukan hasil yang untuk disepakati bersama. Kemudian forum menyepakati untu lanjut pada tahapan pemungutan suara pada pukul 20.10 WIB.

Dalam tahapan pemungutan suara yang diikuti oleh 46 peserta tetap tersebut, Andre memperoleh 28 suara, Mey 17 suara dan 1 suara dianggap tidak sah. Berdasarkan ketentuan Tata tertib Sidang Paripurna pasal 28 ayat 2, hasil ini belum dianggap sah, karena belum mencapai 2/3 dari total suara pemilih, sehingga forum menyepakati untuk melakukan pemungutan suara putaran kedua dengan suara terbanyak.

Pada tahapan pemungutan suara putaran kedua, Andre memperoleh 30 suara, Mey 15 suara dan 1 suara tidak sah. Dengan hasil tersebut, maka Andre ditetapkan sebagai Ketua Umum SMU periode 2009-2010 dengan suara terbanyak.

Dalam rangka sosialisasi hasil sidang tertutup, maka sidang dilanjutkan dengan sidang terbuka untuk diumumkan kepada peserta undangan sidang paripurna. Selain itu, pada sidang terbuka Ketua Umum terpilih langsung ditetapkan sebagai Ketua Umum SMU dalam bentuk Ketetapan BPMU no.02/TAP/BPMU/UKSW/VIII/2009.

Ada satu komitmen

Sepak terjang Andre dan Mey dalam berorganisasi bisa dibilang sudah cukup lama dan tidak diragukan lagi ketika mereka maju untuk mencalonkan diri dalam pemiliham Ketua Umum SMU.

Mey pernah tergabung dalam anggota Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dibawah Bidang II Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi periode 2007-2008. Mahasiswi angkatan 2006 ini pun kemudian bergabung di Senat Mahasiswa Universitas dan menjabat sebagai ketua Bidang II (profesional skill) pada periode 2008-2009. Tahun ini merupakan tahun ketiga ia tergabung dalam Lembaga Kemahasiswaan (LK).

Ketika ditanya apa alasan sehingga dia tergabung dalam LK, Mey mengatakan bahwa di LK merupakan sebuah tempat untuk melayani dan mengembangkan diri.

Selain itu, mahasiswi kelahiran Kupang 24 juni 1990 ini juga tergabung dalam sebuah LSM Student Community yang bergerak dibidang sosial dan menjabat sebagai ketua bidang Penelitian dan Pengembangan Masyarakat.

Saat menjabat sebagai ketua Ketua Bidang Profesional Skill SMU, Mey juga pernah diutus mewakili UKSW dalam acara Future Leader of Asia Forum 2009 (FLAF 2009)—Forum Pemimpin Masa Depan Asia—di Filipana. (Pertemuan mahasiswa se-Asia-Pasifik yang bertempat di Ateneo de Manila University—Filipina, bersama Kornelius Upa R, Ketua Umum SMU periode 2008-2009—red).

Ketika ditanya pendapatnya tentang Andre, Mey mengatakan bahwa Andre itu sosok anak muda yang tidak cepat menyerah, punya visi yang kuat, lucu dan teman diskusi yang baik.

“Saya optimis dengan kepemimpinannya, saya berharap dia betul-betul mewujudkan visinya, bisa lebih terbuka dan bisa menerima pendapat orang lain” kata Mey.

Sama halnya dengan Mey, tahun ini merupakn tahun ketiga Andre tergabung dalam LK. Mahasiswa angkatan 2006 ini, pernah menjadi anggota Bidang Humanistik Skill pada Senat Mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika (FSM) periode 2007-2008, dan menjadi Ketua Senat Mahasiswa FSM periode 2008-2009. Pria kelahiran Salatiga 29 Maret 1988 ini, juga tergabung dalam Karang Taruna di kecamatan Argomulyo.
“Ada motivasi dalam diri saya, untuk memajukan LK, dan saya terpanggil untuk itu” kata Andre ketika ditanya apa alasan dia tergabung dalam LK. Andre berharap agar semua elemen yang ada bisa membantu dia dalam pencapaian visinya. Dia tidak akan bisa bergerak sendiri tanpa ada dukungan dari teman-teman yang lain, tegasnya.

Andre dan Mey telah saling kenal cukup lama. Dan ketika ditanya apa pendapat Andre tentang Mey, dia menjwab dengan singkat, “ Mey itu baik, berkompeten sekali”. Andre mengatakan bahwa Mey lebih banyak tahu tentang SMU, kerena dia (Mey) telah satu tahun lebih dahulu darinya (Andre).

“Harapan saya pada Mey cukup besar, karena dia lebih banyak tahu dari saya, dan saya membutuhkan orang-orang yang seperti dia” kata Andre.

Jauh sebelum proses pemilihan, Andre dan Mey telah bersepakat bahwa siapapun yang kalah, dia harus berkomitmen untuk tetap tergabung dalam SMU.

Inilah sejarah baru bagi Lembaga kemahasiswaan UKSW, khususnya SMU. Dimana kedua kandidat ketua SMU saling berkomitmen untuk tetap duduk bersama mewakili mahasiswa UKSW di aras Universitas.

Apa yang telah dilakukan Andre dan Mey merupakan satu langkah yang patut dijadikan teladan buat mahasiswa UKSW. Komitmen yang mereka bangun sangat kuat, tidak ada yang saling menjatuhkan. Dan mereka melakukan semua itu dengan motivasi untuk memajukan UKSW.

22 thoughts on “Andre dan Mey, Sejarah Baru SMU”

  1. Theofransus Litaay says:

    Well well kirain BPMU cukup visioner untuk memilih pemimpin perempuan yang berprestasi hebat seperti Mey, ternyata nggak berani. apakah ini wujud male chauvinism?

  2. Ricko says:

    Judulnya asik banget…
    SELAMAT deh UNTUK ANDRE n MEY…

  3. surya says:

    Selamat untuk Andre….
    Ya, saya salut dengan komitmen mereka berdua. Hal semacam ini sudah saya harapkan sejak pertama kali saya bergabung dalam LK, sering kali saya menjumpai teman-teman mahasiswa ketika ada pencalonan sebagai ketua apapun dalam LK (SEMA, BPMF, SMU, BPMU), namun sangat jarang sekali calon yang tidak terpilih untuk mau bergabung bersama dengan calon yang terpilih. Ya ini merupakan salah satu perubahan positif untuk Lembaga Kemahasiswaan ke depan. Semoga budaya yang positif dalam LK akan terus dipertahankan dan dikembangkan, serta hancurkan budaya LK yang negatif. Maju terus LK UKSW.
    Semoga SMU mampu bergerak bersama-sama mengajak semua elemen yang ada dalam dan di luar kampus untuk kemajuan Kota Salatiga, sesuai dengan harapan Ketua SMU 2009-2010.
    SMANGAT…. ^_^

    GBU.

  4. Godfrey Nikijuluw says:

    Impressive moment when I know that both candidates could join and helps each other for UKSW rising a bright future and leadership.
    Hopefully it could be in every single organisation inside of UKSW.
    Special for previously SMU, you did a good job… ^_^
    Keep your hardwork and serve to people and God…
    Jesus Bless UKSW

  5. Rhema alias Rhembolz says:

    ya bersyukur siapapun yang terpilih. tetapi ingat jangan jadi “kacang lupa pada kulitnya”. saya percaya kalian bisa, tetap rendah hati dan setia untuk tetap ibadah senin hehehe. bravo LK UKSW

  6. TL says:

    Ini intermezzo saja: jadi BPMU sudah nggak “one faculty one vote” ya? sudah kembali ke “one person one vote” *Smile* Good-lah. God bless you guys.

  7. Voltaire Talo says:

    SELAMAT MENJADI PEMIMPIN YANG MELAYANI……

  8. Ferry Roen says:

    wah ini proses politik yang bagus. smua stakeholder tetap smangat kembangin lk yah. kedepan pemilihannya langsung dilakukan mahasiswa aja gimana? negara aja selangkah lebih maju dari kampus.

  9. Febri says:

    Selamat buat semua Pimpinan LK yg baru.. selamat melayani mahasiswa..

    Saya ingin komentar sedikit untuk wartawan yg meliput dn editor-nya.

    Apakah benar Andre dan Merly adalah sejarah baru di UKSW? bagaimana dengan periode sebelumnya? apakah benar2 belum ada yang seperti mereka? ini cuma mengingatkan mengenai disiplin verifikasi

    salam
    Febri

  10. andi-dobleh says:

    @Ferry
    bisa2 90%golput…
    LK belum jadi sebuah kebutuhan bagi semua mahasiswa..

  11. rhema says:

    saya pikir setiap ganti periode memiliki sejarah baru
    Titip pesan juga buat LK yg baru, jgn mdh percaya apapun yg dikatakan orang atw siapapun verivikasi dulu. Jadilah LK yg pny idealis UKSW

  12. Kopetsky says:

    @Surya: soal tidak maunya calon yang lain untuk masuk, itu hak mereka…masalahnya visi misinya beda…jadi, sy lebih setuju kalau yang tidak terpilih malah masuk ke lembaga yang sama…sah sah saja…ada yang salah?

  13. Kopetsky says:

    sejarah?? ah, sy rasa sedikit berlebihan…yang lalu lalu gimana, pak? jas merah…

  14. kharina says:

    diterima saja semua yang ada.toh mungkin ini waktunya adanya perubahan besar-besaran

  15. rhema says:

    ah ternyata pemahaman tentang semangat sejarah ditanggapi dengan kacamata sebelah saja. sejarah akan selalu menuju ke arah yang baru, namun tetap dipahami semua sejarah mau yang lalu, sekarang bahkan sejarah yang belum terjadi semua itu berkaitan. pikir saya saudara2 LK 2009-2010 pastinya belajar dari pengalaman senior2nya. mereka pasti tidak menutup mata dengan kenyataan apa yang terjadi sekarang semua berasal dari masa lalu dan akan berakibat pada masa yang akan datang.

  16. G_R says:

    sejarah????????
    mereka dapat dikatakan sejarah jika mereka telah mengukir sejarah tersebut dan menjadi bagian dari sejarah terserbut…………………………….. 1 hal yang sangat penting yang perlu diperhatikan…..rangkulah Lembaga-Lembaga Kemahasiswaan pada aras Fakultas……………ingat kita bukan menjadi seorang BIG BOS…..tapi seorang Pelayan………….Selamat buat andrew & Mei………semoga langgeng………hehehehe…….

  17. Kopetsky says:

    @G_R: hahahaha…langgeng??? bagoooos….ya, menurutku, sejarah itu akan terukir ketika bisa mewujudkan apa yang mereka janjikan. gimana?

  18. surya says:

    @Kopetsky: Tidak ada yang salah. Maaf memangnya saya bilang ada yang salah? Hm… ya memang kembali bahwa itu hak dan pilihan, dan saya hanya berpendapat. Karena pemahaman saya untuk menjadi pemimpin yang melayani ya dasarnya melayani (dimanapun dan bagaimanapun nantinya). Ketika mencalonkan diri menjadi seorang pemimpin (ketua) dengan harapan yang membangun UKSW (sesuai visi-misi UKSW) ya walaupun berbeda visi-misi pribadi tetapi memiliki tujuan positif yang sama untuk kemajuan UKSW mengapa tidak untuk berjalan bersama. Ya penekanannya adalah di kemampuan membawa perubahan yang positif (demi kemajuan UKSW) tersebut dimanapun dia berada, alasannya karena dengan membawa visi-misi pribadi dalam organisasi yang hendak dituju berarti (minimal) siap untuk membawa perubahan (yang idealnya sama yakni demi “melayani mahasiswa” dan untuk kemajuan UKSW), lain halnya kalau tujuan utamanya ketika mencalonkan diri tidak untuk kemajuan UKSW. Ya itu memang kembali ke individu masing-masing sich… kan hidup itu pilihan…. ^_^
    Trims. Tuhan Memberkati.

  19. rhema says:

    simpel saja mereka sudah menjadi sejarah saat menjadi ketua ataupun fungsionaris Lk
    Saat mereka mampu mencapai apa yg mrk cita2kan mereka akan mencetak sejarah baru yg berkaitan dgn sejarah yg telah mereka lakukan sebelumnya. Simpelkan? Hehehe saya juga membuat sejarah dgn telah menulis di blog ini
    Saya rasa mari kita dukung mereka2 ini atau kalau mau ikut mencetak sejarah mari terlibat bersama mereka. Marilah kita saling melengkapi sperti dongeng kambing dan kelinci. Dan juga supaya UKSW ini mencetak sejarah yg akan mengawali kembali masa keemasan UKSW

  20. CL says:

    @Ferry
    bisa2 90%golput…
    LK belum jadi sebuah kebutuhan bagi semua mahasiswa..

  21. dominggus says:

    HAHAHA…….Surya n Rhema….
    FOR RHEMA: kalo dalam Alkitab Perjanjian Lama, kmu it seperti Nabi HABAKUK(Artinx Allah Memeluk). seorang yang dikenal sebgai “Nabi Perenung”. ia melihat dan merefleksikan setiap hal, dan setiap detik yang dialami oleh bangsa Israel. Mengapa bangsa Asyur yang moralitasnya jauh lebih buruk dari Israel justru dipakai Tuhan untuk menegur bangsa yang dikasihiNya. “Melihat Sejarah” dan “Mereflekikannya”. “Ziarah Iman”, itulah yang dilakuakn oleh Habakuk, dan akhirnya ia menemukan bahwa “Semuanya Itu Baik, Allah it baik”.
    FOR SURYA: nah, kalo kamu seperti seorang nabi besar YEREMIA, ia yang biasa disebut sebagai “Nabi Bait Allah”. ia bertugas untuk melakukan evaluasi dan kritik terhadap pemuka-pemuka Agama Yahudi, para Imam dan Orang-orang Farisi yang mungkin cenderung melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan tugas dan panggilannya. tidak ada yang salah dengan pendapat kalian berdua….semua melihat LK dari sisi yang berbeda dan saya pikir saling melengkapi…..
    Satu Hal yang saya suka dari kalian Berdua……
    KALIAN MEMILIKI SIFAT KENABIAN…..HAHAHAHAHA
    GBUs

  22. Rosalina T. Engkang says:

    Puji Tuhan… periode 2009/2010 sudah berlalu..tetapi kenangan, pengalaman, proses sehingga bisa sampai di ujung periode merupakan perjalanan yang penuh makna. Tetap berkarya. dan Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *