Debat Tahunan EDS Soal Facebook

Browse By

{Foto oleh: Andika Windiyanto}

EDS (English Debating Society), kelompok debat Bahasa Inggris UKSW, mengadakan acara “Debate Exhibition” pada Rabu, tanggal 21 Oktober 2009 di ruang F 309 UKSW. Ini merupakan acara tahunan dan kali ini mengambil tema, “Facebook : A True Social Life or Only A Media of Social Isolation,” dengan motion (hal yang didebatkan) “This House Believes that Facebook helps you improve you social life.”

Acara tersebut terbuka untuk umum dan dihadiri sekitar 100 orang, termasuk siswa undangan dari beberapa Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Salatiga, di antaranya adalah siswa-siswi SMA Kristen Satya Wacana Salatiga, SMA Negeri 1 Salatiga, SMK Negeri 1 Salatiga, dan SMA Kristen 1 Salatiga.

Tim debat dibagi menjadi dua yaitu affirmative team, tim yang setuju dengan motion dan negative team, tim yang tidak setuju dengan motion. Masing-masing tim tersebut beranggotakan 3 orang.

Affirmative team berpendapat bahwa dari facebook, seseorang bisa mendapat banyak teman, bahkan pacar. Namun, negative team berpendapat bahwa facebook hanyalah alat dari teknologi, jadi kebenaran dalam facebook masih perlu dipetanyakan.

Pada akhir acara Yosafat Arif Setiadi, selaku MC mengatakan, ”Debat ini berbeda dengan debat kusir alias debat ‘ngeyel-ngeyelan.’

“Kalau di debat ini, kita harus mengeluarkan statement disertai dengan penjelasan yang logis,” tegas mahasiswa FBS angkatan 2006 ini.

Selain itu, menurut ketua panitia Dwitiya Ari Nugrahaeni, “Debate exhibition ini memang digelar untuk memperkenalkan EDS, sekaligus rekrutment anggota. Jadi, EDS membuka pendaftaran kepada semua mahasiswa yang berminat untuk belajar cara berdebat dan juga belajar bahasa inggris tentunya.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *