Dies Natalis UKSW: Pengobatan Gratis

Browse By

“Kepala saya pusing-pusing, perut mulas, dan badan linu-linu,” keluh Salim Sumardono, salah seorang pasien pengobatan gratis yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis UKSW ke 53 di Desa Rembes, Kelurahan Watu Agung, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, pada Sabtu, 7 November 2009.

Perawat Poliklinik UKSW memeriksa tensi darah pasien. {Foto oleh Filipus Tian}

Perawat Poliklinik UKSW memeriksa tensi darah pasien. {Foto oleh Filipus Tian}

“Saya merasa sangat terbantu dengan diadakannya pengobatan ini. Di desa ini, sangat jarang sekali Puskesmas, ada pun itu jauh dari sini, adanya di kelurahan-kelurahan. Harapan saya ya, pengobatan ini terus berlanjut, tidak hanya sekali-sekali” ujar Salim.

Pengobatan gratis ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis UKSW, yang dilaksanakan atas kerja sama panitia Dies Natalis dengan Polikinik UKSW, serta beberapa mahasiswa fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UKSW.

“Kami memilih desa ini karena desa ini dekat dengan Salatiga, namun desa ini susah dijangkau karena tidak ada angkutan umum jurusan sini,” ungkap Rini Darmasuti, koordinator panitia Dies Natalis untuk pengabdian masyarakat.

Kegiatan ini dijadwalkan hingga pukul 12.00 WIB. “Namun, karena banyak warga yang masih ingin berobat, ya masih tetap kami layani. Bahkan obat-obat yang sudah dirapikan dan dimasukkan ke dalam ambulan, kami keluarkan kembali, ada sekitar 200 orang lebih yang datang berobat kesini,” tambah Rini.

Dr. Sylvie C. Leuwol, dokter umum di Poliklinik UKSW mengatakan, “Pengobatan ini berlaku untuk semua orang dan semua umur. Rata-rata warga yang datang menderita penyakit yang sama, seperti batuk, pilek, linu-linu, sakit gigi, dan sebagainya.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *