Diksar Teater Tilar

Browse By

Kampus UKSW kemasukan orang “gila”, mungkin itu kesimpulan beberapa mahasiswa yang lalu lalang di kampus siang itu, 11 November pukul 12.00 WIB. Empat orang yang berpakaian kumel tersebut terlihat asyik sendiri dan berada di beberapa tempat di dalam kampus.

Mereka sebenarnya adalah mahasiswa yang sedang menyamar guna mengikuti pendidikan dasar (Diksar) anggota baru Teater Tilar. Tatapan yang kosong, asyik bermain sendiri, nampak tanpa rasa malu menggodai mahasiswa yang lewat dihadapannya, sedangkan mahasiswa yang digodai terlihat berlarian karena takut. Namun adapula mahasiswa yang malah menggodai mereka dengan memberikan permen, dan lain sebagainya.

Peserta pendidikan dasar teater tilar (kiri) yang diganggu salah satu mahasiswa (kanan). {Foto oleh Lidya Annisa W}

Peserta pendidikan dasar teater tilar (kiri) yang diganggu salah satu mahasiswa (kanan). {Foto oleh Lidya Annisa W}

Teater Tilar merupakan salah satu kegiatan bakat minat yang ada di Fakultas Ekonomi (FE) UKSW.

Deinta Putri Nastiti mahasiswi Fakultas Teknologi Informasi (FTI) angkatan 2009 contohnya, Ia merupakan salah satu mahasiswi yang mengikuti Diksar dengan berperan sebagai artis yang gagal karena kurang tinggi postur tubuhnya.

Dalam perannya, Ia menggunakan sepatu high heels (hak tinggi), selendang hitam, baju dan rok dengan motif yang tabrakan (tidak serasi) dan mengenakan make-up terang yang menor. Dalam perannya tersebut, Ia menunjukan wajah sedih, bahkan terkadang tertawa sendiri sehingga mengundang perhatian banyak orang yang berada di sekitar Balairung Universitas.

Ketika ditanya usai Diksar, Ia mengatakan bahwa pada awalnya Ia merasa grogi dengan keramaian mahasiswa yang berkerumun. Tapi setelah beberapa saat berperan sebagai orang gila, dia merasa biasa bahkan ingin melakukannya lagi.

Diksar ini diperuntukkan bagi para calon anggota baru dan tujuan agar para anggota baru mempunyai modal sebelum mereka benar-benar terdaftar sebagai anggota Teater Tilar. Selain itu diharapkan nantinya mereka dapat menjiwai berbagai karakter yang dimainkan saat pentas.

”Rencananya Diksar ini akan dilaksanakan selama dua minggu yaitu sejak Senin 9 November, dan sejauh ini sudah ada 43 orang yang mendaftar sebagai anggota baru,” ujar Ferinela Purbo Laksono, sekretaris Teater Tilar.

”..Rencananya akan diadakan di luar kampus juga, yaitu di Kopeng, tiga minggu mendatang. Dengan tujuan untuk memeperkenalkan berbagai aspek dari teater, seperti make-up, gerak dan beberapa aspek lain dari teater,” imbuhnya.

4 thoughts on “Diksar Teater Tilar”

  1. eka says:

    Semangat buat Teater TiLaR

  2. Ricko says:

    Memang gila…

  3. wlan says:

    wah ,..keren kalo mau daftar gmana ya?
    kasih informasinya…

  4. STR says:

    @ wlan: Wulan mahasiswi Fakultas Psikologi ya? Untuk info lebih lanjut tentang Teater Tilar, silakan datang ke ruang F308 atau kontak alamat email yang tertera di group Facebook ini: http://www.facebook.com/group.php?gid=119460064247

    Selamat mendaftar. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *