Law Abiding Citizen

Browse By

Director: F. Gary Gray
Cast: Gerard Butler, Jamie Foxx, Colm Meaney, Bruce McGill
Genre: drama, crime, thriller
Rating MMPA: R for strong bloody brutal violence and torture

{Sumber: Internet Movie Database}Gerard Butler sepertinya lagi laris manis, pemeran utama dalam ”300” ini sedang terlibat dalam beberapa film. Selain “Gamer”,”The Ugly Truth”, dan “Law Abiding Citizen”, di tahun 2010 Butler terlibat dalam 4 film. Sedangkan Jamie Foxx sendiri masih terbilang biasa saja, Foxx hanya terlibat dalam film “The Soloist” dan “Law Abiding Citizen” tahun ini dan 2 film di 2010. Mungkin ini alasan F. Gary Gray untuk menduetkan Foxx dengan Butler, sutradara yang juga ahli sebagai sutradara musik ini pernah suskes dalam film “The Negotiator” dan “The Italian Job”. Jadi film harus menjadi agenda film yang harus ditonton.

Clyde Shelton (Butler) adalah seorang planner yang jenius sekaligus penemu. Shelton menjadi korban sebuah perampokan yang menewaskan istri dan anaknya. Sang pembunuh tertangkap kemudian diadili, Nick Rice (Foxx) sendiri ditugaskan untuk menjadi jaksa penuntut. Dengan tujuan memberantas kriminal di kota Philadelphia, sang pembunuh dijanjikan akan mendapat hukuman yang ringan asalkan mau bekerja sama untuk menangkap pembunuh lainnya. Shelton sendiri tidak rela atas perjanjian ini, sayangnya dia tidak bisa berbuat apa-apa karena sistem memang berjalan seperi itu.

10 tahun kemudian sang pembunuh yang telah bebas ditemukan tewas terbunuh dan diketahui pembunuhnya adalah Shelton, dia pun mengakui telah membunuhnya. Pada sidang kasus tersebut juga, Nick menjadi jaksa penuntut yang diharuskan memberatkan Shelton. Selama Shelton dalam penjara, Shelton memperingatkan Nick untuk memperbaiki sistem keadilan yang ada atau satu persatu orang yang terlibat dalam kasus 10 tahun lalu tewas. Ternyata ancaman Shelton menjadi kenyataan, jeruji besi tidak menjadi penghalang bagi Shelton membunuh orang-orang yang terlibat, satu persatu orang ditemukan tewas dan kota Philadelphia pun dilanda teror, bagaimana bisa seorang yang dalam penjara dapat melakukan pembunuhan? Bagaimana pula Nick yang harus segera memecahkan kasus ini sebelum keluarganya menjadi korban berikutnya.

Ide cerita aspek hukum sudah bukan hal yang baru, politik institusi, korupsi, dan rentannya kekuatan hukum sudah sering menjadi ide cerita yang diangkat ke dalam sebuah film. Ide cerita seperti ini memang tidak membuat bosan para penikmat film, terutama di Indonesia yang mungkin jenuh karena beberapa bulan lalu disuguhkan film-film horor, apalagi ide cerita seperti ini mungkin belum pernah ada di Indonesia.

Film ini bisa mejadi tumpahan kepuasan anda ketika penasaran bahkan bosan mendengar kasus pembunuhan yang melibatkan salah satu orang penting di negeri ini, atau berita perseteruan dua lembaga penting yang membuat semua orang bertanya-tanya. Memang film ini tidak sama persis dengan kasus-kasus tersebut, tapi setidaknya akan memberikan anda sedikit pemahaman tentang rumitnya sebuah institusi dan konsistensi hukum. Jika anda memperhatikan poster film ini ada quotes yang menarik “The System Must Pay” dan “Justice At Any Cost”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *