FBS Adakan Seminar dan Pelatihan KTSP

Browse By

{Foto oleh Lidya Annisa Widyastuti}

{Foto oleh Lidya Annisa Widyastuti}

Seiring perkembangan zaman dan perubahan pola pikir manusia, Pemerintah Indonesia telah melakukan perubahan berulang kali terhadap kurikulum pendidikan. Dari kurikulum 1994 menjadi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), kemudian berubah lagi menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Berbeda dengan KBK yang merupakan sebuah kurikulum dimana sekolah-sekolah harus mengadopsi dasar-dasar, silabus dan cara pengajaran dari pemerintah pusat, KTSP adalah kurikulum yang mengharuskan sekolah-sekolah dapat menyusun kurikulumnya sendiri dengan standar-standar yang telah ditentukan.

Seminar dan pelatihan yang diadakan Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) di Balairung Universitas, Selasa, 16 Februari 2010 bertujuan untuk membekali para mahasiswa agar lebih memahami KTSP. Seminar dan pelatihan ini merupakan seminar wajib untuk beberapa matakuliah sebelum mengambil Program Pengenalan Lapangan (PPL).

Usai sambutan Dekan FBS Hendro Setiawan Husodo MA, seminar dimulai dengan pengenalan KTSP pada tingkat satuan pendidikan, mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, hingga sekolah menengah. Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut adalah pengajar di Universitas Semarang, Dwi Anggani Linggarbarati dan Pelaksana Jabatan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta IKIP PGRI Semarang Suwandi. Victori Usada Palupi, dosen FBS sekaligus koordinator acara mengatakan, “Ini semacam kuliah bersama antara pengajar dan mahasiswa, karena kami juga masih belum terlalu memahami bagaimana sebenarnya KTSP itu.” Pelatihan dimulai pukul 13.00 dengan mengajak mahasiswa untuk membuat silabus, standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD) dan rancangan pembelajaran (lesson plan).

Komentar mahasiswa

“Seminar ini cukup membantu dalam kami mengetahui dasar-dasar KTSP. Mungkin setiap semester harus diadakan seminar seperti ini walaupun hanya di kelas-kelas kecil agar kami lebih mengetahui perkembangan kurikulum yang ada,” ujar Cindy, mahasiswa FBS angkatan 2007.

Reizha O Tobing, mahasiswi FBS angkatan 2008 berpendapat, “Karena kami belum tahu bagaimana itu cumadev, micro teaching, ataupun PPL, jadi saya pribadi belum terlalu mengerti bagaimana menyusun KD, SK, lesson plan dan sebagainya.”

One thought on “FBS Adakan Seminar dan Pelatihan KTSP”

  1. winny rakhmawathy says:

    tolong bila ada seminar2 seperti ini lagi……
    tolong kabari saya, saya berminata hadir…
    terimakasih

    rasta_s37@yahoo.com
    021 94698273

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *