Kompetisi Band di Puncak Acara World of IT 2010

Browse By

Aksi Panggung salah satu band peserta dalam puncak acara World of IT, kompetisi grup band, dihadapan tim juri lomba. {foto oleh: James A. L. Filemon}

Aksi panggung salah satu band peserta di hadapan tim juri dalam puncak acara World of IT. {foto oleh: James A. L. Filemon}

Senat Mahasiswa (SM) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) menggelar berbagai kegiatan terangkai dalam World of IT 2010, tanggal 8 hingga 13 Maret 2010. Kegiatan-kegiatan itu antara lain, workshop film, lomba melukis mural (grafiti), seminar dan workshop XNA, lomba karikatur, lomba permainan dalam jaringan (games online), lomba fotografi, seminar dan workshop Oracle, kompetisi grup band serta bazar.

Puncak acara World of IT 2010 digelar pada Sabtu, 13 Maret 2010 di Balairung Universitas. Acara tersebut dimeriahkan oleh peserta kompetisi grup band yang terdiri atas band pelajar SMA, mahasiswa dan umum. Dalam acara tersebut, diumumkan juga para pemenang, sekaligus penyerahan hadiah kepada pemenang masing-masing perlombaan yang telah diselenggarakan sebelumnya.

Kompetisi grup band dimulai pukul 09.15 hingga 17.00. Ada 19 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Setiap peserta membawakan satu lagu wajib, yaitu lagu daerah yang diaransemen ulang oleh setiap peserta, serta satu lagu pilihan.

Pilihan lagu daerah sebagai lagu wajib antara lain Cublak-cublak Suweng (Jawa Timur), Yamko Rambe Yamko (Papua), Lir-ilir (Jawa Tengah), Jali-jali (DKI Jakarta), Butet (Sumatera Utara), Kampuang nan Jauh di Mato (Sumatera Barat), Ampar-ampar Pisang (Kalimantan Selatan), dan Sigulempong (Sumut).

“Lomba band ini merupakan rangkaian kegiatan dari acara World of IT. World of IT sendiri termasuk dalam kegiatan terstruktur SM FTI. Untuk pesertanya sendiri, tidak tertutup dari kalangan mahasiswa UKSW saja tapi juga terbuka untuk umum. Ada 2 orang juri yang menilai dalam lomba band ini, yaitu Yudi Novrian yang juga merupakan salah satu dosen Fakultas Seni Pertunjukan UKSW, dan Erick Setiawan yang merupakan pemilik dari JB Studio,” jelas Andreas Victor selaku koordinator acara.

Grup band yang berhak menjadi pemenang harus bisa memenuhi kriteria penilaian juri, seperti keserasian syair dan lirik, intonasi, gaya (style), penampilan (performance), penghayatan, dan ketepatan waktu.

Masing-masing peserta tampil membawakan 2 buah lagu dengan gaya dan ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah band yang menamai dirinya Bubble’s. Datang dari Magelang, dan sukses menghibur penonton dengan lagu Kopi Dangdut, serta lagu wajib Cublak-cublak Suweng. Penampilan yang menghibur disambut dengan antusias sehingga para penonton terpancing untuk bergoyang mengikuti alunan lagu yang mereka bawakan.

Sebelum diumumkannya para juara, penonton dihibur oleh After Twenty, grup band asal Semarang yang membawakan 4 lagu.

Saat yang dinanti-nanti pun tiba. Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada masing-masing pemenang kompetisi grup band. Panitia mengumumkan para pemenang dalam kompetisi grup band tersebut. Sebagai juara pertama adalah Cap Elang Band yang berhak mendapatkan uang tunai Rp 500.000. Juara kedua adalah Bubble’s Band, dengan hadiah senilai Rp 300.000. Dan juara ketiga adalah Deru Band yang mendapatkan uang tunai senilai Rp 200.000. Selain uang tunai, para pemenang juga memperoleh tropi dan piagam penghargaan.

One thought on “Kompetisi Band di Puncak Acara World of IT 2010”

  1. Pingback: Puncak Acara World of IT | Scientiarum
  2. Trackback: Puncak Acara World of IT | Scientiarum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *