FBS Promosi Diri Lewat ECD dan Open House

Browse By

Pada 15-16 April yang lalu, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) menyelenggarakan dua acara sekaligus, yakni ECD (English Competition Day) dan Open House.

ECD

ECD adalah lomba bahasa Inggris untuk para siswa SMA. Lomba ini mencakup empat kategori: debat, story-telling, news-casting, dan drama. Program tahunan FBS ini diikuti oleh siswa-siswa SMA dari seluruh Jawa Tengah dan DIY, bertempat di sekitar Gedung F. Kategori news-casting mengambil tempat di Gedung G, sedangkan drama di Balairung Universitas. Berbeda dengan yang sebelumnya, ECD kali ini dilaksanakan dalam satu kepanitiaan dengan LoVED (Loading Via English Days) dan Talent Night.

Hari pertama adalah babak penyisihan untuk semua peserta, sedangkan hari kedua diisi babak final perebutan juara 1, 2, dan 3 untuk semua kategori. Adapun tema yang dipakai oleh ECD tahun ini adalah “Harmony in Diversity”, tema yang sama dengan LoVED dan Talent Night. Juri lomba adalah dosen-dosen FBS dan seorang dosen PP (Program Profesional) untuk ketegori lomba news-casting. Khusus untuk lomba debat, juri berasal dari kelompok bakat minat (KBM) debat FBS UKSW dan Universitas Negeri Semarang.

Open House

Selain berbarengan dengan LoVED, tahun ini ECD juga digelar bersama dengan kegiatan Open House yang bertujuan mempromosikan FBS kepada siswa-siswi SMA, khususnya di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Di sela-sela ECD, para siswa SMA peserta ECD diajak mengikuti kegiatan Open House di lantai 5 Gedung F dengan pemandu yang telah disiapkan panitia untuk berkeliling di sekitar Gedung F. Open House kali ini menampilkan stan-stan dari KBM Senat Mahasiswa FBS dan pameran hasil karya akademik mahasiswa FBS seperti poster, collage, dan jurnal-jurnal.

Hari pertama diisi kelas simulasi speaking sebagai pengenalan situasi kelas pada pengunjung Open House. “Para siswanya antusias sekali saat mengikuti kelas simulasi, bahkan lebih antusias dan aktif daripada mahasiswa FBS sendiri,” ungkap Marcellina, salah satu panitia Open House. Di hari kedua, pengunjung disuguhi pemutaran video drama A Midsummer Night’s Dream. Ada pula photo corner, dimana para pengunjung bisa berfoto mengenakan kostum drama yang pernah dipentaskan oleh FBS.

Anne Indrayanti Timotius, koordinator Open House, berharap agar acara ini bisa berlangsung kembali tahun depan dengan persiapan yang lebih matang. “Sebab para pengunjung terlihat antusias dan sangat tertarik dengan Open House ini, apalagi dengan stan photo corner dan simulasi kelas speaking,” ungkapnya. Koordinator acara ECD juga mengungkapkan hal serupa mengenai antusiasme peserta ECD. “Respon para peserta ECD sangat luar biasa, itu terlihat dari lembar evaluasi yang telah mereka isi,” kata Yuandhita Ardhianti, koordinator ECD.

Pemenang lomba ECD diumumkan di acara Talent Night. Para siswa SMA yang menjadi finalis dapat turut menyaksikan Talent Night, acara tahunan FBS yang terbesar.

One thought on “FBS Promosi Diri Lewat ECD dan Open House”

  1. rennypebrica says:

    acara yang menarik.
    smoga dapat terus merlanjut untuk tahun-tahun berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *