Penyimpangan Moral: Seks Bebas

Browse By

Pada Selasa, 11 Mei 2010 diselenggarakan Seminar Nasional yang bertema “Budaya Penyimpangan Moralitas (Free Sex, Narkoba, dan Aborsi)”. Acara ini dimulai pukul 09.00 di Balairung Universitas. Seminar ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Gebyar Budaya Indonesia (GBI) 2010 yang diadakan dalam sepekan. Seminar yang dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa UKSW dan beberapa peserta luar ini menyajikan materi yang lengkap dalam pembahasan seks bebas, narkoba, dan aborsi dari beberapa sudut pandang, yaitu sudut pandang kesehatan, sosial, dan budaya.

Pemilihan tema tersebut dalam acara GBI 2010, karena melihat moralitas bangsa Indonesia yang sudah menyimpang dan membudaya. “Masyarakat hanya melihat masalah free sex (seks bebas), narkoba, dan aborsi dari sudut pandang kesehatan. Padahal masalah yang tak lagi menjadi rahasia umum ini terus berkembang, dan jika kita sadari itu sebenarnya sudah menjadi suatu budaya,” ungkap Inri A Wonok selaku ketua panitia.

Sebagai pembicara yaitu dari segi kesehatan dr Lucky Handaryaki SpKK, konsuler seks dan aborsi di kalangan remaja, dari segi sosial Febriyanti Putri Katulistiwa SH, perwakilan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Yogyakarta, serta dari segi budaya oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi UKSW Pamerdi Giri Wiloso PhD.

Inri memaparkan harapan yang ingin dicapai dalam seminar ini, yaitu membangunkan dan menyadarkan mahasiswa akan seks bebas, narkoba, dan aborsi yang telah membudaya di sekitar mereka. Serta merekomendasikan ke rektorat agar ada tindak lanjut untuk mahasiswa dengan sebuah tindakan yang nyata. “Kita hanya bisa menunjukkan kenyataan yang ada di masyarakat dan mahasiswa pada khususnya melalui seminar ini. Kami harap untuk selanjutnya rektorat dapat memberi solusi yang lebih tepat untuk membantu mahasiswanya akan budaya free sex, narkoba, dan aborsi.”

2 thoughts on “Penyimpangan Moral: Seks Bebas”

  1. petrus wijayanto says:

    Kami harap untuk selanjutnya rektorat dapat memberi solusi yang lebih tepat untuk membantu mahasiswanya akan budaya free sex, narkoba, dan aborsi.”

    apakah FREE SEX, narkoba dan aborsi memang sudah menjadi BUDAYA?

  2. rennypebrica says:

    tema seminar yang sangat menarik. smoga dapat diterapkan ditengah pergaulan mahasiswa saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *