Satya Wacana Job Fair XIII

Browse By

Satya Wacana Job Fair (SWJF) XIII merupakan sebuah agenda Satya Wacana Career Center dan Alumni (SWCA) yang rutin dilaksanakan tiga kali setiap tahun menjelang upacara wisuda. SWJF pada 25-26 Juni 2010 kali ini dimeriahkan oleh 50 perusahaan dalam berbagai bidang.

Tujuan program kerja SWCA ini membantu memudahkan lulusan UKSW khususnya dan masyarakat Jawa Tengah pada umumnya untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu juga bertujuan mempertemukan perusahaan dengan para pencari kerjanya.

Menurut Harrie Siswanto, Ketua Penyelenggara SWJF XIII sekaligus Kepala SWCA, perusahaan yang telah lolos seleksi oleh tim SWCA adalah perusahaan yang memiliki kejelasan keberadaannya, go public, memiliki website, dan company profile yang bekerjasama rutin dengan UKSW dan juga mempunyai minat terhadap lulusan UKSW, “Yang penting perusahaannya jelas, karena saya tidak mau menjerumuskan lulusan UKSW dan pencari kerja ke tempat yang tidak tepat,” tambah Harrie.

Saat ditanyai tentang persiapan penyelenggaraan SWJF XIII, Harrie menjelaskan tidak ada masalah yang vital karena sudah rutin dilakukan. “Hanya evaluasi secara rutin akan terus dilakukan seperti dalam hal format pelayanan, sehingga semua perusahaan bisa mendapatkan ruang tes, jadwal tes perusahaan besar tidak berbenturan sehingga pelamar kerja memiliki kesempatan untuk mengikuti tesnya pula”.

Hari kedua SWJF XIII masih terlihat ramai dikunjungi oleh pelamar kerja. Tiket seharga Rp10.000,00/hari untuk alumni UKSW dan Rp20.000,00/hari untuk non-UKSW sudah terjual kurang lebih 660 tiket. Namun meski publikasi SWJF XsIII telah dilakukan secara maksimal melalui Buletin Senin, website, spanduk dan sebagainya, tampak kebanyakan peserta datang dari non-alumni UKSW. “Kenapa antusias dari alumni UKSW malah minim sekali, padahal kami berusaha memfasilitasi dan mempermudah mereka mencari kerja, kok orang dalam malah tidak tertarik” heran Harrie.

Beberapa peserta non-alumni UKSW berkomentar job fair ini membantu mereka, apalagi perusahaan yang ada memang perusahaan berkualitas. Seperti Imam, alumni Fakultas Biologi UGM yang baru pertama kali mengikuti SWJF, ”Tahu info job fair ini dari teman dan internet. Akhirnya pengin nyoba dan ternyata overall kegiatan job fair ini bagus, dari sisi pelayanan panitia, ataupun perusahaan yang ada. Sebagus di tempat lain”.

Sementara tanggapan dari alumni UKSW sendiri pun tidak jauh berbeda. Vhega Modo dari Fakultas Ekonomi Akuntansi mengatakan, “Kegiatan ini baik. Sangat membantu buat kita-kita yang lagi cari kerja, fasilitas tempatnya juga bagus. Hanya sangat disayangkan keterlambatan book vacancy-nya, membuat saya dan teman-teman harus mencari info vacancy itu lewat papan yang dipasang di depan BU”.

Melalui job fair ini, perusahaan yang mengikuti SWJF dapat menjaring dan menyeleksi langsung pelamar kerja dengan tepat karena kualifikasi yang disyaratkan telah diinformasikan kepada pencari kerja jauh hari sebelum hari pelaksanaan SWJF sehingga bagi pelamar kerja juga mempersiapkan dirinya.

Miranti dari perusahaan Star Cosmos yang telah tiga kali mengikuti SWJF, mengaku format dan kemasan kegiatannya cukup baik. “Kami melihat kualitas jebolan UKSW yang bekerja di tempat kami cukup baik, makanya kami ikut job fair di sini juga”.

Tidak jauh berbeda, PT. Ultrajaya yang baru pertama kali mengikuti SWJF dan memesan stand yang tergolong ekslusif menyatakan, “Kegiatan ini luar biasa dari segi panitia, penataan ruang dan komunikasi yang sangat intens oleh tim SWCA. Beberapa lulusan UKSW juga bekerja di Ultrajaya dan mereka bagus. Namun tidak hanya karena itu kami mengikuti SWJF ini, alasan yang lebih tepat karena ingin menjaring pekerja dari berbagai daerah, kebudayaan dan perguruan tinggi”.

Namun lain halnya dengan PT. Santi Yoga yang telah mengikuti dua kali SWJF berpendapat, “Meski format acara SWJF ini menarik, namun job fair kali ini tidak menepati waktu dan sepi. Terlebih yang mendaftar di tempat kami. Sangat sedikit yang memenuhi kualifikasi kami, yaitu sarjana ekonomi, padahal kuantitas mahasiswa ekonomi di UKSW terbilang banyak.” Mereka menduga hal tersebut dikarenakan kurang promosi dari pihak panitia penyelenggara.

Rencananya SWJF akan kembali digelar pada bulan Oktober 2010 dengan harapan lebih banyak lagi alumni UKSW yang mengikuti kegiatan ini.

One thought on “Satya Wacana Job Fair XIII”

  1. EMANUEL MARESYEMBUN says:

    mohon di kirim via email saya sekarang nama lulusan fakultas ekonomi universitas cipta wacana tahun 2010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *