Kampung Buku Murah Salatiga 2010: Baca Buku Beramal Pula

Browse By

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Salatiga, Bambang Pamulardi membuka secara simbolis acara Kampung Buku Murah Salatiga 2010 {foto oleh Filipus Septian}

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Salatiga, Bambang Pamulardi membuka secara simbolis acara Kampung Buku Murah Salatiga 2010 {Foto oleh Filipus Septian}

“ Dari buku, kita bisa mengetahui segala sesuatu tentang dunia ini.” Demikian disampaikan Bambang Pamulardi, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Salatiga. Kata-kata tersebut diungkapkan Bambang saat menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan Kampung Buku Murah Salatiga 2010, pada Kamis (29/7).

Acara Kampung Buku Murah merupakan acara tahunan yang di selenggarakan Buka Buku Production. Selain di Salatiga, acara serupa juga dilaksanakan di Solo, Yogyakarta, Ungaran, dan kota lainnya. Di Salatiga sendiri, acara ini merupakan acara yang ketiga kalinya diselenggarakan.

Menurut Bambang, acara yang seperti ini sangat bermanfaat bagi kemajuan intelektualitas anak bangsa, dan sangat diharapkan agar acara ini dapat berlangsung dihari mendatang. Setelah menyampaikan sambutannya, Bambang membuka acara ini secara simbolis dengan memecahkan kendi.

Kampung Buku Murah adalah suatu acara yang dikemas begitu rupa, sehingga merangsang orang untuk membaca. Acara ini berlangsung selama seminggu, dari tanggal 29 Juli sampai 4 Agustus 2010 di Gadung Pertemuan Daerah, Kota Salatiga.

Berbagai macam acara dilaksanakan disini, diantaranya Pameran Buku, Talk Show, Bedah Buku, Lomba Karaoke, Lomba Tumpengan, Festival Band, Lomba Mewarnai untuk anak-anak TK, dan masih banyak acara lainnya.

“ Kurang lebih sekitar 200 penerbit dari berbagai kota turut memeriahkan acara ini,” kata Asep Ridwan, koordinator event DIY-Jateng. Menurut Asep, penerbit-penerbit yang ikut serta dalam pameran buku kali ini, berasal dari Surabanya, Yogyakarta, Jakarta, Solo, dan Bandung.

Banyak fasilitas yang didapat ketika mengunjungi acara ini. Mulai dari Free Hot-Spot Area, sampai mendapat hadiah handphone gratis yang dibagi setiap harinya. Selain itu juga, Buka Buku Production bekerja sama dengan Kantor Lingkungan Hidup Kota Salatiga, setiap harinya pengunjung dibagikan bibit (anakan) pohon yang telah disediakan, antara lain anakan mangga, rambutan, jambu dan durian.

Tak ada salahnya jika mengunjungi acara ini, disamping buku-buku yang disediakan sangat terjangkau, banyak hadiah, kita juga bisa menjaga hijaunya Salatiga dengan menanam pohon. Hitung-hitung kita telah beramal juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *