Kebahagiaan yang Menipu

Browse By

Judul: The Truman Show
Sutradara: Peter Weir
Pemain: Jim Carrey, Laura Linney, Natascha McElhone
Genre: Drama

Bagi Anda yang tidak suka dengan acara televisi reality show, yang membuat masyarakat Indonesia tampak bodoh, tetapi selalu saja mendapat rating TV show tinggi dan terus-menerus diproduksi, sepertinya film ini wajib Anda tonton.

Truman Burbank (Jim Carrey) adalah seorang manusia biasa yang mempunyai pekerjaan yang baik, istrinya Meryl Burbank (Laura Linney) yang cantik, dan keluarga yang ramah. Hampir setiap hari di hidupnya, dia melakukan rutinitas yang cukup baik.

Truman hidup di kota yang disebut Seahaven, sebuah kota di pinggir laut yang sengaja dibuat oleh seorang sutradara. Kota ini berada di dalam sebuah kubah raksasa yang dihiasi simulasi berteknologi tinggi. Matahari, bulan, langit, hujan, angin adalah hasil dari efek khusus, semua orang yang berada di Seahaven adalah artis, kecuali Truman. Yah, Truman tidak sadar bahwa dia berada di sebuah studio raksasa. Semua kegiatan yang dia lakukan selama 24 jam nonstop disiarkan di televisi. 5.000 kamera tersembunyi ditempatkan di sekitar Truman untuk merekam kehidupannya. Truman adalah pemeran utama, tetapi tidak sadar. Ini adalah reality show 24 jam!

Kehidupannya terus direkam, sejak dia lahir, langkah pertama dia berjalan, dan yang paling seru untuk pemirsa televisi adalah kehidupan percintaanya. Bagaimana sebenarnya dia jatuh cinta kepada Sylvia (Natascha McElhone) sejak di sekolahnya. Sylvia yang hanya seorang figuran ternyata juga menyukai Truman, tetapi dia sadar itu tidak ada di dalam cerita. Sylvia dan Truman sempat lolos dari kamera tetapi itu tidak berlangsung lama, Sylvia sempat mengatakan bahwa semua yang ada hanyalah rekayasa, tetapi Truman tidak mengerti, terlebih ayah Sylvia yang membawanya pergi mengatakan bahwa Sylvia tidak waras dan akan membawanya ke Fiji.

Truman juga tidak sadar bahwa baju yang digunakan, makanan dan minuman yang dia konsumsi adalah produk yang menjadi iklan di acara ini. Dia tidak sadar bahwa dia menjadi bintang iklan yang berbicara kepada pemirsa. Di sini, masyarakat tempat dia tinggal adalah keluarganya, setiap artis yang ada adalah ibunya dan sutradara adalah ayahnya yang mengendalikan kehidupannya di balik layar. Mereka berusaha agar dia tumbuh dewasa dan mendapatkan sebuah kebahagiaan, walaupun itu sejatinya rekayasa.

Tetapi sepandai-pandainya tupai meloncat akhirnya jatuh juga. Truman selalu mendapatkan kejadian-kejadian yang tidak masuk akal, seperti sebuah lampu besar jatuh dari langit di depan rumahnya, sebuah ruangan di balik pintu lift, aktivitas orang-orang yang melakukan hal sama berulang-ulang dan kejadian-kejadian aneh itu merupakan kesalahan para kru. Hal ini membuat Truman semakin curiga akan kota tempat dia tinggal.

Sejak dulu dia ingin pergi ke Fiji terlebih dia tahu Sylvia berada di Fiji. Truman selalu ingin keluar dari Seahaven, tetapi selalu gagal. Efek kebakaran hutan dan adanya kebocoran radiasi gagal membuatnya pergi, ketakutan terhadap laut yang ditanamkan sejak kecil membuat dia enggan menggunakan transportasi laut, bahkan hanya untuk sekadar melewati jembatan.

Kecurigaannya terus membayangi Truman, dan dia yakin ada yang tidak beres dengan Seahaven. Suatu malam dengan sedikit trik, Truman berhasil mengecoh kamera. Seluruh orang mencoba mencari tetapi tidak menemukannya. Siaran langsung ke seluruh dunia ini sempat terhenti, keadaan semakin kacau. Malam tiba-tiba berubah menjadi siang untuk membantu pencarian tetapi Truman tidak ditemukan.

Hanya satu tempat yang belum mereka periksa, laut. Yah, Truman terlihat berlayar menggunakan perahu kecil, sendirian. Efek hujan badai sempat dibuat untuk membuatnya kembali, tetapi tekadnya melebihi ketakutannya. Semua orang tidak dapat berbuat apa-apa sampai akhirnya perahu Truman menabrak sebuah dinding yang dilukis seperti awan. Dinding yang merupakan sisi ujung dari studio raksasa itu. Dia terus berjalan menelusuri sisi dinding itu sampai dia mendapatkan sebuah tangga yang di ujungnya pintu keluar studio. Di situ pun Truman bercakap dengan sutradara, dan mengetahui bahwa semua yang ada hanyalah rekayasa untuk dirinya. Truman dibujuk untuk kembali ke Seahaven.

Konsep film yang diproduksi tahun 1998 ini sama seperti film S1mone (2002), film yang menggambarkan kecanggihan teknologi dan media untuk sajian masyarakat, yang sebenarnya adalah rekayasa. Walaupun film lama, The Truman Show akan memancing emosi Anda. Tingkah laku kocak Jim Carrey tetap ada dalam film ini, tetapi hebatnya Carrey juga terlihat sangat dramatis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *