UKSW Juara II Lomba Debat Konstitusi

Browse By

Tim debat FH UKSW bersama dosen pendamping. {Foto : Dokumentasi FH}

Kamis, 5 Mei 2011, bertempat di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang, lomba Debat Konstitusi Perguruan Tinggi Se-Indonesia Tingkat Regional IV Tahun 2011 dilaksanakan. Lomba Debat tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-8 Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam lomba debat tersebut diikuti sebanyak 16 tim dari Universitas Negeri dan Swasta se-Jawa Tengah dan DIY. Universitas yang ikut antara lain, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Unsoed Purwokerto, UNISULLA Semarang, UNNES Semarang, Universitas Muria Kudus, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, UII Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Janabadra Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas 17 Agustus Semarang, dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Tim Debat UKSW sendiri diwakili oleh tiga mahasiswa Fakultas Hukum, yaitu Ninon Melatyugra, Gerry Neno Aprilia, dan Christiani Dewi Astuti. Sedangkan untuk dosen pembimbing yang mendampingi adalah Umbu Rauta, SH., M.Hum, Indirani Wauran, SH, dan Titon Slamet Kurnia, SH.,MH.

Sejak 3-4 Mei 2011, tim UKSW melewati babak penyisihan melawan UII Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan Universitas 17 Agustus Semarang.

Tim UKSW berhasil lolos masuk ke babak final setelah berhasil mengalahkan Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta pada semifinal dengan tema yang diperdebatkan adalah “Koalisi Dalam Sistem Presidensiil”. Selanjutnya pada babak final, UKSW meraih juara II saat melawan UGM dengan tema “Pemilihan Gubernur DIY”.

Dengan keberhasilan tersebut, Tim UKSW diutus sebagai perwakilan Regional IV untuk tanding di Lomba Debat Konstitusi Perguruan Tinggi Tingkat Nasional Tahun 2011 beserta Juara I dan 2 semifinalis yang lain.

Saat diwawancara, Ninon Melatyugra, salah satu anggota tim mengaku senang dan bangga sekali dapat berpatisipasi dalam lomba Debat Konstitusi. “Yang pertama manfaat yang kita dapatkan, bagi tim tentunya, memperkaya pengetahuan. Yang kedua, ini menjadi pengalaman berharga bagi kami sekaligus dapat membawa nama baik UKSW,” jelas Ninon.

“Kami berharap bisa memberikan yang lebih baik untuk yang terbaik bagi UKSW, khususnya Fakultas Hukum ,” harap Ninon ketika akan maju ke Lomba Debat Konstitusi Perguruan Tinggi Se-Indonesia Tingkat Nasional mendatang.

2 thoughts on “UKSW Juara II Lomba Debat Konstitusi”

  1. ricko says:

    Selamat . . .

  2. Fajar says:

    wow…turut Bangga atas prestasinya…!!
    hidup UKSW !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *