Menjelang Hari Raya Harga Pangan Mulai Naik

Browse By

Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1432 H, harga bahan pangan di Pasar Raya I Salatiga sudah mulai mengalami kenaikan. Sejauh ini, harga yang mengalami kenaikan adalah Cabai, daging Sapi, kacang Kapri, Emping, kacang Mete, kacang-kacangan dan gula Jawa.

Gambar bahan pangan yang mengalami kenaikan dan penurunan harga di Pasar Raya I Salatiga menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri. {Foto oleh: Dimas Angger P}

Harga cabai yang awalnya Rp. 8000 sekarang naik hingga Rp. 12.000 per kilo. Untuk kacang-kacangan yang harga awalnya Rp. 15.000 kini naik menjadi Rp. 23.000 dan harga daging Sapi yang awalnya Rp. 55.000 kini naik menjadi Rp.70.000 per kilo. Sedangkan untuk harga daging Ayam sendiri tidak mengalami kenaikan.

”Harga yang mengalami kenaikan paling tinggi untuk saat ini adalah kacang Mete, dari Rp.90.000 naik menjadi Rp. 100.000 per kilonya,” ujar Yasin salah satu penjual di kios Pasar Raya I lantai dua Salatiga. Meskipun harga kacang Mete mengalami kenaikan dan banyak diburu oleh konsumen, akan tetapi Yasin tidak berani menambah pasokan secara berlebihan.

Berbeda dengan tahun lalu, menjelang H-3 lebaran tahun ini harga bumbu dapur justru mengalami penurunan harga. Seperti harga Bawang Merah mengalami kemrosotan harga hingga Rp. 3000.

“Harga daging ayam masih stabil, akan tetapi untuk harga yang lain sudah mulai ada kenaikan,” ujar Murnia warga Salatiga yang sedang belanja untuk keperluan Hari Raya.

Aprilia Aggraeni adalah mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi, wartawan magang Scientiarum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *