FSM Adakan Kuliah Umum Awal Tahun Akademik

Browse By

Fakultas Sains dan Matematika Univeritas Kristen Satya Wacana mengadakan kuliah umum awal tahun akademik 2011/2012. Kuliah yang bertajuk “Pemodelan Matematika dan Pemodelan Statistika (dengan menggunakan data riil)” ini dibawakan oleh Dr. Hanna Arini Parhusip M.Sc dan dihadiri oleh duapuluh enam mahasiswa dan tiga dosen yang semuanya dari Program Studi Matematika.

“Sebenarnya kuliah ini dibuka bagi semua disiplin ilmu selain Matematika, bahkan di liuar sains pun masih memungkinkan,” ujar Kepala Program Studi Matematika, Dr. Adi Setiawan, M.Sc selaku penggagas kuliah umum tersebut.

Dr. Hanna Arini Parhusip, M.Sc saat memberikan kuliah umum awal tahun akademik 2011/2012 Fakultas Sains dan Matematika di Ruang Rapat FSM pada Jumat, 9 September 2011. Perkuliahan tersebut diadakan dengan tujuan untuk memotivasi mahasiswa dalam belajar Matematika. {Foto oleh: Rizky Dahniar}

Ditemui seusai kegiatan, Dr. Hanna Arini Parhusip, M.Sc mengatakan bahwa sebenarnya meteri perkuliahan ini bertujuan agar mahasiswa lebih termotivasi belajar Matematika. Hanna juga menuturkan bahwa dengan belajar pemodelan Matematika dan pemodelan statiska, seseorang akan mampu mengolah data dengan lebih baik, sehingga harapannya mahasiswa mampu mengambil kesimpulan dan keputusan melalui data yang ada.

Hanna sempat menyinggung bahwa Matematika tidak dapat berdiri sendiri. Matematika butuh data riil dari disiplin ilmu lain seperti, Fisika, Kimia, bahkan Ekonomi untuk kemudian diolah. Begitu juga sebaliknya, misalnya saja Ekonomi, dengan Matematika, data yang mereka dapatkan akan menjadi lebih dapat dianalisis untuk kemudian dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan.

“Masalahnya sekarang orang malas mempelajari Matematika, seakan matematika itu rumit dan terlalu teoritis” imbuh Hanna.

Sekar Sukma Asmara, salah satu mahasiswa peserta kuliah umum tersebut mengatakan secara terus terang bahwa dirinya kurang mengerti isi perkuliahan tersebut. “Karena hanya contoh kasus dan dibahas sekilas, jadi kurang mendalam saja rasanya,” ujar mahasiswa tahun kedua ini.

One thought on “FSM Adakan Kuliah Umum Awal Tahun Akademik”

  1. Sekar Sukma Asmara says:

    mahasiswa tahun ketiga…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *