PR III Serius Tangani Mawapres, PKM dan Libama

Browse By

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Yafet Y. W. Rissy, SH. Msi. LLM, mengadakan rapat bersama Koordinator Bidang Kemahasiswaan (Korbidkem) Fakultas dan pimpinan Lembaga Kemahasiswaan baik aras Fakultas maupun Universitas di ruang rapat PR III pada Senin, 12 September 2011. Rapat yang dihadiri dua puluh orang tersebut membicarakan perihal Mahasiswa Berprestasi (Mawapres), Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dan Liga Basket Mahasiswa (Libama).

“Pada dasarnya ini hanya rapat koordinasi dengan pihak fakultas untuk dapat lebih memaksimalkan potensi mahasiswa di masing-masing fakultas baik di bidang keilmuan maupun nonkeilmuan,” ujar Yafet saat ditemui seusai rapat.

Yafet mengatakan juga bahwa Mawapres merupakan agenda rutin yang tiap tahun diadakan oleh Kopertis. UKSW dari tahun ke tahun telah mengikuti lomba ini namun karena kurangnya persiapan sehingga terkesan setengah-setengah. Lewat pertemuan ini, ia berharap petinggi-petinggi fakultas dapat sedini mungkin mempersiapkan mahasiswanya.

Nantinya fakultas akan mulai menyeleksi mahasiswanya pada Oktober-November ini, sehingga pada akhir November sudah dapat diseleksi tingkat universitas untuk kemudian dimatangkan persiapannya. Adapun kriteria MawaPres diantaranya kemampuan berbahasa Inggris, aktif dalam kegiatan intra maupun ekstra kampus, pernah atau sedang melakukan penelitian dan tentunya kualifikasi indeks prestasi.

Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika, Devy Kartika Ratnasari menyambut baik pembahasan tentang Mawapres ini. Devy berharap dengan demikian persiapan dapat lebih matang dan mampu berbicara banyak dalam perlombaan. “Saya pikir kita punya peluang, apalagi saya melihat bibit-bibit baru yang potensial,” tambah Devy.

Senada dengan itu, Ketua Umum Senat Mahasiswa Universitas, Godfrey L. Nikijuluw juga menyatakan harapan yang sama, “Kita bisa kok bersaing dengan kompetitor kita”.

Mengenai PKM, Yefet lagi-lagi menyinggung soal kecenderungan mahasiswa yang lebih melirik kegiatan yang bersifat “rekreasi” ketimbang ilmiah. Untuk itu fakultas diminta untuk menggiatkan lagi penulisan PKM dengan juga meminta dosen bersedia membimbing mahasiswanya, apalagi dana untuk kegiatan ini didapat dari Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (Dikti).

Selain membahas bidang keilmuan, dalam rapat Yafet juga melontarkan ide pembentukan tim basket putri kerena kompetisi tahun 2012-2013 universitas yang ingin mengikuti Libama wajib mengirimkan tim putra maupun putri.

Yafet menambahkan bahwa basket adalah olahraga yang digemari sehingga merupakan media yang tepat untuk mempromosikan kampus. Untuk itu akan dilakukan team scouting untuk menjaring pemain basket putri dengan persyaratan sanggup berkomitmen untuk berlatih setiap hari dan memiliki indeks prestasi kumulatif, minimal 2,5.

“Nantinya mereka akan diberi beasiswa khusus sebagai award dan ini terbuka bagi semua fakultas kerena kebetulan kemarin untuk tim putra diberi beasiswa oleh FTI,” imbuh Yafet.

5 thoughts on “PR III Serius Tangani Mawapres, PKM dan Libama”

  1. Satyawacanateambasketball says:

    saya suka dgn paragraf ke 2 dari terakhir, tentang beasiswa tuk atlit basket putri
    beasiswa?? ntar di fti lagi donk
    ckckck
    trus kenapa harus basket yg di kasih beasiswa, “ingat donk uksw itu bnyak atlit” yg berprestasi, mestinya mreka yg harus di kasih beasiswa, karena sudah bnyak gelar yg mreka bawa dlam bidang olahraga”
    tolong ya bapak yafet
    maksih
    gbu

  2. yessy says:

    kapan seleksi libama??
    bentuk beasiswanya itu seperti apa??

  3. to yessy says:

    Kamu langsung aja datang ke tempat latihan team basket satya wacana team basketball
    di Putra abadi Merican
    atau datang ke Askarseba jumpai Elly
    klau nggak salah beasiswa full uang kuliah + saku
    makasih

  4. Benny says:

    kok cuma basket saja ne?
    ingat UKSW bnyk potensi baik itu ilmiah maupun olahraga
    saya sarankan olahraga lain juga diperhatikan

  5. arif says:

    usul saja, mungkin perlu juga buat tim sepak bola untuk ikut Liga Pendidikan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *