Pesta Penyambutan Mahasiswa Ricuh

Browse By

Ribuan penonton memadati kampus UKSW pada acara Welcome Party, 17 September lalu. Acara yang ditujukan untuk penyambutan mahasiswa baru ini dimulai pukul 19.00 WIB. Berbagai pertunjukkan disajikan dalam acara ini. Dimulai dengan penampilan band etnis Maluku,breakdance, tarian etnis dan modern dari Papua Dance. Acara dimeriahkan pula oleh penampilan dari Bounty Crew, band hip-hop yang membawakan empat lagu serta NAS4 Band, band indie asal kota Salatiga.

Acara puncak Welcome Party menghadirkan dua bintang tamu utama. Penampilan pertama diisi oleh Gecko Band. Band asal Bali ini pernah menjuarai LA Lights Indie Festival tahun 2009. Gecko membawakan enam lagu sebelum acara dilanjutkan dengan penampilan band ibukota, Seventeen.

Sebelum acara puncak, Pembantu Rektor III, Yafet, Y.W. Rissy memberi himbauan kepada para penonton agar menjaga ketertiban dan keamanan supaya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Meskipun demikian, masih terjadi tindakan tidak bertanggung jawab sesaat sebelum Seventeen akan membawakan lagu.

Penonton melakukan tindakan anarkis dengan melempari sandal ke arah panggung. Selain itu terjadi aksi saling lempar botol air mineral serta rokok hingga terjadi perkelahian antar penonton. “Pelaku kerusuhan tersebut tidak berasal dari mahasiswa sehingga diurus oleh pihak kepolisian,” ujar Budi Purwanto, Kepala Bagian Keamanan dan Ketertiban Kampus. Pihak keamanan dengan segera mengatasi perkelahian tersebut sehingga tidak mengganggu kegiatan ini.

Menurut Budi, pihak keamanan juga telah mengamankan sebanyak tiga puluh enam kartu tanda mahasiswa (KTM) karena diserahkan ke penonton yang bukan mahasiswa UKSW. Selain itu seorang mahasiswa turut diamankan karena ketahuan membawa minuman keras.

Aparat keamanan dari pihak kepolisian menerjunkan lima puluh personil ditambah lima personil dari Datasemen Polisi Militer (Denpom). Mereka bergabung dengan pihak keamanan kampus yang menerjunkan lima puluh delapan personil.

Ulah penonton yang sempat membuat risuh tidak menghambat jalannya acara. Welcome Party Mahasiswa Baru 2011 tetap berjalan lancar hingga pukul sebelas malam dengan sembilan lagu dari Seventeen.

5 thoughts on “Pesta Penyambutan Mahasiswa Ricuh”

  1. Warna says:

    Udah…! tidak mereka..!! ampe bersih.. 🙂

  2. WH says:

    Lanjutkan…semoga jika ada kegiatan seperti ini kegiatannya dapat lebih kondusif.

  3. ferdi says:

    Tidak dulu, tidak sekarang sama saja.!! Hahaha…

  4. wh says:

    Memang hal ini telah menjadi konsumsi yang konstan setiap tahunnya, memang kesadaran dari segala aspek sangat dibutuhkan. Kesadaran bahwa kegiatan ini hanyalah hiburan dan bukan untuk mencari sensasi bahkan mencari kepentingan pribadi.
    Ya semoga saja ke esokan menjadi lebih baik.

  5. Rio says:

    Kawan admin. Saya pikir judulnya jangan terlalu “provokatif” macam ini. Saya sendiri di lapangan dan bahkan berkeliling dari tengah ke samping lapangan selama konser berjalan. Toh tidak terjadi yang namanya “Kericuhan” dan acaranya sampai selesai “aman-aman” saja. Tolonglah judulnya disesuaikan dengan pemberitaan anda. Jangan sampai menimbulkan interpretasi berbeda dari para pembaca seolah-olah terjadi kerusuhan saat Welcome Party.

    Kalau toh ada insiden lempar botol, dll. Itu cuma bagian kecil (bahkan tidak tampak) dari keseluruhan acara ini, jadi jangan terlalu dibesar-besarkan. Saya stuju dengan yang disampaikan kawan WH diatas. ini jadi bahan evaluasi supaya kedepan bisa menjadi lebih baik lagi.

    Btw, salut buat seluruh panitia, EO, petugas kemanan yang sudah bekerja ekstra menjaga keseluruhan acara ini.

    viva UKSW 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *