Kunjungan New Dutch Academy ke UKSW

Browse By

Kehadiran New Dutch Academy, kelompok musik dari Belanda yang menyelenggarakan konser musik klasik di UKSW mencuri perhatian tiap orang di UKSW. Suasana ramai menyelimuti Recital Hall di Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) pada Kamis, 22 September 2011 pukul 19.00 WIB.

Pertunjukan yang diadakan ini gratis, sehingga banyak menarik perhatian para penonton dari berbagai fakultas. Kapasitas ruangan yang tidak memadai menyebabkan tiap penonton yang ingin menikmati pertunjukkan harus melakukan pemesanan tiket terlebih dahulu.

Konser ini merupakan hasil rancangan program kerja sama New Dutch Academy dengan FSP. Rancangan program dibagi dalam tiga seri yaitu Symphonic, Bach dan Chamber Music. Musik yang ditampilkan memiliki kekuatan dalam penggunaan instrumen yang otentik dan repertoar seperti sebelum abad 18 hingga modern.

Menurut penuturan ketua panitia acara, Christian Candra, konser ini mempunyai tujuan sebagai bentuk penghargaan terhadap seni musik. “Mereka dari Belanda memang biasa memberikan pendidikan (musik) keliling dunia, dan salah satu yang mendapat bagian kunjungan adalah FSP,” jelas Christian.

New Dutch Academy adalah kelompok musik yang memiliki reputasi internasional, beranggotakan orang-orang muda yang berkomitmen tinggi dalam bermusik di Den Haag, Belanda. Musisi New Dutch Academy berjumlah empat orang yaitu Amy Power (recorder and baroque oboe), Karl Nyhlin (baroque lute and romantic guitar), Simon Murphy (violoncello piccolo and baroque viola dan Caroline Kang  (baroque cello). Pada konser klasik kali ini mereka membawakan sepuluh buah lagu untuk UKSW.

“Mereka semua datang jauh-jauh dari Belanda hanya untuk mengenalkan jenis musik klasik di Indonesia. Semua biaya perjalanan dari Belanda ke Indonesia dan ke beberapa daerah yang dikunjungi seperti Jakarta, Yogyakarta dan di UKSW ini, ditanggung oleh mereka sendiri, kecuali biaya penginapan dan konsumsi,” papar Christian.

 

Tim Redaksi : Agustina Wicha & Yoan Caroline – Repoter magang Scientiarum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *