Workshop Komputer sebagai Media Pembelajaran

Browse By

Rabu, 23 November 2011, Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Program Studi Matematika Universitas Kristen Satya Wacana, mengadakan Workshop bertemakan “Komputer Sebagai Media Pembelajaran”. Acara ini dilangsungkan pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB, dan bertempat di Laboratorium Matematika.

Pembicara yang dihadirkan dalam workshop ini adalah Tundjung Mahatma, S. Pd, M. Kom., Dra. Lilik Linawati, M. Kom., dan Dr. Bambang Susanto, M. S. Mereka merupakan dosen dari Fakultas Sains dan Matematika UKSW.

Acara yang dipersiapkan kurang lebih dua bulan ini, berpanitiakan dosen-dosen Program Studi Matematika. Adapun sasaran dari workshop ini adalah guru SMA atau SMK. “Tujuan mengadakan workshop ini, kami ingin memperkenalkan guru kepada program software yang bisa didownload dari internet untuk memudahkan guru mendesain program pembelajaran program studi matematika,” ujar Dr. Adi Setiawan, M.Sc, selaku ketua progdi Matematika sekaligus ketua pelaksana workshop ini.

25 peserta yang berstatus sebagai guru matematika mengikuti acara workshop kali ini. Materi yang dipaparkan meliputi tentang teknik presentasi untuk tujuan pembelajaran yang berisi kiat-kiat menyiapkan teknik presentasi yang bertujuan agar materi yang disampaikan dapat terserap dengan baik oleh para siswa. Materi ini disampaikan oleh Tundjung Mahatma, S. Pd, M. Kom.

Materi kedua yang dibawakan oleh Dra. Lilik Linawati, M. Kom., adalah program MATLAB untuk pembelajaran matematika dan sains. Terakhir, adalah pengenalan aplikasi WINGEOM sebagai salah satu aplikasi komputer untuk pembelajran geometri, yang disampaikan oleh Dr. Bambang Susanto.

“Acaranya bagus, materinya menarik walaupun sedikit sulit dimengerti karena ini hal yang baru untuk kami sebagai guru, tapi kami merasa mudah menerapkannya pada saat praktek,” ujar Bona Ventura Pariyadi, salah satu peserta yang merupakan guru dari SMA Negeri 2 Salatiga.

Selain itu harapan datang dari peserta agar acara ini dapat dijadikan agenda rutin setiap tahunnya. “Kami berharap sebagai guru, agar acara workshop ini dijadikan sebagai agenda yang rutin setiap tahunnya agar dapat lebih membantu kami para guru,” tambah Pujo Rahardjo, guru Matematika dari SMA Kristen 2 Salatiga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *