Seminar Hasil Penelitian Dosen FTI , FPB, dan FBio

Browse By

UKSW menyelenggarakan seminar dan workshop sebagai rangkaian acara Dies Natalis UKSW yang ke-55 pada 24-25 November 2011. Seminar Hasil Penelitian Dosen diselenggarakan pada hari pertama di ruang auditorium Fakultas Teknologi Informasi (FTI).

Seminar yang dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB ini diikuti sekitar tiga puluh peserta yang terdiri dari mahasiswa FTI dan Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB), baik mahasiswa Strata 1 (S1) maupun Strata 2 (S2). Ikut hadir pula sebagai peserta yakni perwakilan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Salatiga dan Badan Perancanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Salatiga.

Seminar ini mengambil tema “Automatisasi Sistem Zona Agroekologi dan Kesesuaian Lahan (AUTOZAE) dan Pranata Mangsa Baru Berbasis Spatiotemporal Dalam Rangka Manajemen Lahan dan Ketahanan Pangan Lokal yang Berkelanjutan”.

Menurut Sri Yulianto Joko Prasetyo, koordinator sekaligus pembicara dalam seminar Hasil Penelitian Dosen, tema tersebut diambil karena merupakan produk riset yang telah dosen lakukan selama sekian tahun dan itu hal yang penting pada saat sekarang. “Tujuan dari seminar tersebut yaitu mendeskripsikan hasil penelitian,” imbuh Sri Yulianto.

Sri Yulianto berharap ada kerjasama yang lebih intens dengan pemerintah serta berharap bahwa akan banyak mahasiswa yang skripsi multidisiplin. “Sekarang bukan lagi jamannya berpikir dalam bidang masing-masing, contohnya orang berpikir lintas ilmu,” jelasnya.

Pada hari yang sama pukul 13.00-16.00 WIB, digelar pula workshop dengan tema “Pemodelan dan Simulasi Klimatologi, Ekologi dan Pertanian Berbasis Geospasial Menggunakan R”.

Workshop yang digelar di ruang RX 203 tersebut bertujuan untuk membekali mahasiswa S1 dan S2 FTI untuk persiapan skripsi mereka. Acara tersebut dibagi menjadi dua sesi dalam satu pelatihan yaitu teori dan praktek.

Hari kedua, 25 November 2011 pukul 09.00-12.00 WIB bertempat di ruang auditorium FTI, diadakan seminar yang berorientasi kesehatan. Seminar yang bertema “Pengurangan Potensi Bencana Epidemic Wabah Dan KLB Beberapa Penyakit Tropis Melalui Penerpan Paradigma Pengurangan Resiko Sistem Manajemen Bencana” ini diselenggarakan oleh FTI dan Fakultas Biologi (FBio).

Tujuan dari seminar tersebut yaitu mendiskripsikan produk riset dan meningkatkan kepekaan mahasiswa untuk peduli terhadap wilayah-wilayah sekitar.

One thought on “Seminar Hasil Penelitian Dosen FTI , FPB, dan FBio”

  1. johan says:

    acara yang bagus, pengetahuan lintas bidang ilmu, semoga hasil penelitian tidak berkahir di rak buku atau jurnal-jurnal ilmiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *