Petualangan Baru Jack Sparrow

Browse By

Sumber gambar : snarkerati.com

Judul : Pirates of Caribbean: On Stranger Tides
Sutradara : Rob Marshall
Penulis : Ted Elliott dan Terry Rossio
Pemain : Johnny Depp, Penelope Cruz, Ian McShane, Geoffrey Rush, dan Kevin McNally;

Bentang laut yang luas telah dilalui tahun demi tahun. Penuh dengan petualangan yang menyeramkan juga menegangkan. Namun hal tersebut dapat dilalui dengan mudahnya oleh seorang Kapten Jack Sparrow (Johnny Deep).

Di film Pirates of Caribbean seri ke-4 ini, Jack Sparrow yang selalu menggunakan cara-cara licik untuk mendapatkan semua keinginannya hadir dalam sebuah perjalanan ke London. Ia memiliki misi untuk menyelamatkan seorang mantan kru kapal Blackpearl, Joshamee Gibbs (Kevin McNally) yang terancam hukuman gantung. Tetapi sebenarnya tujuan utama Sparrow sendiri adalah mencari penipu yang menyamar sebagai dirinya, yang dilaporkan telah melakukan perekrutan kru besar-besaran di sekitaran London guna ikut mencari Fountain of Youth (air mancur awet muda legendaris).

Saat rencana penyelamatan hampir berhasil, Sparrow dan Gibbs malah tertangkap tentara kerajaan. Gibbs dijebloskan ke dalam tahanan, sedangkan Sparrow dihadapkan pada Raja George II (Richard Griffiths) sekaligus bertemu dengan musuh bebuyutannya, Kapten Hector Barbossa (Geoffrey Rush). Negosiasi pun terjadi, dimana Sparrow dijanjikan akan bebas apabila bersedia ikut memandu ekspedisi untuk mencari air mancur awet muda legendaris yang akan dipimpin oleh Barbosa. Barbossa sendiri bersedia melaksanakan ekspedisi tersebut sebab ia ingin membalas dendam pada Kapten Blackbeard (Ian McShane) yang telah membuatnya kehilangan kaki kiri dan telah menyihir kapal Blackpearl menjadi kecil dan dimasukan dalam botol sihir.

Namun sebelum negosiasi selesai, Sparrow berhasil kabur dan lolos dari kejaran tentara kerajaan, Setelah itu, ia bertemu dengan ayahnya, Kapten Teague (Keith Richards) yang memberitahukan informasi penting mengenai teka-teki yang ada pada air mancur awet muda legendaris. Setelah lama berbincang, Sparrow akhirnya bisa menemukan penipu yang menyamar menjadi dirinya. Orang itu tidak lain adalah Angelica (Penélope Cruz), mantan kekasihnya saat ada di daratan Spanyol sekaligus putri Kapten Blackbeard yang terkenal kejam. Sebelum usai menanyai maksud dari Angelica yang menyamar menjadi dirinya, Sparrow dipukul dari arah belakang. Ia pun langsung pingsan seketika. Selama Sparrow tidak sadarkan diri sadar, ia dibawa Angelica ke atas kapal Blackbeard.

Ilustrasi-Sumber gambar: commentarytrack.com

Dalam kapal Blackbeard, Sparrow yang baru saja sadar, lagi-lagi dhadapkan pada sebuah negosiasi yang kali ini terpaksa ia terima. Ia diancam dieksekusi langsung oleh Blackbeard apabila menolak menjadi penunjuk arah ke tempat air mancur awet muda legendaris berada. Blackbeard sendiri mencari harta tersebut bukan tanpa sebab. Tetapi ia percaya pada sebuah ramalan yang menyatakan bahwa ia akan segera mati ditangan seorang berkaki satu. Tapi ternyata Sparrow telah kehilangan petanya sewaktu insiden penangkapan di London.

Lalu dimana peta itu berada? Lalu pihak siapakah yang akan menemukan air mancur awet muda legendaris tersebut terlebih dahulu? Bagaimana nasib Sparrow dalam film yang dirilis pertengahan tahun 2011 ini? Akan lebih baik jika ditonton oleh para pembaca sendiri.

Perlu diketahui bahwa film garapan Rob Marshall ini menawarkan perbedaan cukup besar dengan trilogi dari Pirates of Caribbean yang pernah hadir sebelumnya. Alur cerita yang lebih menarik dan fresh benar-benar mampu menarik perhatian penonton sekalipun tanpa melihat trilogi sebelumnya.

Didukung akting para pemain yang mumpuni, film ini mampu membawa penonton serasa ikut larut dalam jalannya cerita. Sosok eksentrik si tokoh utama, Jack Sparrow tetap dipertahankan oleh Ted Elliott dan Terry Rossio sebagai tokoh yang licik dan unik. Tetapi saya merasa ada sedikit perubahan dalam karakter Sparrow dengan film-film sebelumnya. Perubahan terletak pada sikap Sparrow yang dulunya selalu mementingkan kepentingan pribadinya, kini hadir lebih bermoral dan cenderung tidak egosentris. Hal ini dibuktikan saat adegan terakhir dimana Sparrow berusaha menyelamatkan Angelica yang merenggang nyawa karena terinfeksi racun.

Namun film ini masih memiliki beberapa kekurangan dalam hal pengenalan tokoh. Angelica yang diceritakan sebagai mantan kekasih Sparrow, tiba-tiba langsung hadir di tengah cerita tanpa ada adegan yang bisa menjelaskan secara mendetail tentang hubungan mereka. Hubungan mereka pun terlihat sedikit hambar dan saling menghindar. Belum lagi sosok tokoh antagonis yang baru, Kapten Blackbeard yang tidak pernah muncul di seri sebelumnya ikut mewarnai cerita dengan kekuatan supranaturalnya yang didapatkannya dari sebuah pedang yang tidak diketahui asal usulnya. Film ini benar-benar dibuat seolah terpisah dengan seri sebelumnya.

3 thoughts on “Petualangan Baru Jack Sparrow”

  1. Dicky Kurniawan says:

    Sudah liat filmnya 😀

  2. Ade Herna R says:

    Wuih sekarang ada review film juga. Keren…

  3. Desain says:

    Filmnya keren. Wajib ditonton..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *