PWI dan UKSW Peringati Hari Pers Nasional

Browse By

Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional , Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Jawa Tengah dan Universitas Kristen Satya wacana (UKSW) mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Peran Media dalam Mengawal Revitalisasi Moral Keindonesiaan”. Acara ini berlangsung pada 15 Februari 2012 di Balairung UKSW.

Rabu (15/2), Seminar Nasional bertemakan "Peran Media Dalam Mengawal Revitalisasi Moral Keindonesiaan" diadakan di Balairung UKSW. Acara yang bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Jawa Tengah ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional.{Foto oleh: Riandi Chendana}

Hadir sebagai pembicara, Rektor UKSW John A. Titaley, Ketua PWI Pusat Margiono, dan Panglima ABRI Jendral (purn) Endriyarto Hartono.

Dalam seminar ini, Margiono mengemukakan bahwa masyarakat lebih mempercayai media massa untuk memberikan aspirasinya dari pada partai politik.

Selain acara seminar, agenda selanjutnya adalah membuat seruan moral yang disebut Deklarasi Salatiga berisikan; Pertama , kami masyarakat sipil Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dengan wawasan keindonesiaan mendukung peranan media dalam mengawal revitalisasi moral keindonesiaan. Yang kedua, sebagai pemerintah, kami bertanggung jawab mengupayakan semangat kebangsaan dan mewujudkan bangsa Indonesia sebagai sebuah kesatuan yang menjunjung tinggi kebersamaan dalam keberagaman.

Lalu ketiga, sebagai lembaga pendidikan, kami mempelopori kemajuan sains dan pembentukan karakter bangsa yang mengutamakan nilai-nilai kebenaran, keadilan, dan kesejahteraan bagi seluruh warga bangsa. Kemudian yang keempat, sebagai insan pers, kami bertanggung jawab menyebarkan dan menanamkan ideologi kebangsaan dan wawasan keindonesiaan.

Dan yang terakhir, sebagai lembaga keagamaan, kami bertanggung jawab menegakan moral bangsa dengan mewujudkan perdamaian antar agama, toleransi, dan dialog keberagaman.

Beberapa undangan dan pembicara dalam seminar, turut menandatangani Deklarasi Salatiga , antara lain, Rektor UKSW, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polisi Daerah Jawa Tengah, Walikota Salatiga , dan pembicara dalam seminar Panglima ABRI Jendral (purn) Endriyarto Hartono.

Namun, Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring yang dijadwalkan sebagai pembicara tidak dapat hadir, sehingga diwakilkan oleh Staf Ahli Kementrian Komunikasi dan Informasi, Dr. Henry Subiakto. Serta Nusron Wahid, cendikia wan muslim Gerakan Pemuda Ansor tidak terlihat sebagai pembicara dalam seminar seperti yang diagendakan .

One thought on “PWI dan UKSW Peringati Hari Pers Nasional”

  1. Bagus Adi Pratama says:

    Menarik, semoga dengan adanya rasa kepedulian UKSW terhadap pers melalui kegiatan ini, program-program Scientiarum dapat berjalan dengan baik, dan Scientiarum dapat didukung sepenuhnya oleh kampus untuk menjadi media civitas yang lebih berkualitas.

    Barita ini sebenarnya menarik, hanya saja ulasannya masih sangat kurang sekali, bahkan pesan yang disampaikan nampak singkat dan kurang berisi. Seharusnya bisa diulas lebih panjang dan isinya lebih berbobot.

    Sebagai mahasiswa yang suka membaca, saya selalu mengamati dan membaca artikel-artikel Scientiarum, hanya saja setelah beberapa tahun terakhir ini nampaknya tulisan-tulisan di Scientiarum agaknya kurang berbobot, tapi bolehlah sebagai proses belajar. ciayo.. UKSW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *