Seminar Nasional KSM, Sisi Lain dari Bisnis

Browse By

Kelompok Studi Manajemen (KSM) mengadakan Seminar Nasional Kewirausahaan Inspire, Instruct, Improve : Other Side of Business. Acara diadakan pada Rabu, 7 Maret 2012 dengan menghadirkan dua orang pembicara yaitu Anne Avantie dan Tung Desem Waringin. Acara yang diadakan di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana ini merupakan acara tahunan dari Kelompok Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Tung Desem Waringin saat menjadi pembicara di Seminar Nasional Kewirausahaan INSPIRE, INSTRUCT, IMPROVE : OTHER SIDE OF BUSINESS, Rabu 7 Maret 2012 di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana. Acara ini diselenggarakan oleh Kelompok Studi Manajemen (KSM), Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Anne Avantie adalah designer kebaya terbaik yang karyanya telah diakui di tingkat nasional bahkan internasional. Sedangkan Tung Desem Waringin adalah seorang motivator yang mendapat penghargaan sebagai pelatih sukses nomer satu di Indonesia (versi Majalah Marketing) dan masuk dalam salah satu tokoh The Most Powerful People & Ideas in Business 2005 (versi Majalah SWA).

“KSM sendiri memilih ibu Anne Avantie karena sesuai dengan judul kami, menjadi inspirasi bagi orang lain. Kita semua tahu kalau lbu Anne Avantie itu selain seorang designer terkemuka, dia juga pelaku bisnis yang handal dan bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang”, kata Andree Narwoto saat ditanya alasan memilih pembicara tersebut.

Dalam seminar tersebut, Anne Avantie menceritakan kisah hidupnya sejak kecil sehingga akhirnya bisa menjadi seorang Anne Avantie yang seperti sekarang. Anne Avantie mengajarkan kepada seluruh peserta untuk tidak hanya sukses untuk diri sendiri namun dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang. “Jadikan hidup kita terang sekecil apapun sinarnya,” nasihatnya kepada para peserta dalam seminar tersebut.

Tung Desem Waringin hadir pada sesi ke-dua dengan cara-caranya yang dapat memotivasi para peserta agar dapat menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Tung Desem Waringin mengajarkan bahwa kita tidak boleh menjadi pengusaha yang egois yang ingin untung sendiri, tetapi kita perlu menjadi pengusaha yang membawa kebahagiaan bagi orang lain. “Kita harus membiarkan orang lain menang dulu, baru kita yang menang,” salah satu perkataannya dalam seminar tersebut.

Tahun lalu KSM juga mengadakan seminar dengan tema serupa, yaitu kewirausahaan, dengan konsep bagaimana agar kita dapat menjadi wirausahawan yang sukses. “Untuk kali ini, konsepnya tuh sedikit beda, masih tetap wirausaha tapi kami ingin nantinya para peserta bukan hanya bisa menjadi wirausaha yang sukses namun bisa menjadi inspirasi bagi orang lain,” kata Andree Narwoto selaku ketua KSM.

Acara yang membuka pendaftaran ulang sejak pukul tujuh pagi dan berakhir pada pukul tiga sore ini dihadiri sekitar 780 peserta. “Harapan kedepannya, KSM ingin medatangkan pembicara yang lebih heboh lagi,” tutup Andree.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *