“HOW TO BE A GOOD PRESENTER” Bersama Ivy Batuta

Browse By

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar seminar bertajuk “How to Be a Good Presenter” pada Senin (12/3) yang dimulai pada pukul 11.00 waktu setempat. Acara diikuti sekitar 250 peserta yang meliputi mahasiswa FISKOM, mahasiswa fakultas lain, dan masyarakat umum.

Senin (12/03), Workshop Public Speaking yang diadakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi dengan tema "HOW TO BE A GOOD PRESENTER". Terlihat pemateri workshop, Ivy Batuta, saat menerangkan kepada peserta akan bagaimana dalam bertutur kata serta menggunakan mimik muka untuk menjadi presenter yang baik. {Foto Oleh: Rolland Koroh}

 

Acara diawali oleh penampilan dari grup akustik FISKOM yang membawakan dua lagu dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dekan FISKOM, Pamerdi Giri Wiloso.Phd. Dalam pidatonya, beliau berpesan pada fasilitator untuk memotivasi para peserta seminar untuk berani berbicara di depan publik. “Workshop hari ini sangat penting untuk menggugah anak-anak Salatiga yang cenderung pemalu agar lebih berani saat berbicara di depan orang banyak.” kata Beliau.

Menurut Joko Saputra, mahasiswa FISKOM 2007 yang menjadi ketua panitia, tema ini diangkat karena tingginya minat mahasiswa terhadap dunia broadcasting. “Untuk menjadi orang yang profesional di bidang broadcasting, dibutuhkan public speaking yang efektif, jadi kami berinisiatif untuk mengadakan acara ini.” ujarnya.

Ivy Batuta, seorang presenter kawakan dari Jakarta, hadir sebagai fasilitator dan menyampaikan tips-tips untuk menjadi seorang presenter yang profesional. Menurut Ivy, hal yang paling penting ketika menjadi seorang presenter adalah kemampuan untuk mengendalikan rasa nervous. Menurut Ivy, orang Indonesia cenderung menganggap seorang presenter yang baik adalah seseorang yang good looking dan mempunyai rasa humor tinggi, padahal hal itu kurang tepat. “Jangan takut berbuat salah. Tidak ada benar dan salah, itu subjektif,” ujar Ivy.

Firman Nur Robby, mahasiswa FISKOM 2011, merasa termotivasi setelah mengikuti acara ini. “Dari workshop ini saya mendapat banyak sekali ilmu dan pembelajaran tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, membuat saya ingin sekali menjadi seorang presenter” kata Robby.

Mengakhiri workshop, Ivy Batuta berpesan “Sebelum on stage sebagai presenter, kurangi kadar nervous dengan mencari tahu jenis acara yang akan dibawakan. Kedua, bangun rasa percaya diri. Ketiga, jangan pernah takut salah. “Percaya diri akan membuat orang menarik dan merasa tidak terintimidasi,” tutup Ivy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *