Meningkatkan Mutu Kualitas Pendidikan Di UKSW

Browse By

Pengembangan akan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan berkualitas dalam pengajaran dan ilmu, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat merupakan suatu harapan yang ada dalam visi dan misi institusi pendidikan tinggi, hal ini akan mendorong agar dapat menciptakan para sarjana yang siap untuk bersaing sesuai dengan bidang ilmu masing-masing dalam menghadapi dunia kerja.

Di tengah lajunya kemajuan teknologi dan persaingan global yang begitu ketat saat ini, maka peningkatan akan sumber daya manusia merupakan hal yang prioritas, dan juga merupakan sebuah tuntutan dari persaingan global tersebut. Salah satu dampak dari persaingan global ini mengakibatkan terbentuknya arena kompetisi, agar kita mampu dan siap untuk menghadapi tuntutan tersebut dalam kompetensi di dunia kerja. Secara alamiah, setiap individu akan memacu diri dalam meningkatkan skill dan performance kerja sesuai dengan bidang ilmu yang dimilikinya masing-masing untuk dapat memenuhi standarisasi yang diberlakukan oleh lapangan kerja.

Dari realitas ini menimbulkan sikap seseorang untuk lebih selektif dalam memilih untuk masuk di perguruan tinggi sebagai tempat mengumpulkan bekal dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuannya dalam dunia kerja nanti. Kualitas perguruan tinggi merupakan sebuah indikator penting dalam mempengaruhi animo calon mahasiswa untuk memilih masuk perguruan tinggi tersebut.

Tentunya perguruan tinggi berkualitaslah yang menjadi pilihan utama bagi seorang calon mahasiswa baru untuk menempuh pendidikan. Tolak ukur dari kualitas perguruan tinggi tersebut dilihat dari keberhasilan berbagai aspek diantaranya dalam penyajian dan penyerapan ilmu serta ditunjang dengan kualitas pendidik, layanan administrasi yang memadai, sarana dan prasarana serta lulusan sarjana yang dihasilkan dapat mampu bersaing di dunia kerja atau pun sebaliknya hanya menjadi pengangguran terdidik.

Hal inilah yang menjadi sebuah tantangan tersendiri oleh setiap perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan agar menghasilkan kaum intelektual yang unggul dan mampu menjawab dinamika persaingan global yang terjadi hingga saat ini. Bagaimana dengan UKSW sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia? Memang UKSW telah terus berupaya dengan baik untuk memberikan konstribusi terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia.

Sejak awal berdiri pada 30 November 1956, dalam perjalanan UKSW yang dipelopori oleh DR. Oeripan Notohamidjojo, SH, bahwa UKSW pun turut berperan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam meretas persaingan global yang melanda dunia kerja saat ini. Maka tidak heran jika visi dan misi yang ingin dicapai oleh UKSW ini sejalan kondisi kekinian, yakni melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai harapan agar dapat menghasilkan para lulusan sarjana yang kompeten, profesional, berwawasan ilmiah, dan bejiwa takut akan Tuhan.

Ditengah-tengan ketatnya persaingan global yang terjadi saat ini, UKSW masih diminati oleh para calon mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia, sehingga UKSW dikenal dengan Indonesia Mini, karena terdapat mahasiwa dari berbagai daerah dengan latar belakang dan karakter yang berbeda-beda, dan ini terlihat dari tahun ke tahun.

Dengan melihat kondisi kekinian yang terjadi di UKSW, ada beberapa persoalan yang perlu untuk segera dibenahi agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Pertama, masalah akademik meliputi kualitas Dosen berdasarkan kualifikasi dengan matakuliah yang diampuh, serta sistem pemberlakukan semester yang sampai saat ini masih menjadi bahan pembicaraan dan belum menemukan titik terang untuk dijalankannya, dan penerapan standarisasi kurikulum sesuai dengan aturan yang berlaku di perguruan tinggi. Kedua, peningkatan sarana dan prasarana seperti ruang perkuliahan, penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar, seperti internet dll, dan kelayakan ruang perkuliahan. Ketiga, masalah kemahasiswaan seperti Badan Perwakilan Mahasiswa Universitas, Senat Mahasiswa Universitas,Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas, Senat Mahasiswa Fakultas, dalam pengembangan lembaga kemahasiswaan, bakat dan minat mahasiswa, seperti karya tulis, debat, seni, olahraga dll. Ciri perguruan tinggi yang berkualitas tentunya memiliki jumlah peminat (input) lebih banyak dan kompetensi lulusannnya (output) yang mampu menunjukkan kapasitasnya di tengah persaingan global.

Dalam pengembangan SDM yang profesional dan peningkatan kualitas pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat merupakan tolok ukur yang ada dalam visi dan misi UKSW, yang tentunya ini akan mendorong kita untuk maju dalam kompetensi di dunia kerja, baik dalam bidang ilmu maupun non ilmu.

Ada 4 (empat) tantangan yang dihadapi UKSW yang menjadi fokus dalam peningkatan mutu, pemenuhan akses pendidikan perguruan tinggi, pengelolaan perguruan tinggi yang efektif, efisien, akuntabel dan membangun budaya akademik, diantaranya, Pertama, adalah sebuah harapan bahwa UKSW harus mampu tumbuh dan berkembang sejajar dengan perguruan tinggi yang ada di Indonesia, serta menerapkan standarisasi mutu pendidikan, baik mutu instansi pendidikannya, maupun mutu lulusannya. Dalam mencapai hal tersebut kita harus memenuhi berbagai standarisasi seperti akreditasi, sertifikasi, dan peningkatan dalam kerangka world class university. Kedua, memberikan peluang yang sebesar-besarnya kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dalam mendapatkan akses pendidikan tinggi. Ketiga, pengelolaan perguruan tinggi yang efektif, efesien, dan akuntabel merupakan hal penunjang pendidikan yang cukup penting dan akan selalu mengacu pada indikator kinerja kerja yang profesional dan berorientasi pada peningkatan mutu pelayanan. Keempat, membangun budaya akademik yang tinggi, dengan mendorong setiap sivitas akademika untuk dapat mentrasisikan prinsip dan nilai-nilai akademik di kehidupan kampus.

Apabila kita melihat kembali dan serta memaknai motto UKSW yaitu Takut akan Tuhan adalah Permulaan Pengetahuan (Amsal 1:7a), serta visi dan misi UKSW, maka sudah seharusnya hal ini diwujudkan dengan kesadaran dan rasa tanggung jawab kita bersama, karena hal ini tentunya akan turut mendorong kapasitas dan kualitas pendidikan di UKSW. Dan dari visi dan misi tersebut kita dapat mampu memperlihatkan kompetensinya di tengah persaingan global yang penuh dengan tantangan.

Donals Sanda Magawe mahasiswa Progam Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

One thought on “Meningkatkan Mutu Kualitas Pendidikan Di UKSW”

  1. Adi says:

    wah.. kampusku makin keren aja nih
    Hidup Indonesia Mini!

    Mari kita jadikan Indonesia Mini ini betul-betul bersifat Indonesia,
    selai memiliki keragaman Indonesia, juga tetap menopang Sang Merah Putih di atas Zamrud Khatulistiwa dan di bawah naungan Garuda Pancasila. Semoga segenap kaum Intelektualnya dapat menjadi minoritas yang berpendirian kuat dan dapat membimbing mayoritas Generasi Muda lainnya untuk berani menjadi bangsa Indonesia, menghadapi Westernisasi budaya yang hampir menjarah jati diri kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *