FKIP Day’s 2013

Browse By

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) mengadakan FKIP Day’s. Acara yang di selenggarakan pada 14-18 Januari 2013 ini, menggunakan beberapa tempat, seperti lapangan basket UKSW, lapangan sepak bola, dan lapangan futsal Arena.

Acara tahunan yang bertemakan “ Cerdas Berkarya Junjung Sportivitas” ini, dilaksanakan agar peserta yang mengikuti acara dapat memiliki watak yang sama seperti tema itu. “Diharapakan peserta bisa berwatak, berkarya sesuai dengan apa yang menjadi tema itu. Karena dengan berkarya, kita lomba apapun kita berkarya, berkarya yang cerdas harus menjunjung tinggi sportivitas,” ujar Dita Arifiani Fatmawati, ketua acara serta mahasiswa Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 2010.

Sebelum diganti nama menjadi FKIP Day’s, acara ini dulu bernama Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Diganti menjadi FKIP Day’s dengan alasan adanya penambahan cabang, seperti festival band, lomba mading, dan cabang bulu tangkis.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih menggunakan nama Porseni, Porseni sering kali memberi kesan sedikit buruk, seperti ada keributan. Dengan pergantian nama dari Porseni menjadi FKIP Day’s, diharapkan acara dapat terselenggarakan dengan baik.
“Memberi kesan yang agak buruk, soalnya sering terjadi keributan seperti di sepak bola, dengan kegiatan itu diharapkan dengan nama baru, bisa terselenggara dengan baik,” tambah Dita.

Dalam FKIP Day’s juga terdapat peraturan, seperti peserta harus menyerahkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebelum mengikuti acara. Membayar denda Rp 150.000,00 bagi tim yang terlibat keributan, Rp 50.000,00 bagi yang mendapat kartu merah, dan Rp 25.000,00 untuk mereka yang mendapat kartu kuning. Tetapi, bagi mereka yang tidak membayar denda, panitia akan mengirim surat dan menyerahkan KTM kepada Kepala Program Studi (Kaprogdi) untuk diberi himbauan.

Uang denda tersebut sebagian untuk biaya operasional yang masih kurang, seperti membeli rokok untuk para pekerja yang mengangkat tenda. Selain itu, juga digunakan untuk menambah hadiah dalam pertandingan sepak bola dan futsal, karena dalam pertandingan itulah terdapat kartu merah dan kartu kuning.

Adapun pemenang FKIP Day’s 2013 meliputi, juara 1 basket putri dimenangkan oleh PGSD, juara 1 basket putra oleh PGSD, voli putri oleh PGSD, voli putra oleh PGSD, bulu tangkis oleh PGSD, sepak bola oleh Bimbingan Konseling (BK), futsal oleh PGSD, Mading oleh PGSD, paduan suara oleh PGSD, tari tradisional kontemporer oleh PGSD, Tari Moderen oleh PGSD, Festival band oleh “99 Band”, dan juara favorit untuk festival band dimenangkan oleh “No Name Band”.

Menurut salah satu mahasiswa FKIP berpendapat bahwa menarik dengan pergantian nama dari PORSENI ke FKIP Day’s. “Kalau perbedaan namanya ya, menarik yang FKIP Day’s daripada Porseni,” ujar Yulian Munawar Putri, mahasiswa Pendidikan Matematika, 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *