Proses Pemilihan Rektor UKSW Sedang Berlangsung

Browse By

Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW) kini tengah melangsungkan agenda proses Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) periode 2013-2017. Ditemui di kantornya Kamis (15/8), Ketua Umum Pengurus YPTKSW Pdt.(em) Prof. Joedowibowo Poerwodidagdo, Ph.D menerangkan bahwa proses Pilrek UKSW sedang berjalan. Terhitung sejak awal Juni 2013 YPTKSW telah membuka bursa pendaftaran bagi pihak-pihak yang ingin menjadi calon rektor UKSW periode 2013-2017.

Sampai batas akhir waktu pendaftaran pada tanggal 2 Agustus 2013, ada empat orang yang mendaftar kepada Pengurus YPTKSW. Ketika dikonfirmasi siapa saja yang telah mendaftarkan diri untuk menjadi calon rektor, Ketua Umum Pengurus YPTKSW yang biasa disapa Judo ini, menolak untuk memberikan informasi. “Saya tidak membuka hal itu, nanti kalau sudah diumumkan baru diketahui.” Namun, dihubungi terpisah, Sekertaris pembina harian YPTKSW Eka Simanjuntak menerangkan keempat nama pendaftar tersebut adalah Pdt. Prof. Drs. John A. Titaley, Th.D; Neil Semuel Rupidara, SE. M.Sc. Ph.D; Prof. Christantius Dwiatmadja, SE. M.E. Ph.D dan Prof. Dr. Ir. Sony Heru Priyanto, M.M.

Menurut Judo, keempat pendaftar semuanya memehuni persyaratan administatif yang ditetapkan. Seluruh berkas pendaftaran diteruskan oleh Pengurus kepada Pembina harian untuk dilakukan seleksi. Seleksi tersebut nantinya menghasilkan calon Rektor UKSW yang akan dipilih sebagai rektor berikutnya oleh Pembina. Pembina harian akan melakukan seleksi sampai akhir agustus kemudian akan mengadakan rapat untuk menetapkan calon rektor.

Setelah calon rektor ditetapkan, Rapat Senat Universitas akan diadakan untuk mendengarkan presentasi calon rektor. Masing-masing anggota senat akan membuat rekomendasi tentang calon rektor kepada Pembina. Rapat senat universitas ini akan dihadiri oleh Pembina harian atas undangan ketua senat universitas.

Rapat khusus Pembina untuk memilih Rektor UKSW menurut jadwal akan dilakukan pada bulan oktober. Pada rapat tersebut calon rektor akan melakukan presentasi dihadapan Pembina. Setelah presentasi tersebut, Pembina kemudian memilih Rektor UKSW. Rektor terpilih sedianya akan dilantik pada bulan November, bertepatan dengan Dies Natalis UKSW.

Seharusnya Pilrek Sejak Januari

Judo juga menerangkan bahwa seharusnya proses pemilihan ini sudah berlangsung sejak bulan Januari 2013. Akan tetapi, terjadi penundaan proses Pemilihan Rektor yang sebenarnya telah pada tahap pengambilan formulir pendaftaran oleh beberapa orang yang tertarik menjadi calon rektor. Hal ini disebabkan oleh karena pada bulan April 2013 terjadi revisi Surat Keputusan (SK) Pembina YPTKSW mengenai Pemilihan Rektor. “Proses ini menjadi panjang, sebab SK Pembina bulan November 2012 tentang Pilrek, direvisi pada bulan april 2013 oleh pembina. Akibatnya proses yang sudah berjalan dibatalkan oleh pembina.” tandas Judo.

Pembatalan yang dimaksud adalah pembatalan terhadap SK No. 207/B/YSW/XI/2012 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, dan Pengangkatan Rektor dan Para Pembantu Rektor UKSW. Pembina sendiri sendiri telah mengeluarkan keputusan yang baru melalui SK Pembina No. 123/B/YSW/VII/2013 tentang Perubahan atas Keputusan Pembina No. 207/B/YSW/XI/2012 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, dan Pengangkatan Rektor dan Para Pembantu Rektor UKSW.

Judo menambahkan bahwa revisi terhadap keputusan itu memang membuat proses pilrek yang sudah berjalan menjadi berhenti. Jika sebelumnya seharusnaya Januari sudah dimulai, maka melalui perubahan yang dilakukan pilrek dimulai lagi dari awal. Proses pilrek berdasarkan keputusan Pembina yang baru dimulai sejak bulan Juni 2013.

Sementara itu ketika ditanyakan tentang nasib para pengambil formulir calon rektor berdasarkan keputusan yang lama, Judo menjelaskan bahwa mereka hanya mengambil formulir saja. (Reporter magang: Albert Josua Putera Maliogha)

4 thoughts on “Proses Pemilihan Rektor UKSW Sedang Berlangsung”

  1. WH says:

    “Menurut Judo, keempat pendaftar semuanya memehuni persyaratan administatif yang ditetapkan.” Siapakah Judo?

  2. Ribka says:

    Siapapun yang terpilih, kita harus mengimani Tuhan yg memilihnya sebab Tuhan melihat hati (RHK_CM)…..

  3. Joe says:

    Jika saja saudara WH yang sudah sepuh membaca lebih seksama dan lengkap, maka seharusnya pertanyaan saudara WH dalam kolom komentar tidak muncul. Akan tetapi agar elok, saya coba menjawab pertanyaan saudara WH:

    paragraf I : Ditemui di kantornya Kamis (15/8), Ketua Umum Pengurus YPTKSW Pdt.(em) Prof. Joedowibowo Poerwodidagdo, Ph.D menerangkan… lalu paragraf II: Ketika dikonfirmasi siapa saja yang telah mendaftarkan diri untuk menjadi calon rektor, Ketua Umum Pengurus YPTKSW yang biasa disapa Judo ini, menolak untuk memberikan informasi…

    Nah, paragraf yang lu kutip itu paragraf III: Menurut Judo, keempat pendaftar semuanya memehuni persyaratan administatif yang ditetapkan.

    Jadi, apakah masih belum CULAS (Cukup Jelas) siapa itu Judo?
    Salam untuk sapi-sapinya ya 🙂

  4. Kumas Setyo Hadi Putri says:

    Mas WH yang ganteng, boleh lho dibaca dulu sebelum comment… 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *