Hari Pertama Seleksi Duta Wisata Salatiga

Browse By

Ada yang berbeda pada kegiatan Pemilihan Duta Wisata Mas dan Mbak Kota Salatiga 2013, yang diselenggarakan di Ruang Sidang II Gedung Pemerintahan Kota (Pemkot) Salatiga hari Minggu (15/9).

Menurut Vino Anbrilla, selaku koordinator panitia, terdapat perbedaan tahap seleksi penjaringan peserta calon Mas dan Mbak Kota Salatiga antara tahun ini dan tahun-tahun yang sebelumnya. Khusus untuk 2013, kegiatan yang merupakan agenda tahunan Dinas Perhubungan, Komunikasi, Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubkombudpar) ini melakukan proses seleksi pesertanya dengan cara melakukan pengukuran tinggi badan, penilaian kepribadian, niat, motivasi, dan prestasi, serta persyaratan umur peserta yang harus berkisar 17-25 tahun.

“Berbeda dari tahun sebelumnya dimana semua peserta yang mendaftar langsung menjadi calon finalis dan mengikuti karantina,” jelas Vino Anbrilla. Namun untuk tahun ini, mewajibkan para peserta putra untuk memiliki tinggi minimal 165 cm dan peserta putri minimal tinggi 155 cm. “Hal ini dilakukan karena kami benar-benar ingin menyaring orang-orang yang berbakat. Dari 75 orang yang mendaftar akan disaring menjadi 40 orang saja atau 20 pasang,” lanjut Vino.

Dea, salah satu peserta yang merupakan mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi (Fiskom) UKSW, mengaku bahwa dirinya kurang peka tentang hal-hal yang menyangkut Salatiga, sehingga ia berharap dengan mengikuti kegiatan ini ia dapat mengerti kota tempat tinggalnya dengan lebih dalam. “Jujur saja aku kurang peka dengan kotaku. Dan aku ingin cari pengalaman, menambah wawasan, dan ingin tahu lebih dalam tentang kegiatan ini. Selain itu aku berharap agar kegiatan ini lebih bisa di-publish supaya masyarakat lebih tahu,” ujarnya.

Beda dengan Dea, Septian Dwi Wicaksono, memiliki pandangan lain tentang tujuannya mengikuti kegiatan ini. “Aku ingin dapet koneksi, mendapatkan kenalan-kenalan dari berbagai daerah, sehingga nanti bisa dapet kerja lebih mudah,” ujar Mahasiswa UKSW jurusan Psikologi 2013 ini.

Kegiatan yang dijadwalkan selesai pukul 12 siang ini dibuka dengan sambutan panitia, disambung dengan sambutan dari Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Salatiga tahun 2012, kemudian dilanjutkan dengan pengukuran tinggi badan dan wawancara para peserta. Hingga hari pertama seleksi penjaringan hari Minggu kemarin, telah didapatkan 20 besar peserta Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Salatiga untuk kemudian mengikuti pembekalan selama 4 hari di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) sejak 30 September hingga 3 Oktober 2013 setiap hari dimulai pukul 7 pagi sampai selesai. (Reporter magang: Swasti Anindita)

One thought on “Hari Pertama Seleksi Duta Wisata Salatiga”

  1. Atin says:

    sebenarnya apa tujuan utama diadakan ajang duta wisata?
    dan setelah terpilih pemenang, program unggulan apakah yang diharapkan?
    dan juga apa keuntungan kegiatan tersebut bagi kaum pelosok?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *