Biologi Berbagi Sukacita Lewat Donor Darah

Browse By

Dalam rangka Dies Natalisnya ke-51 tahun, Fakultas Biologi (FB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, menyelenggarakan kegiatan donor darah dengan tema “Setetes Darah, Sejuta Harapan”, bertempat di depan Gedung Administrasi Pusat (GAP) UKSW, pada Selasa (1/10).

Selasa (1/10) terlihat tenda kegiatan Donor Darah Fakultas Biologi bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Salatiga di depan Gedung Administrasi Pusat (GAP) dalam rangka Dies Natalisnya ke-51

Selasa (1/10) terlihat tenda kegiatan Donor Darah Fakultas Biologi bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Salatiga di depan Gedung Administrasi Pusat (GAP) dalam rangka Dies Natalisnya ke-51

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00-13.00 WIB ini, diikuti oleh 76 orang yang mendaftar sebagai pendonor. Dua diantaranya datang dari pihak kepolisian, tiga dosen UKSW, dan sisanya adalah mahasiswa dari berbagai fakultas di UKSW.

Dibenarkan oleh ketua penyelenggara, Foni Adilla Setyanti, mahasiswa FB angkatan 2011, angka tersebut dikatakan tidak memenuhi target yang diinginkan yaitu 100 pendaftar. “Mungkin ini karena banyak yang kuliah. Terus nggak ada yang promosiin pakai pengeras suara, jadi yang datang baru segini,” katanya.

Meski begitu, Foni menegaskan tujuan dari kegiatan tersebut. “Kita ingin membagi sukacita kita, nggak cuma untuk Fakultas Biologi sendiri, tapi juga untuk orang banyak,” ujar Foni.

Foni juga mengatakan bahwa kegiatan ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Salatiga.

Ditemui di sela-sela kegiatan memeriksa kesehatan calon pendonor, salah satu petugas dari PMI, dr. Aulia Fakhrina menjelaskan tentang berbagai manfaat yang didapat pendonor setelah mendonorkan darah. “Sehat, kalau darah ganti bisa memperingankan kerja jantung, selain itu juga bisa sekalian check up gratis.” Tutur Dokter Aulia. Menurutnya, darah yang telah didonorkan akan diperiksa kualitasnya terlebih dahulu. “Apakah mengandung Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C atau mungkin HIV, kalau ada, nanti si pendonor akan di hubungi oleh PMI,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *