Malam Puncak Pemilihan Duta Wisata Kota Salatiga 2013

Browse By

Setelah melewati proses seleksi, terpilih 20 pasang Mas-Mbak yang dapat mengikuti Malam Puncak Pemilihan Duta Wisata Mas dan Mbak Kota Salatiga Tahun 2013. Acara berlangsung di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) Kota Salatiga, pada Jumat (4/10).

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi, Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubkombudpar) ini resmi dibuka pada pukul 20.50 WIB, ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Walikota Salatiga, Yulianto, S.E., M.M.

Para peserta sebelumnya telah mengikuti seleksi pada tanggal 15 Sepetember lalu di Ruang Sidang II Gedung Pemerintahan Kota (Pemkot) Salatiga sebelum mengikuti pembekalan selama 4 hari di GPD sejak 30 September hingga 3 Oktober 2013. Dimana pada masa pembekalan ini mereka melewati beberapa penilaian seperti psikotes, talent show, laporan kunjungan ke beberapa tempat wisata, presentasi hasil kunjungan, tes wawancara serta tes bahasa Indonesia, Jawa serta bahasa Inggris. Pada malam puncak, para finalis yang diwajibkan mengenakan kebaya Kutu Baru untuk perempuan dan Beskap Hitam untuk laki-laki ini, masih disaring lagi menjadi 10 pasang grand finalis yang kemudian harus mengikuti sesi Tanya Jawab.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika di tahun-tahun sebelumnya hanya terdapat juara atribut dan juara inti, untuk tahun ini ada penambahan dua kategori khusus yaitu Kategori Fotogenic yang diraih oleh Mas Vicky Candra Gunawan dan Mbak Rachel Anggita Putri dan Kategori Kulit Sehat yang diraih oleh Mas Henzen Prasetya dan Mbak Marselina Murti.

Sedangkan untuk juara atribut Kategori Intelegensi diraih oleh Mas Afdhi Fintyawan dan Mbak Luthfiana Dewi, Persahabatan diraih oleh Mas Jovi Adrianto dan Mbak Valentina Grevi Irsanti, serta Kepribadian diraih oleh Mas Octavia Basuki dan Mbak Devita Ayu.

Gelar Wakil I Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Salatiga 2013 diraih oleh Mas Bill Yoel Mustamu dan Mbak Chordia Putri dan posisi Wakil II diraih oleh Mas Vicky Candra Gunawan dan Mbak Helni Kusuma. Sementara itu, Gelar Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Salatiga 2013 disandang oleh Mas Mozes Kurniawan dan Mbak Rachel Anggita.

Ketika ditemui diakhir acara, Mozes, penyandang gelar Mas Salatiga 2013 yang juga merupakan mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) ini mengungkapkan ucapan syukurnya atas terpilihnya dia menjadi Mas Duta Wisata Kota Salatiga 2013. Mozes juga mengungkapkan tentang visi dan misinya. “Masih sama visi dan misi yang saya usung yaitu yang pertama take; mendapat pengalaman dan rekan-rekan baru. Dan yang kedua, give; memberikan potensi, pengetahuan dan kesetiaan pada pariwisata,” katanya.

Vino Anbrilla, koordinator panitia berharap agar para finalis juga dapat memperkenalkan pariwisata yang ada di Salatiga dan Duta Wisata itu sendiri. “Dapat mempromosikan Duta Wisata itu apa, menjadi corong ke teman-temannya mengenai duta wisata,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *