JOB Fair UKSW

Browse By

Satya Wacana Career&Alumni Center (SWCA) menyelenggarakan Satya Wacana Job Fair XXIII di Balairung Universitas (BU) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga hari Kamis dan Jumat (10&11/10) lalu. Job fair kali ini diikuti oleh 48 instansi yang terdiri dari 35 Perusahaan dan 13 Lembaga Pendidikan dan Sekolah.

Job fair ini bertujuan untuk membantu memfasilitasi mahasiswa UKSW, khususnya untuk mencari pekerjaan,” kata Evy Yeniarti selaku Ketua panitia. Menurut Evy, job fair periode ini lebih mudah karena adanya pengisian biodata secara online sebagai prosedur awal untuk mengikuti kegiatan pencarian kerja.

“Total lowongan yang dibuka ada 529 posisi dan memungkinkan untuk 1 posisi diisi lebih dari satu atau dua orang. Dengan lowongan bagi lulusan SMK ada sebanyak 21 lowongan, untuk D3 ada 57 lowongan, untuk S1 ada 429 lowongan, dan untuk S2 ada 12 lowongan,” ujarnya. Instansi yang berpartisipasi dalam job fair tersebut membuka lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja di Salatiga dan sekitar.

Para pencari kerja, atau yang biasa disebut dengan jobseekers yang datang hari itu tidak hanya alumni atau mahasiswa UKSW saja. Ada juga yang berasal dari Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Negeri Semarang (UNES), dan Universitas Sebelas Maret (USM). Antusiasme para pencari kerja pada hari itu cukup tinggi, ditunjukkan dengan adanya antrian di depan lokasi job fair sejak pukul 08.00 pagi, padahal acara baru mulai satu jam setelahnya.

Samuel, salah satu peserta dari Fakultas Sains dan Matematika (FSM) UKSW yang akan wisuda Oktober ini bercerita bahwa tujuannya ikut job fair adalah supaya pengalaman bekerjanya bertambah. “Karena saya belum punya banyak pengalaman, saya sih rencananya melamar di PT. SINAR SOSRO dan PT Orang Tua sebagai quality controller,” katanya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Joko mahasiwa Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNDIP, “Saya datang jauh-jauh dari Semarang ingin coba melamar jadi staff guru di Yayasan Pelita Harapan,” ujar mahasiswa lulusan tahun lalu itu.

Beberapa instansi yang berpartisipasi dalam Satya Wacana Job Fair XXIII ini diantaranya; PT. Bank Panin Tbk, Honda Prospect Motor, PT. Gameloft Indonesia, PT. Moonlay Technologies, dan masih banyak lagi. Sementara Yayasan Commpassion East Indonesia dari Manado dan Sekolah Papua Harapan dari Papua, adalah peserta job fair yang berasal dari daerah yang paling jauh. (Wartawan Magang: Timothy Jason Eden)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *