Screening Film Hiphopdiningrat

Browse By

“Bagaimana kamu menjadi anak hip hop tapi tidak melulu ngomong hip hop, tidak melulu bergaul dengan anak hip hop, tapi kamu bergesekan dengan hal–hal lain diluar hip hop itu yang akan membuat kamu menjadi dewasa dan dikenal banyak orang,” sedikit kutipan dari salah satu anggota Jogja Hip hop Foundation (JHF), Marzuki Mohammad pada Kamis (24/10/2013) di Balairung Universitas (BU) dalam acara Screening film dokumenter Hiphopdiningrat yang bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi (Fiskom) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

Acara yang dimulai pada pukul 13.00 WIB ini, diisi dengan pemutaran film Hiphopdiningrat dan dilanjutkan dengan bedah film yang mengundang salah satu anggota JHF yakni Marzuki Mohammad atau yang kerap disapa Juki dan Adib Hidayat selaku manager editor Majalah Rolling Stone Indonesia sebagai narasumber.

Juki alias Kill the Dj menerangkan sedikit tentang isi film dokumenter yang berjudul Hiphopdiningrat. “Hiphopdiningrat itu sendiri berisi film dokumenter yang telah kita susun sendiri dari dokumentasi yang kita arsipkan dan kita tampilkan apa adanya, dan merupakan background dari proses terbentuknya Jogja Hip Hop Foundation yang merupakan bentuk presentasi dari JHF kepada publik dalam bentuk film dokumenter,” terang Juki.

JHF sendiri adalah kelompok musisi hip hop yang berasal dari Jogja dan lewat lagunya yang banyak mengkritisi tentang sosial, budaya ataupun politik. Inilah yang membuat grup musik ini banyak digandrungi hingga ke mancanegara.

”Lirik lagu kami yang banyak berisi tentang kritik sosial, politik maupun budaya merupakan bentuk dari kejujuran, kalau kita tidak puas dari kebijakan–kebijakan yang dibikin oleh pemerintah sebagai seorang musisi adalah dengan mengungkapkanya tidak hanya mencak–mencak di Twitter atau Facebook saja,” ujar Juki yang pada malam harinya akan tampil perdana pada live perfomace di lapangan basket UKSW bersama dengan anggota JHF lainnya dan turut serta rapper berpenampilan reggae yakni Ras Muhamad. (Reporter Magang: Bernadus Trimurio Rajagukguk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *