FKIP Gelar Kompetisi Kreativitas Alat Peraga Matematika

Browse By

Himpunan Mahasiswa Progdi (HMP) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, menyelenggarakan seminar “Kompetisi Kreativitas Alat Peraga Matematika” hari Sabtu (9/11) pukul 08.00 sampai 10.00 WIB di gedung E126 UKSW.

Menurut Utomo, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika, selaku ketua pelaksana, seminar tersebut sekaligus sebagai Technical Meeting (TM) pra-lomba membuat alat peraga matematika yang akan berlangsung Sabtu (16/11) mendatang.

Dalam seminar tersebut, hadir pembicara Eko Juli Surwono, guru matematika SMP Negeri 19 Kabupaten Purworejo yang pernah menerima penghargaan SCTV Award berkat cara mengajar matematikanya yang unik, serta tampil di Hitam Putih Trans 7, Bukan Empat Mata Trans 7, TVRI, serta Kick Andy Metro TV.

Ditemui usai makan siang setelah mengisi seminar, tepat disamping motor Honda Revo hitamnya, Eko Juli Sarwono melihat bahwa antusias peserta mengalami peningkatan. “Alurnya dari biasa ke klimaks, naik” katanya.

Eko mengaku, untuk seminar ini, ia membawa 200 alat peraga yang dibuatnya sejak tahun 2008. “Ini saya buat sendiri karena saking mumete mulang (saking pusingnya mengajar) supaya anak-anak itu mudeng (mengerti) caranya.”

Salah satu alat peraga yang ia bawa adalah Jalangkung. Dijelaskan oleh Eko, Jalangkung adalah alat peraga untuk menghitung gradien X dan Y. “Sumbu Y itu kepalanya, sumbu X itu tangannya,” katanya. Dia mengibaratkan, “Seperti peragawati yang memodelkan busananya, tapi saya juga memodelkan ilmu dengan alat peraga,” tutupnya.

Kehadiran Eko dalam seminar ini, dirasa sangat istimewa oleh Ketua Pelaksana. “Saya jujur bangga bisa mengundang pembicara seperti beliau yang istimewa, gak neko-neko, yang bayarannya gak ditentuin, seikhlasannya, gak mau diantar jemput, saya yakin peserta tidak menyesal,” tutup Utomo.

5 thoughts on “FKIP Gelar Kompetisi Kreativitas Alat Peraga Matematika”

  1. Arga says:

    maaf itu seharusnya FKIP bukan FSM,
    Terima kasih

  2. Evan Adiananta says:

    Arga: Bukannya di atas memang ditulis FKIP ya? Bukan FSM.

  3. VIO says:

    Ketika publish pertama memang tertulis FSM, dan minta maaf untuk itu 🙂

  4. QTC says:

    maaf atas nama penulis. tapi untunglah, beberapa menit setelah di publish ada respon cepat, dan langsung dirubah. thanks buat Arga. ada miskom saat dilapangan.

  5. Pemred says:

    Terima kasih untuk koreksi dari Saudara Arga, lain kali kami akan lebih berhati-hati lagi dalam menyajikan berita.

    Kami tim redaksi mohon maaf sebesar-besarnya kepada para pembaca. Redaksi telah meralat berita tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *