Mengajar, Bukan Sekedar Memberi Materi

Browse By

Program Studi (Progdi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, mengadakan Pelatihan Metode Pembelajaran IPA dalam bentuk seminar di ruang E 123 UKSW pada Kamis (14/11), yang diikuti oleh 150 peserta.

Pada seminar yang bertajuk “Metode Pembelajaran Dalam Penerapan IPA SD” ini, hadir Dra. Marni Sudarmi, M.Si, dosen dari Fakutas Sains Dan Mateatika (FSM) UKSW dan dosen Fakulatas Ilmu Sosial dan Komunikasi (Fiskom) UKSW Ir. Aryanti Ina Hunga, M.Si sebagai pembicara.

Kamis (14/11), moderator sedang memberikan pengarahan kepada peserta seminar “Metode Pembelajaran dalam Penerapan IPA SD” di  Gedung E 123 UKSW (Foto oleh: Robertus Adi Nogroho).

Kamis (14/11), moderator sedang memberikan pengarahan kepada peserta seminar “Metode Pembelajaran dalam Penerapan IPA SD” di Gedung E 123 UKSW (Foto oleh: Robertus Adi Nogroho).

Octavia Dwi, Steering Comitee (SC) seminar yang juga merupakan mahasiswi PGSD 2011 ini mengatakan, tujuan dari diadakanya seminar tersebut agar para peserta dapat memahami metode yang tepat dalam melakukan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Dasar (SD)kepada para siswa. “Kami ingin mengajarkan pada para peserta metode pembelajaran yang berbeda agar para siswa dapat tertarik untuk belajar, khususnya materi Ilmu Pengetahuan Alam.”

Menurutnya, acara seminar ini merupakan rangkaian Pekan Penelitian Mahasiswa (PKM) yang diadakan oleh FKIP UKSW. Setelah acara seminar yang dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 November tersebut, para peserta nantinya akan diajak melakukan observasi ke beberapa SD untuk mengetahui cara mengajar yang dilakukan oleh para guru pengampu, lalu melakukan riset dan penelitian terhadap metode yang diajarkan.

Dalam seminar tersebut Dra. Marni Sudarmi, Msi berpesan kepada para peserta seminar bahwa, guru seharusnya merupakan mitra belajar siswa. Dia juga menekankan untuk merangsang para siswa agar kreatif dalam belajar. “Mengajar bukan hanya sekedar memberi materi saja, namun kita juga harus merangsang para siswa untuk kreatif dalam belajar,” ujarnya.

Widi Janarko, salah satu peserta seminar mengungkapkan komentarnya terhadap acara seminar tersebut. “Pembicaranya menyenangkan, memberikan contoh kasus realita pada siswa SD secara umum, jadi kita bisa belajar banyak tentang bagaimana cara mengajar yang menyenangkan.”

Hal yang senada juga diungkapkan oleh Siti Nurkayah. Menurutnya acara ini dapat menjadi modal yang sangat bermanfaat untuk calon guru. “Metode pembelajaran di SD itu gak cuma memberi teori saja, tapi juga mempraktekkan teori tersebut kepada para siswa,” ujar mahasiswa FKIP angkatan 2013 tersebut

(Wartawan magang: Robertus Adi Nugroho).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *