Pengetahuan Bagi Seorang Gadis Belia

Browse By

Judul : An Education
Sutradara : Lone Scherfig
Penulis : Lynn Barber, Nick Hornby
Pemain : Carey Mulligan, Peter Sarsgaard, Alfred Molina
Rilis : Oktober 2009

Jenny Mellor (Carrey Maulligan) adalah seorang gadis sekolah berusia 16 tahun yang ingin meraih mimpinya untuk mempelajari Sastra Inggris di Oxford University. Jenny merupakan siswa yang paling rajin dan pintar, terutama dalam kelas sastra. Dia merupakan kesayangan guru sastranya yaitu Ms. Stubbs (Olivia Williams).

Di balik sifatnya yang suka membaca dan rajin, Jenny memiliki sifat yang memberontak. Dia sangat menyukai buku, lagu dan bahasa Perancis dia terobsesi dengan Paris. Jenny juga suka merokok padahal merokok bagi wanita merupakan hal yang cukup tabu di tahun 1960an tersebut, dia dan sahabat–sahabatnya sangat suka merokok sembari duduk di café karena menurut mereka itu adalah hal yang biasa dilakukan warga Paris.

Ayah Jenny merupakan seorang konservatif, dia ingin Jenny rajin belajar terutama sastra Inggris agar bisa berkuliah di Oxford hingga dapat menjadi orang terpandang. Jenny sangat suka bermain cello, tapi ayahnya hanya membatasi hal itu sebagai hobi, dan tidak mengijinkan untuk benar-benar ditekuni.

An Education

Pada suatu sore saat hujan turun dengan derasnya dan Jenny sedang berdiri di halte menunggu hujan reda, sebuah mobil mewah berhenti. Pemilik mobil itu adalah David (Peter Sarsgaard), seorang yang kira–kira sudah ber usia 30-an awal menawari Jenny untuk menitipkan cello-nya di dalam mobil, sembari Jenny berjalan di samping mobil karena mereka sama sekali tidak mengenal satu sama lain. David ternyata sangat tertarik dengan musik klasik, mereka berbicara beberapa hal mengenai konser, dan akhirnya Jenny meminta izin David untuk duduk bersama di dalam mobil, dan itulah awal hubungan mereka.

Setelah perkenalan mereka David mulai sering mengajak Jenny keluar untuk menikmati kehidupan orang dewasa yang glamor. Biasanya David dan Jenny selalu ditemani dengan sepasang sahabat David; Danny (Dominic Cooper) dan Helen (Rosamund Pike). Memang sulit bagi Jenny untuk mendapatkan izin dari ayahnya, tapi entah mengapa bila David yang meminta izin, kelihaian bicaranya dan kemapanannya selalu membuat ayah Jenny terpana. Tapi lambat laun alasan–alasan David untuk mengajak Jenny pergi merupakan bohong belaka, dia mulai berbicara mengenai dulu dia lulusan Oxford dan mengenal C.S Lewis yang mengajar di sana, hingga ingin mengenalkannya pada Jenny. Ayah dan Ibu Jenny mengizinkan Jenny pergi dengan David ke Oxford, padahal di sana David hanya ingin bersenang–senang dan berbisnis seni.

David dan Danny merupakan partner kerja yang cerdas, mereka sangat pintar dan kepintaran mereka dapat diimbangi oleh Jenny sehingga mereka menjadi teman akrab. Jenny semakin dekat dengan David, dan merekapun berpacaran. Hingga pada saat ulang tahun ke 17 Jenny, David menghadiahinya dengan liburan akhir pekan di Paris, dan Jenny-pun merelakan keperawanannya. Hidup Jenny benar–benar berubah, dia selalu berpakaian mewah, makan di restoran yang mewah, mendengarkan konser klasik dan jazz kemana–mana dan mulai melupakan esensi sekolah.

David-pun melamar Jenny, dan Jenny bergumul dengan hal tersebut karena dia masih ingin bersekolah tapi tidak menemukan poin penting di sekolah. Dia merasa bila dia belajar mengenai kehidupan yang menyenangkan dan nyata saat bersama David, dan sekolah merupakan kegiatan yang membosankan. Jenny bertanya kepada ayahnya bagaimana bila dia melepaskan sekolah dan menikah dengan David, ayah Jenny setuju karena yang penting David itu mapan, dan bisa membahagiakan Jenny. Maka Jenny-pun meninggalkan sekolah dan berkata kepada guru dan kepala sekolahnya, “Belajar itu melelahkan dan membosankan, kenapa kalian membuatku melakukan hal itu? David menunjukkan dunia yang nyata untukku yang menyenangkan dan mewah, aku memilih itu saja.”

Danny menunjukkan tatapan sinis saat mengetahui Jenny dan David bertunangan, dan hal itu patut untuk diperhatikan. Pada saat David dan keluarga Jenny makan malam, Jenny menemukan banyak surat di mobil David, tapi surat itu beralamatkan kepada Mr. and Mrs. Goldman, itu berarti bahwa David telah menikah. Apakah yang akan dilakukan Jenny saat mengetahui hal tersebut sehubungan dengan dirinya yang telah meninggalkan sekolah dan menyerahkan semua mimpinya demi David? Dan pembelajaran apa yang dipetik ayah Jenny dan Jenny sendiri dalam hal ini?

An Education merupakan film yang sangat baik untuk dilihat oleh para pemudi dan orang tua, untuk mengatasi rayuan pria mapan kepada mereka dan membuat para wanita rela melepaskan segalanya demi bersama pria ataupun kelabilan remaja putri yang beranjak dewasa yang umunya mulai ingin mencari jalan ke kehidupan yang lebih menyenangkan daripada pendidikan. Dari segi kemampuan berperan para pemain memang patut diacungi jempol, keklasikan gaya motion picturenya juga sangat baik. Tak salah bila film ini mendapatkan 3 nominasi Oscar dan 55 nominasi penghargaan lain. Kekurangannya hanya pada di tengah – tengah cerita, film berdurasi 95 menit ini terasa melambat dan melelahkan.

Saksikan dan pelajari sebuah pendidikan kehidupan yang berada dalam film ini! (Wartawan magang: Chikitta Carnelian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *