Komunitas TUK Adakan Penghijauan

Browse By

Komunitas Tanam Untuk Kehidupan (TUK) Salatiga, mengadakan penanaman pohon di Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, yang berlokasi di Dusun Pulihan, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, pada Sabtu (18/01).

Kegiatan yang merupakan gagasan dari Suryo, salah satu siswa Muhammadiyah ini mengangkat tema, “One Two Tree Four Life” yang tak lain bertujuan memelihara dan melindungi mata air yang ada di Salatiga. “Sebagaimana kita tahu Lereng Merbabu sebagai sumber resapan air yang selama ini digunakan sudah menipis,” ujar Teny Ardian, Ketua Panitia tanam pohon.

Teny juga menjelaskan bahwa, sekitar 5.000-8.000 bibit sudah disiapkan. Dimana pohon yang sudah ditanam dan tumbuh besar, bagian akarnya diambil lalu dikembangkan lagi untuk ditanam.

Tampak para siswa SMA Kristen 1 Salatiga sedang bekerjasama melakukan aksi penghijauan di lereng Taman Nasional Gunung Merbabu. {Foto: Arya Adikristya Nonoputra}

Tampak para siswa SMA Kristen 1 Salatiga sedang bekerjasama melakukan aksi penghijauan di lereng Taman Nasional Gunung Merbabu. {Foto: Arya Adikristya Nonoputra}

Menurut data yang didapat, jumlah peserta tanam pohon hampir 300 orang yang terdiri dari 170 relawan, 25 orang dari Komando Distrik Militer (Kodim) dan Komandan Batalion (Danyon) 411 Salatiga sebanyak 95 orang.

Para peserta tiba di lokasi penanaman sekitar pukul 08.00 WIB setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit menggunakan truk yang telah disediakan oleh pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI). Para peserta masih harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki menuju tempat yang telah di sediakan.

Acara dimulai dengan apel pagi yang diikuti oleh seluruh peserta. Upacara dipimpin oleh Hendi selaku perwakilan Danyon 411 dan Titik sebagai penanggungjawab dari pihak TUK.

“Saya selaku pihak TNI senang bisa ikut membantu masyarakat bersama-sama menanam pohon. Jika kegiatan ini positif kami akan selalu mendukung, dan saya berharap dengan menanam ini tidak ada lagi perbedaan lagi antara prajurit dan para relawan nantinya, kita semua sama. Kita sendiri mendukung program ini karena sesuai dengan slogan di tubuh TNI yakni ‘Jumat Bersih, Sabtu Hijau, Minggu Sehat’ dan ini pas sekali hari Sabtu yakni Sabtu Hijau,” ujar Hendi ketika memberikan tanggapan dalam apel.

Dalam apel ini, Titik juga memberikan tanggapan. “Hari ini kita setidaknya menanam sekitar 5.000 bibit, kalau tidak selesai hari ini akan dilanjutkan lain waktu sebelum Februari, sebelum musim hujan berhenti,” tukas Titik mengakhiri apel pembukaan. (Wartawan Magang: Guntur Segara)

Editor: Kristy Leny Pratiwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *