Pagelaran Festival Jurnalistik KBM Ascarya

Browse By

Kelompok Bakat dan Minat (KBM) jurnalistik Ascarya bekerjasama dengan Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (SM-FEB) Universitas Kristen Satya Wacana menyelenggarakan festival jurnalistik di Balairung Universitas (BU) pada Selasa (11/2).

Festival jurnalistik yang mengangkat tema “Apa Kegiatan Ekonomi di Daerahmu?” tersebut terbagi menjadi dua sesi, meliputi kompetisi video jurnalistik dan talkshow jurnalistik. Kompetisi video jurnalistik mengharuskan peserta membuat video berdurasi 3-7 menit tentang kegiatan ekonomi masyarakat.

Terdapat tiga video yang dilombakan, diantaranya video berjudul “Produksi untuk Baju Anak-Anak” karya kelompok mahasiswa FEB angkatan 2013, “Nastar Jumbo” karya KBM Finger, serta video kolaborasi mahasiswa UKSW dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Jakarta berjudul “Henk’z Pizza”. Ketiga video tersebut selanjutnya dinilai oleh tiga orang juri diantaranya Hengky Bambang Supriyatno, Yosepaldo Pasaribu, ST, MM, dan Aloysius Jarot Nugroho.

Sepanjang talkshow jurnalistik, Hengky Bambang Supriyatno selaku pembicara memberikan pemahaman tentang dasar-dasar yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis.

“Kejujuran menjadi hal terpenting yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis, karena pekerjaan jurnalis memiliki tanggungjawab moral yang besar kepada masyarakat dalam menyampaikan suatu informasi,” ujar Hengky yang saat ini menjabat eksekutif produser Pro TV.

Hans Christian Andersen, ketua panitia yang dihubungi secara terpisah menuturkan, tujuan festival jurnalistik ini adalah KBM Ascarya ingin mendorong mahasiswa UKSW, khususnya mahasiswa FEB agar dapat membuat berbagai karya kreatif melalui bidang jurnalistik.

“Dengan festival jurnalistik ini, kami ingin mengajak mahasiswa untuk menghasilkan karya kreatif dengan semangat creative minority,” tutur Hans.

Hans mengharapkan dengan festival jurnalistik ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa UKSW yang mempunyai minat di bidang video jurnalistik.

“Semoga festival jurnalistik ini bisa diadakan setiap tahun dan pesertanya semakin banyak,” imbuh Hans.

Video jurnalistik berjudul “Henk’z Pizza” menjadi juara dalam festival jurnalistik tahun ini, disusul video “Nastar Jumbo” menjadi juara kedua, dan juara ketiga diraih video garapan mahasiswa FEB 2013 berjudul “Produksi untuk Baju Anak-Anak”. Seluruh pemenang kompetisi video jurnalistik masing-masing mendapatkan piala dan sejumlah uang pembinaan (Wartawan magang: Robertus Adi Nugroho).
Editor: Arya Adikristya Nonoputra.

2 thoughts on “Pagelaran Festival Jurnalistik KBM Ascarya”

  1. ariefekasetiawan says:

    KBM Ascarya makin variatif dalam kegiatannya. Sukses terus untuk KBM Jurnalistik di UKSW.

  2. Arya Adikristya Nonoputra says:

    Semoga KBM Jurnalistik lainnya di UKSW dapat melebarkan sayapnya juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *