IKASATYA Jalin Kerjasama dengan Pemerintah Timor-Leste

Browse By

Jumat (14/2)—Ikatan Alumni Satya Wacana (IKASATYA) menyelenggarakan seminar internasional berjudul The Relationship between Indonesia and Timor-Leste Through Program for Government Human Resources Development, bertempat di Gedung G lantai 5, Ruang Probowinoto. Seminar yang mengupayakan kerjasama antara UKSW dengan Timor-Leste ini mendatangkan Menteri Administrasi Negara Timor-Leste, Jorge da Conçeicão Teme, sebagai pembicara utama seminar.

Rektor UKSW, Prof. Pdt. John A. Titaley Th.D, membuka acara dengan sambutannya disambung sambutan-sambutan tertulis dari Walikota Salatiga, H. Yulianto SE, MM dan Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo SH.

Dalam sambutannya, John menjelaskan bahwa Jorge dulunya mahasiswa Pengajaran Bahasa Inggris di UKSW tahun 1988. John mengharapkan kedepannya UKSW dapat bekerjasama dengan pemerintah Timor-Leste, menilik dari adanya beberapa alumni UKSW di Timor-Leste.

Para tamu undangan yang hadir dalam seminar pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Menteri Administrasi Negara Timor-Leste, Jorge da Conçeicão Teme (Foto oleh: Guntur Segara).

Para tamu undangan yang hadir dalam seminar pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Menteri Administrasi Negara Timor-Leste, Jorge da Conçeicão Teme (Foto oleh: Guntur Segara).

Di dalam materinya, Jorge mengutarakan bahwa hubungan pemerintah dengan universitas sangatlah penting. “Pengetahuan adalah akar bagi pertumbuhan ekonomi. Sehingga dengan pendidikan yang baik, pertumbuhan ekonomi negara akan semakin baik,” ujarnya.

Jorge mengakui keberhasilannya menjadi menteri di Timor-Leste salah satunya karena program LPM (Lembaga Pengabdian pada Masyarakat) UKSW. Menurutnya, program semacam LPM yang menekankan pembelajaran berbasis pada penelitian masyarakat, diperlukan untuk mengembangkan suatu bangsa.

“Selain untuk mengganti struktur organisasi IKASATYA dan melakukan soft opening Rumah Noto, kami mengadakan acara ini untuk memberi inspirasi bagi civitas UKSW,” ungkap ketua panitia seminar, Dr. Dharmaputra T. Palekahelu,M.Pd.

Dharma mengutarakan, karena IKASATYA memandang Jorge sebagai alumni yang berhasil di luar negeri, ia mengharapkan mahasiswa UKSW juga percaya diri dapat berkarir dengan baik selepas dari studi di UKSW.

Dharma mengakui bahwa IKASTYA sudah lama ingin mengundang Jorge ke UKSW. Namun terkendala pada birokrasi dan penentuan waktu. IKASATYA baru bisa merealisasikan rencana tersebut Februari ini dengan bantuan alumni yang berdomisili di Dili, Timor-Leste (Wartawan magang: Chikitta Carnelian).
Editor: Arya Adikristya Nonoputra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *