Berbagi Ilmu Bersama Kelurahan Teater Salatiga

Browse By

Kelurahan Teater Salatiga mengadakan forum diskusi bertajuk “Sinau Kelurahan Teater Salatiga” dengan tema penyutradaraan, acara berlangsung pada Kamis malam (20/2) di Ruang E123 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Disamping menambah ilmu teater peserta, diskusi ini juga bertujuan mempererat hubungan komunitas-komunitas teater yang tergabung dalam Kelurahan Teater Salatiga.

Yoga Priatama, salah satu anggota Teater Angka Nol, menilai positif akan terbentuknya Kelurahan Teater Salatiga. “Dulu kami sudah saling kenal, tapi sekedar tahu saja. Dengan ini kami merasa ada ikatan emosional, ada kekeluargaan antara komunitas-komunitas teater di Salatiga,” ujar pria yang biasa disapa Tomo.

Tomo juga menerangkan, diskusi ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kepada peserta tentang berbagai teori dalam dunia teater.

“Bagi saya diskusi ini sangat efektif, dalam arti belajar, karena di Salatiga tidak ada sekolah atau universitas yang mempelajari ke arah teater. Adapun Fakultas Seni Pertunjukkan (FSP) lebih condong ke musik. Selain itu, peserta diskusi dapat belajar berpikir kritis yang positif,” tambah Tomo.

Shela Golda Natasha Pangaribuan, koordinator diskusi, menjelaskan bahwa diskusi ini terbuka bagi siapa saja, tidak hanya dari kalangan komunitas teater tapi juga dari kalangan non-teater.

“Aku inginnya, melalui diskusi ini masyarakat luas mulai mengapresiasi seni teater, bukan hanya dari kalangan pecinta teater,” tutup Shela (Wartawan Magang : Albert Oloan Tona’as Karwur).

Editor: Robertus Adi Nugroho

6 thoughts on “Berbagi Ilmu Bersama Kelurahan Teater Salatiga”

  1. daniel debunk says:

    sekedar informasi…. bahwa SINAU TEATER dari kelurahan teater salatiga pda saat tulisan ini dimuat adalah telah yg ke 7… kegiatan dilakukan setiap jumat atau kamis malam di tempat berbeda…. lebih sering di kampus STAIN, 2 kali di uksw dan sekali di AMA. materi obrolan juga beragam…. di awal ( 1,2 dan 3 ) pertemuan kita bicara tentang realisme dalm teater, setelah itu pertemuan selanjutnya ( ke 4,5,dan 6 ) kita membahas tentang keAKTORan. untuk pertemuan ke 7 ini sengaja kita membahas tentang Penyutradaraan…. koordinator sementara adalah Shela. ( disesuaikan dengan tempat diskusi ), mungkin tema ini akan terus berlangsung sampai pd pertemuan yg ke 8 dan 9. kegiatan SINAU TEATER ini bagi saya secara pribadi sangat berguna dan menyenangkan…. selain berbicara dan menambah pemahaman kita tentang teater, sesungguhnya ruang ini adalah menjadi lingkaran komunikasi ( silahturahmi ) bagi sesama penggiat dan pemikir kesenian ( teater ) di salatiga dan sekitarnya….. saya mengharapkan SINAU TEATER akan terus berjalan dengan rasa kepemilikan bersama….. tak ada nama kelompok apapun yg lebih berperan di lingkaran ini…. karena bidikannya adalah lebih kepada personal ( yang benar2 ingin belajar dan melingkar bersama ), kedepan kita akan mengundang pemateri yg lebih berkompeten di bidangnya untuk membantu memperluas pengetahuan dan wacana yg ada….. untuk info lebih lanjut dapat di lihat di group facebook : Kelurahaan Teater Salatiga. sampai ketemu di SINAU TEATER setiap jumat malam jam 7an di tempat yg akan di konfirmasikan kemudian…. salam budaya.

  2. Arya Adikristya Nonoputra says:

    Terima kasih mas atas informasinya, sangat membantu dalam penyajian informasi di web ini. 🙂

  3. robertus adi nugroho says:

    terimakasih mas atas informasi nya. semoga kelurahan teater salatiga kedepan nya dapat dikenal luas dan menjadi wadah untuk saling berbagi ilmu dan memperkenalkan dunia tater. sekali lagi terimakasih. Tuhan memberkati

  4. daniel debunk says:

    makasih Abe…. hehhehe

  5. Albert Karwur (Abe) says:

    Iya mas, sama-sama. Saya yang berterimakasih, banyak belajar dari diskusi singkat kemarin..

  6. Albert Karwur (Abe) says:

    Saya yang terimakasih mas, diskusi kemarin membuat saya banyak belajar.. Saya jadi agak tertarik dalam dunia seni teater hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *