Omar: “Janganlah Membuang Sia-sia Hak Kita”

Browse By

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, menyelenggarakan seminar internasional “Perbandingan Pemilu Amerika Serikat dan Indonesia”. Seminar ini diadakan di Balairung Universitas (BU) pada Rabu (26/2).

Ada tiga pembicara yang mengisi seminar ini, diantaranya Vannesa C. Guest, Omar S. Ahmed, dan Reza Ferianto. Ketiganya merupakan staf Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia.

Dalam seminarnya, Omar mengajak para peserta untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan politik dengan menggunakan hak pilih. Menurutnya, dengan menggunakan hak pilih, kita juga telah berkontribusi membangun bangsa yang lebih baik di masa depan. Omar juga mengimbau untuk tak melakukan aksi golongan putih (golput) alias tidak menggunakan hak pilih dalam pemilihan umum (Pemilu).

“Sebagai warga negara, kita memiliki hak memilih dalam pemilu. Maka dari itu janganlah kita membuang sia-sia hak kita dengan menjadi golput,” ujar Omar.

Adrianus Bintang selaku ketua panitia menuturkan, tujuan diadakanya seminar ini adalah Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia ingin berbagi ilmu tentang sistem pemilu antara Indonesia dengan Amerika. Menurutnya, seminar ini berguna bagi Indonesia yang masih dalam proses berkembang soal demokrasi.

“Selain bertukar ilmu, Kedubes Amerika ingin melihat, bagaimana sistem pemilu di Indonesia dijalankanya, dan kebetulan tahun ini Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden,” ujar Bintang, yang juga seorang dosen Program Studi Hubungan Internasional.

Bintang berharap, dengan seminar ini peserta dapat memahami arti pentingnya berpartisipasi dalam pemilihan umum dan menggunakan hak pilihnya dengan hati nurani serta menolak cara-cara politik uang.

“Menjadi golput merupakan pilihan. Namun jangan buang hak kita sebagai pemilih menjadi sia-sia, karena suara kita menentukan nasib bangsa ini ke depannya,” tutup Bintang (Wartawan magang: Robertus Adi Nugroho).
Editor: Nova Christine Sihite

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *